Box Layout

HTML Layout
Backgroud Images
Backgroud Pattern
blog-img-10

Posted by : Administrator

Sukses Jalankan BIAN 2022, UNICEF Berikan Apresiasi Tinggi

Pemerintah Provinsi DKI Jakarta telah berhasil dalam memastikan anak-anak di DKI Jakarta mendapatkan haknya berupa imunisasi tambahan Campak-Rubella. Kepala Dinas Kesehatan Provinsi DKI Jakarta, dr Widyastuti, MKM., mengungkapkan bahwa pihaknya  diakui sempat tertinggal pada awal pencanangan BIAN Agustus 2022, namun berhasil melesat jauh ke peringkat pertama.

“Percepatan telah dilakukan Pemerintah Ibu Kota DKI Jakarta walaupun sempat tertinggal. Pertengahan Agustus 2022, sasaran imunisasi tambahan Campak-Rubella baru mencapai 16%. Kemudian di akhir Bulan Imunisasi Anak Nasional, sasaran kami telah mencapai 97,7% untuk anak usia 09-59 bulan”, ungkap Kepala Dinas Kesehatan Provinsi DKI Jakarta, dr Widyastuti, MKM

Selama Bulan Imunisasi Anak Nasional yang dimulai sejak awal Agustus 2022 dan akan berakhir pada akhir September 2022, Pemerintah Ibu Kota DKI Jakarta memastikan layanan imunisasi tambahan buka 24 jam. Dr. Widyastuti menyampaikan hal ini dilakukan untuk menjangkau para orang tua yang bekerja di pagi hari, sehingga tetap bisa mengantar putra/putrinya untuk mendapatkan imunisasi setelah selesai bekerja. Selain itu Pemerintah DKI Jakarta juga secara konsisten mengadopsi pendekatan yang dilakukan selama vaksinasi COVID-19, yaitu melakukan imunisasi di tempat publik seperti RPTRA maupun mall di DKI Jakarta.

Wakil Ketua Bidang Pengabdian Masyarkat Kwartir Daerah DKI Jakarta, Ratiyono mengungkapkan, pihaknya memberikan dukungan penuh untuk mensukseskan BIAN 2022, dengan menurunkan ratusan anggota Saka Bakti Husada.

“300 Saka Bakti Husada kami perbantukan secara merata dan proporsional di berbagai Puskesmas di DKI Jakarta, mereka membantu melakukan sweeping dari rumah ke rumah, mengedukasi pentingnya imunisasi, dan yang terpenting menggerakan sasaran ke pelayanan imunisasi,” ungkap Ratiyono.

Dukungan juga mengalir dari Dewan Mesjid Indonesia di DKI Jakarta, K.H. Ma'mun Al Ayyubi yang secara konsisten melakukan edukasi pentingnya imunisasi dan lokasi layanan imunisasi terdekat melalui pendekatan ‘toa mesjid’ selama kampanye Bulan Imunisasi Anak Nasional.

Dr. Armunanto, Pengampu Program Kesehatan untuk UNICEF Wilayah Jawa juga memberikan apresiasinya, dimana DKI Jakarta pernah mencatatkan sebanyak 85.925 anak berhasil diimunisasi selama satu hari. Ia menambahkan bahwa UNICEF salut serta bangga atas keberhasilan pemerintah provinsi DKI Jakarta yang telah kolaborasikan semua pihak untuk memastikan bahwa kampanye Bulan Imunisasi Anak Nasional menjadi urusan semua pihak, dan dengan semangat luar biasa memastikan semua anak mendapatkan haknya untuk di imunisasi, tanpa terkecuali.