blog-img-10

Keterangan : Tips Konsumsi Daging dengan Seimbang dan Sehat di Momen Hari Raya Kurban

Posted by : Administrator

Tips Konsumsi Daging dengan Seimbang dan Sehat di Momen Hari Raya Kurban

Idul Adha dikenal dengan Hari Raya Kurban atau Idul Kurban di Indonesia. Hari Raya ini adalah salah satu perayaan penting dalam agama Islam. Idul Kurban dirayakan setiap tahun pada tanggal 10 Dzulhijjah, bulan terakhir dalam kalender Islam. Perayaan ini mengenang kisah Nabi Ibrahim dan pengorbanan yang besar yang ditunjukkan olehnya dalam pengabdian kepada Allah. 

Dikutip dari situs Kementerian Agama (Kemenag) RI, Hari Raya Kurban menjadi momen penting untuk saling peduli dan menjunjung kebersamaan. Di hari itu pula dimaknai sebagai ungkapan simpati kepada sesama manusia terutama bagi yang tidak mampu. Hal itu diwujudkan melalui pemotongan hewan kurban, yakni kambing, sapi atau kerbau untuk kemudian dibagikan kepada masyarakat secara merata. Pada saat itu pula masyarakat berkesempatan mengonsumsi daging lebih banyak dari hari biasanya.

Berdasarkan keterangan Kementerian Kesehatan RI, kandungan gizi daging kambing dan sapi bagus untuk tubuh. Namun demikian, kelebihan konsumsi daging kambing dan sapi akan berefek langsung, seperti merasa pusing dan mual. Beberapa penyakit degeneratif bisa terjadi bila mengonsumsi daging ini secara berlebihan dalam jangka panjang seperti darah tinggi, kolesterol tinggi, asam urat, dapat juga menyebabkan kegemukan.

Untuk mencegah hal tersebut, masyarakat diharapkan dapat mengontrol porsi makan daging di Hari Kurban. Misalnya dengan memperhatikan porsi daging. Perhatikan pula cara memasak daging, sebaiknya daging dimasak secara matang sempurna. Daging yang digoreng akan menambah kadar lemak dari minyak goreng sedangkan dibakar akan berisiko menambah zat karsinogenik penyebab kanker. Jadi, sebaiknya memasak daging dengan cara direbus dan dikonsumsi bersama dengan sayur dan buah agar seimbang.

 

Bagaimana cara konsumsi daging yang seimbang saat hari raya kurban?  

Saat merayakan Hari Raya Kurban, penting untuk mengonsumsi daging dengan seimbang dan sehat. Berikut ini beberapa tips untuk mencapai konsumsi daging yang seimbang dan sehat:

1. Tentukan porsi yang Sesuai - jangan mengonsumsi terlalu banyak daging dalam satu hidangan. Tetapkan ukuran porsi yang seimbang dengan memperhatikan kebutuhan gizi tubuh dan rekomendasi asupan harian.

2. Olah dengan cara yang Sehat- pilih cara pengolahan yang sehat, seperti merebus atau memanggang dengan sedikit minyak dan dikonsumsi bersama sayur dan buah. Hindari penggorengan yang berlebihan atau penggunaan minyak berlebih yang dapat menambah kalori dan lemak.

3. Buang Lemak Berlebih- jika ada lemak berlebih pada daging, potong atau buang sebelum memasak. Hal ini dapat membantu mengurangi asupan lemak jenuh yang tidak sehat.

4. Batasi Konsumsi Lemak Jenuh dan Garam- hindari penggunaan terlalu banyak lemak jenuh dan garam dalam memasak dan menyajikan daging. Ini membantu menjaga kesehatan jantung dan mengurangi risiko penyakit terkait.

5. Gabungkan dengan Sayuran- sertakan sayuran dalam hidangan kita sebagai lauk pelengkap untuk mendapatkan keseimbangan gizi. Sayuran segar seperti brokoli, wortel, kubis, dan bayam dapat memberikan serat, vitamin, dan mineral penting.

6. Kombinasi dengan Karbohidrat Sehat- selain daging, pastikan juga mengonsumsi sumber karbohidrat yang sehat, seperti nasi merah, roti gandum, atau kentang panggang. Karbohidrat memberikan energi yang diperlukan oleh tubuh.

7. Cukup Minum Air Putih- pastikan untuk tetap terhidrasi dengan meminum cukup air putih. Air membantu menjaga keseimbangan cairan dalam tubuh dan mendukung fungsi organ tubuh dengan baik.

 

Segera lakukan pemeriksaan ke fasilitas kesehatan terdekat apabila sobat sehat mengalami gejala kolesterol akibat terlalu banyak asupan daging seperti mudah mengantuk, pegal pada tengkuk atau pundak, hingga nyeri dada agar segera mendapatkan penanganan dari petugas kesehatan secara cepat dan tepat.

 

Selamat merayakan Idul Adha 1444 Hijriah!



Referensi

Kementerian Kesehatan Republik Indonesia

https://www.who.int/news-room/fact-sheets/detail/healthy-diet

https://www.cancer.org/cancer/risk-prevention/diet-physical-activity/acs-guidelines-nutrition-physical-activity-cancer-prevention/guidelines.html

https://promkes.kemkes.go.id/tips-sehat-cegah-kolesterol-saat-santap-hidangan-idul-adha

https://sehatnegeriku.kemkes.go.id/baca/umum/20170831/5122702/cara-sehat-mengonsumsi-daging-kurban/

Kembali

Dinas Kesehatan Provinsi DKI Jakarta

Jl. Kesehatan No 10
Petojo Selatan, Kecamatan Gambir, Kota Jakarta Pusat,
DKI Jakarta 10160

    Kontak

  • +62213451338
    (Senin - Kamis 08:00 - 16.00 WIB)
    (Jum'at 08:00 - 16.30)

    +62 822-1388-8006 (Hotline)
    (Senin - Kamis 08:00 - 16.00 WIB)
    (Jum'at 08:00 - 16.30)

    dinkes@jakarta.go.id

Media Sosial

   Sitemap