blog-img-10

Keterangan : Angkak dan Sari Kurma Meningkatkan Trombosit, Benarkah?

Posted by : Administrator

Angkak dan Sari Kurma Meningkatkan Trombosit, Benarkah?

Terjangkit virus Dengue penyebab DBD merupakan salah satu momok menakutkan sampai saat ini. Betapa tidak, virus yang dihantarkan melalui perantara nyamuk ini bisa membuat penderitanya shock berat bahkan berakhir dengan kematian.

Hal terpenting ketika kita mengalami gejala Demam Berdarah adalah dengan langsung mendatangi Fasilitas Kesehatan terdekat. Semakin cepat kita ditangani, maka semakin bagus. Lantas banyak pihak terutama di kaum ibu-ibu mengatakan bahwa makanan alamiah seperti Angkak atau sari buah Kurma dapat meningkatkan Trombosit selama perawatan Demam Berdarah. Benarkah begitu?

 

Baca Juga: MUSIM HUJAN, WASPADAI POTENSI PENYEBARAN DBD

 

“Sebenarnya dari uji klinis sih nggak seperti itu ya khasiatnya. Begini, Demam Berdarah Dengue merupakan virus yang ditularkan dari perantara nyamuk. Virus sendiri sebenarnya bisa sembuh sendiri kok dari tubuh kita,” papar dr. Roosvita Nur Aini, Sub koordinator Urusan Penyakit Menular Tular Vektor dan Zoonosis, Dinas Kesehatan Provinsi DKI Jakarta.

Sejatinya, virus dengue sendiri dapat membuat tubuh mengalami pendarahan, perembesan cairan dalam tubuh hingga habis. Oleh karena itu pasien dengan gejala DBD yang datang ke rumah sakit akan langsung diberi perawatan pengisian ulang cairan tubuh dengan menggunakan infus, supaya cairan di dalam darah dapat terisi kembali. Darah yang kekurangan cairan tentunya akan mengental dan membuat tubuh shock. Menurut dr. Roosvita, Tenaga Kesehatan akan bertugas bagaimana supaya pasien Demam Berdarah Dengue tidak sampai mengalami shock, bukan berjibaku menghilangkan virus karena virus dengue ini akan hilang sendiri.

Nah, tubuh berjuang melawan virus ini melalui antibodi. Maka yang dituntut disini adalah bagaimana antibodi ini memiliki kekebalan supaya tubuh merespon dan akhirnya kembali mengisi cairan dan sel-sel penting dalam tubuh kembali. Cara meningkatkan sel-sel baru dalam tubuh akibat DBD adalah meningkatkan daya tahan tubuh tadi. Disinilah peran dari makanan alamiah sekaligus herbal bekerja. Seperti Angkak, sari buah Kurma, Jambu Biji merah dan lainnya. Berdasarkan penjelasan dr. Roosvita, makanan tersebut mengandung antioksidan tinggi sehingga kekebalan tubuh akan kembali meningkat.

“Jadi kesannya selama ini Angkak dan makanan alamiah lain dapat meningkatkan trombosit. Padahal tidak, makanan tersebut hanya meningkatkan daya tahan tubuh tadi. Selain itu, makanan dengan gizi seimbang juga dibutuhkan tubuh selama pemulihan seperti protein nabati, sayur, protein hewani, buah-buahan dan tentunya makanan pokok berkarbohidrat cukup,” tutup dr. Roosvita.[prm/humas]

foto: Bing images

Kembali

Dinas Kesehatan Provinsi DKI Jakarta

Jl. Kesehatan No 10
Petojo Selatan, Kecamatan Gambir, Kota Jakarta Pusat,
DKI Jakarta 10160

    Kontak

  • +62213451338
    (Senin - Kamis 08:00 - 16.00 WIB)
    (Jum'at 08:00 - 16.30)

    +62 822-1388-8006 (Hotline)
    (Senin - Kamis 08:00 - 16.00 WIB)
    (Jum'at 08:00 - 16.30)

    dinkes@jakarta.go.id

Media Sosial

   Sitemap