Box Layout

HTML Layout
Backgroud Images
Backgroud Pattern
blog-img-10

Posted by : Administrator

Puskesmas Kramat Jati Sukses Laksanakan Kick Off Vaksinasi Booster

Kick Off Vaksinasi Booster bagi warga DKI Jakarta dilaksanakan di Puskesmas Kecamatan Kramat Jati, Jakarta Timur, Rabu [12/1]. Vaksinasi dosis ketiga ini dilaksanakan sesuai arahan dari Pemerintah Pusat melalui Kementerian Kesehatan dan juga arahan dari Dinas Kesehatan Provinsi DKI Jakarta. Sebelum kick off Vaksinasi Booster ini dilaksanakan, pihak Puskesmas Kramat Jati sudah melakukan beberapa persiapan berupa briefing teknis tentang penyuntikan booster, identifikasi kebutuhan logistik dan persiapan sarana prasarana yang akan digunakan seperti sistem penginputan berbasis P-Care. Kepala Puskesmas Kecamatan Kramat Jati, dr. Inda Mutiara mengatakan jika teknis penyuntikan dosis ketiga sedikit berbeda dengan vaksinasi pertama dan kedua.

“Vaksinasi Booster ini sedikit berbeda karena dosis yang disuntikkan tidak sama dengan vaksinasi pertama dan kedua. Vaksin ini akan diprioritaskan bagi kelompok masyarakat lanjut usia (lansia) dan kelompok rentan (imunokompromais). Vaksin booster diperuntukkan bagi yang berusia 18 tahun ke atas dan telah menerima vaksin dosis kedua dalam jangka waktu minimal 6 bulan,” ucap dr. Inda Mutiara.

Pihaknya juga membuat spanduk promosi pelaksanaan Vaksinasi Booster yang sudah dimulai  sejak tanggal 12 Januari 2022. Koordinasi dengan kader wilayah juga dilakukan dengan mengikutsertakan minimal 15 orang per Kelurahan (7 Kelurahan) untuk menerima Vaksin Booster. Peserta wajib membawa e-ticket yang dapat dicek melalui aplikasi PeduliLindungi dan identitas diri. Puskesmas Kramat Jati juga membuat sasaran maksimum hingga 150 pengunjung, untuk menjaga kelancaran vaksinasi, mengingat vaksinasi dosis pertama dan kedua masih terus dijalankan.

 

Baca Juga: Tata Cara Cek e-Ticket Vaksin Booster Covid-19

 

Vaksinasi Booster perdana kemarin diikuti oleh 115 penerima yang terdiri dari 106 lansia dan 9 dengan immunokompromais. Menurut dr. Inda Mutiara, animo masyarakat sungguh luar biasa, karena penerima Vaksin Booster ini sudah berdatangan dari pukul 06.00 dan memenuhi ruang tunggu yang disediakan. Kedepannya, Puskesmas Kramat Jati menargetkan 150 orang setiap harinya untuk mendapatkan Vaksinasi Booster. Pihaknya juga selalu berkoordinasi dengan Dinas Kesehatan Provinsi DKI Jakarta untuk menjaga ketersediaan stok vaksin.

Untuk mempercepat program Vaksinasi Booster, Puskesmas Kramat Jati juga siap bekerjasama dengan pihak kolaborator yang mendukung vaksinasi. Menurut dr. Inda, sudah banyak pihak  yang siap bekerjasama dalam mendukung Vaksinasi dosis ketiga ini.

“Dengan dilaksanakannya Vaksinasi Booster ini, artinya Pemerintah memberikan akses perlindungan untuk masyarakat dari Covid-19. Vaksinasi Booster ditetapkan agar kekebalan individu dan komunitas dapat tercapai, sehingga Kecamatan Kramat Jati khususnya dan juga DKI Jakarta dapat menjadi zona hijau,” tutup dr Inda Mutiara, Kepala Puskesmas Kecamatan Kramat Jati.[prm/humas]