blog-img-10

Keterangan : Program Eliminasi Tuberkulosis DKI Jakarta Mendapat Dukungan dari Luar

Posted by : Administrator

Program Eliminasi Tuberkulosis DKI Jakarta Mendapat Dukungan dari Luar

The Global Fund Country Visit merupakan review dari Country Team di Geneva, Swiss, terhadap program-program kesehatan yang sedang berjalan di Indonesia, antara lain proses eliminasi AIDS dan TBC di tahun 2030. Dinas Kesehatan Provinsi DKI Jakarta sendiri menargetkan hasil optimal dari proses eliminasi tersebut di tahun 2027. DKI Jakarta merupakan salah satu wilayah yang mendapat kehormatan untuk dikunjungi dalam hal kolaborasi antara Pemerintah dengan Sektor Swasta, termasuk fasilitas kesehatan swasta.

Dalam kunjungan hari ini, Rabu, [18/5], Dinas Kesehatan Provinsi DKI Jakarta beserta Kementerian Kesehatan RI, Suku Dinas Kesehatan Kota Jakarta Selatan serta Tim dari The Global Fund Country Team melakukan kunjungan ke Rumah Sakit Siloam Hospitals TB Simatupang, Jl. R.A. Kartini No.8, Cilandak, Kota Jakarta Selatan.

The Global Fund Country Team diwakili oleh Mrs Agnes, Mrs Di Wu, dan  Mr James, didampingi Technical Working Group of Country Coordinating Management, Ibu Carmelia Basri. Turut mendampingi pula Direktur Utama RS Siloam TB Simatupang, Subkoordinator Urusan PMTVZ Dinas Kesehatan Provinsi DKI Jakarta, Pengelola Program Tuberkulosis Sudinkes Jakarta Selatan, menelusur setiap lokasi pelayanan Tuberkulosis di RS Siloam TB Simatupang. Kunjungan ini pula menjadi medium untuk saling berbagi masukan, bagaimana konfidensialitas pasien sangat dijaga baik, termasuk dalam persetujuan untuk  melakukan penelusuran kasus melalui kegiatan investigasi kontak dari indeks pasien Tuberkulosis d RS Siloam TB Simatupang. Selain itu dijabarkan pula bagaimana kelengkapan sarana prasarana, ketersediaan rantai pasok logistik, alur pemeriksaan laboratorium, pencegahan infeksi, termasuk kegiatan pelaksanaan pemeriksaan wajib yang sudah menjadi ketentuan, yaitu pemeriksaan HIV dan Gula Darah untuk skrining penyakit penyerta (HIV dan Diabetes Melitus). Jajaran Direksi dan Manajemen RS Siloam Hospitals TB Simatupang juga berkomitmen dalam memberikan dukungan penuh program nasional, termasuk ketersediaan bilik pengambilan sampel dahak yg bersih dan rapi.

Harmonisasi antara Tim Internal Rumah Sakit, maupun Tim Luar RS Siloam seperti Sudinkes Jakarta Selatan sangat terasa, juga antara Dinas Kesehatan Provinsi DKI Jakarta dengan tim Sudinkes Jakarta Selatan pun sangat dirasakan oleh Mrs Agnes. Beliau (Mrs Agnes) sangat terkesan atas perjuangan penanggulangan TB di Provinsi DKI Jakarta dan tidak menyangka hal-hal yg diamanahkan The Global Fund Country Visit dilaksanakan hingga RS Siloam Hospitals TB Simatupang menjadi salah satu bagian RS swasta yg memberikan layanan TB sampai sembuh.

Penelusuran kontak erat indeks pasien TB di Rumah Sakit, Loss to Follow Up  dan mengambil obat ke layanan DOTS merupakan salah satu strategi prioritas yang melibatkan komunitas TBC yaitu STPI. Secara keseluruhan hal ini merupakan Implementasi Perpres 67 Tahun 2021 dan Pergub DKI Jakarta No 28 Tahun 2018 dimana pelibatan stakeholder, pemangku kebijakan, dan komunitas harus dioptimalkan.

Fasilitas Kesehatan yang disediakan pun memfasilitasi keberagaman masyarakat yg ada di DKI Jakarta, mulai dari Praktek Mandiri Dokter, Klinik Swasta dan Laboratorium

Kata kunci pelaksanaan Pengendalian TB :

- Bekerja Tim

- Kerjasama

- Kerja Bersama

Dengan optimalnya dasar-dasar serta implementasi pencegahan dan pengendalian TB, kita semua harus optimis dan harus semangat bahwa Indonesia, khususnya DKI Jakarta dapat mencapai Eliminasi TB Tahun 2030.[prm/hms]

Source: Sub Koordinasi Penyakit Menular Tular Vektor dan Zoonosis, Bidang Pencegahan dan Pengendalian Penyakit (P2P) Dinas Kesehatan Provinsi DKI Jakarta

 

Kembali

Dinas Kesehatan Provinsi DKI Jakarta

Jl. Kesehatan No 10
Petojo Selatan, Kecamatan Gambir, Kota Jakarta Pusat,
DKI Jakarta 10160

    Kontak

  • +62213451338
    (Senin - Kamis 08:00 - 16.00 WIB)
    (Jum'at 08:00 - 16.30)

    +62 822-1388-8006 (Hotline)
    (Senin - Kamis 08:00 - 16.00 WIB)
    (Jum'at 08:00 - 16.30)

    dinkes@jakarta.go.id

Media Sosial

   Sitemap