blog-img-10

Keterangan : Tetap Jaga Kebugaran Tubuh Selama Berpuasa

Posted by : Administrator

Tetap Jaga Kebugaran Tubuh Selama Berpuasa

Tidak terasa kini kita memasuki bulan Ramadhan. Tentunya aktivitas kita seperti bekerja, pola makan, berolahraga dan aktivitas lainnya pun juga akan berubah. Sehingga tubuh juga ikut menurun kebugarannya, karena perubahan pola tersebut. Belum lagi, saat ini kita masih berada dalam kondisi pandemi COVID-19, yang membuat kita harus terus menjaga kesehatan dan nutrisi tubuh.

Berdasarkan penelitian dari Gerontology and Biological Sciences di University of California, puasa sebenarnya sangat bermanfaat bagi tubuh, karena akan merangsang regenerasi sel darah putih, sehingga sistem kekebalan tubuh dapat meningkat. Untuk dapat menjalani puasa selama pandemi saat ini, ada baiknya kamu harus melakukan hal-hal berikut, seperti:

 

1. Jaga Nutrisi Saat Sahur dan Berbuka

Baik makan sahur maupun berbuka, jangan asal mengenyangkan saja ya. Nutrisi tetap harus diperhatikan terutama ketika sahur, agar tetap terjaga kebugaran tubuhnya. Ingat makan makanan gizi seimbang yaitu karbohidrat, sayur, lauk dan buah. Konsumsi air putih yang cukup ketika sahur yaitu dua gelas air putih. Ketika berbuka, konsumsi air putih hangat untuk menjaga sistem saraf tubuh.

 

2. Istirahat Cukup

Jangan abaikan dalam hal istirahat. Istirahat yang kurang membuat tubuh lebih gampang terserang penyakit. Jika selama ini kamu lebih sering tidur larut malam, ada baiknya istirahat malam dipercepat sehingga ketika bangun sahur nanti, tubuh lebih segar.

 

3. Olahraga

Bukan berarti selama bulan puasa, kita membatasi aktivitas kita ya. Olahraga tetap dianjurkan, hanya saja waktunya kita atur lagi Healthies! Semisal, olahraga 30 menit saja sebelum berbuka atau setelah berbuka puasa. Pilih olahraga yg tidak terlalu berat seperti bersepeda atau jogging.

 

4. Kurangi Konsumsi Gula

Memang nikmat ya ketika berbuka puasa menikmati makanan yang manis-manis apalagi dingin, luar biasa segar. Namun ingat pula membatasi konsumsi makanan atau minuman yang manis-manis ya. Pasalnya, tubuh yang terlalu banyak menerima asupan makanan manis memicu resiko obesitas, sehingga tubuh lebih rentan terkena penyakit. Belum lagi resiko diabetes dan penyakit komplikasi lainnya mengintai ketika tubuh kelebihan gula. Hayo, siapa yang tiap kali berbuka minum es buah?

 

5. Perbanyak Air Putih

Ini nih yang perlu diperhatikan ketika berpuasa, air putih! Selama berpuasa, tentu juga harus dijaga konsumsi air putihnya ya. Atur dengan menggunakan pola seperti dua gelas ketika sahur, empat gelas setelah berbuka dan dua gelas sebelum tidur. Tubuh akan selalu terpenuhi akan kebutuhan cairannya.

 

6. Jaga Protokol Kesehatan

Berbuka puasa bersama menjadi salah satu aktivitas yang ditunggu bagi yang berpuasa. Namun di saat pandemi seperti ini, tentu protokol kesehatan 6M harus selalu diterapkan seperti;

- Cuci Tangan Dengan Sabun

Sebelum berbuka puasa, ingat untuk mencuci tangan dengan sabun ya. 20 detik mencuci tangan atau menggunakan handsanitizer

- Memakai Masker

Aktivitas diluar rumah jangan lupakan masker. Terus gunakan masker, jangan kendor ya!

- Menjaga Jarak

Please ya Healthies! Ketika mengantri membeli makanan untuk berbuka, selalu jaga jarak dengan orang lain.

- Menjauhi Kerumunan

Biasanya ketika bukber atau buka bersama, tentu banyak kerumunan yang juga ingin berbuka bersama. Ada baiknya, jika kita buka bersama dengan keluarga atau teman di rumah saja ya.

- Mengurangi Mobilitas

Untuk sementara karena masih berada di masa pandemi, kurangi bepergian dulu ya. Selama puasa, ada baiknya kamu beraktivitas seperti biasa; bekerja, olahraga, dan berbuka puasa di rumah.

- Menghindari Makan Bersama

Meski masih dalam masa pandemi, makan bersama diperbolehkan namun dengan syarat, ingat dengan syarat ya Healthies! Ketika santap buka bersama, jangan ada yang berbicara. Nikmati makanan berbuka bersama-sama, lalu setelah selesai gunakan masker kembali kemudian boleh bercengkerama bersama-sama.

Ingat, selalu terapkan protokol kesehatan bersama. Bulan puasa ini akan lebih indah jika kita semua selalu dalam keadaan sehat, hingga kita menyambut hari kemenangan nantinya. Dengan segala kerendahan hati dan jiwa, segenap jajaran Dinas Kesehatan Provinsi DKI Jakarta, mengucapkan mohon maaf lahir dan batin. Selamat Menunaikan Ibadah Puasa 2022.[prm/hms]

foto: Google Images

 

Kembali

Dinas Kesehatan Provinsi DKI Jakarta

Jl. Kesehatan No 10
Petojo Selatan, Kecamatan Gambir, Kota Jakarta Pusat,
DKI Jakarta 10160

    Kontak

  • +62213451338
    (Senin - Kamis 08:00 - 16.00 WIB)
    (Jum'at 08:00 - 16.30)

    +62 822-1388-8006 (Hotline)
    (Senin - Kamis 08:00 - 16.00 WIB)
    (Jum'at 08:00 - 16.30)

    dinkes@jakarta.go.id

Media Sosial

   Sitemap