blog-img-10

Keterangan : Pentingnya Sebuah Pelayanan Prima

Posted by : Administrator

Pentingnya Sebuah Pelayanan Prima

Sobat Sehat, dalam setiap aktivitas sehari-hari manusia juga membutuhkan bantuan untuk mendapatkan kepuasan yang diinginkan, yaitu sebuah pelayanan. Pelayanan menurut (Kasmir 2005:26) yaitu suatu tindakan atau perbuatan seseorang atau organisasi untuk memberikan kepuasan kepada pelanggannya atau konsumennya, baik perorangan, kelompok atau masyarakat. Tujuan adanya pelayanan secara umum adalah memberikan tingkat pelayanan yang baik, sehingga diharapkan adanya rasa puas dan menjadi nilai positif bagi pemberi layanan.

Pelayanan selalu bisa didapatkan di mana pun, termasuk juga di dunia kesehatan. Saat ini, Dinas Kesehatan Provinsi DKI Jakarta memiliki 32 RSUD/RSKD yang melayani tidak hanya warga DKI Jakarta, tapi juga dari luar daerah. Persepsi masyarakat mengenai pelayanan di RS Daerah ini pun bermacam-macam. Berdasarkan hasil survei yang didapat, sebanyak 34% RS Daerah saat ini selalu ramai pengunjung dan membuat antrian yang cukup lama. Belum lagi ketersediaan dokter spesialis yang kurang, kondisi RS yang tidak nyaman hingga pelayanannya yang kurang baik.

Dari hasil tersebut, Dinas Kesehatan dan Jajarannya berupaya untuk berinovasi dan meningkatkan kualitas pelayanan kesehatan di DKI Jakarta dengan merilis Transformasi Layanan Kesehatan, berdasarkan SK Kepala DInas Kesehatan Provinsi DKI Jakarta Nomor 417 Tahun 2020.

Dari SK tersebut, dibentuklah tim yang akan merumuskan Transformasi Layanan Kesehatan yang salah satunya ditujukan untuk RS Daerah di DKI Jakarta. Sejak tahun 2020 hingga sekarang, tim tersebut menjajaki beberapa kaji banding ke beberapa instansi terkait hingga  diskusi bersama narasumber dari RS yang telah berinovasi dalam pelayanan kesehatan.

Nantinya, pelayanan RS Daerah di DKI Jakarta akan lebih modern, berstandar global, nyaman, unggul, mudah diakses hingga petugas yang profesional. Sehingga pelayanan di RS Daerah akan lebih optimal, bukan hanya untuk pasien sakit, namun pasien yang ingin melakukan pengecekan kesehatan pribadi.

Pelayanan optimal ini akan segera hadir dan dapat dinikmati sebagai bentuk dari Transformasi Layanan Kesehatan bagi masyarakat DKI Jakarta. Sobat sehat, nantikan di tanggal 11 Juli 2022 mendatang.[hms]

Kembali

Dinas Kesehatan Provinsi DKI Jakarta

Jl. Kesehatan No 10
Petojo Selatan, Kecamatan Gambir, Kota Jakarta Pusat,
DKI Jakarta 10160

    Kontak

  • +62213451338
    (Senin - Kamis 08:00 - 16.00 WIB)
    (Jum'at 08:00 - 16.30)

    +62 822-1388-8006 (Hotline)
    (Senin - Kamis 08:00 - 16.00 WIB)
    (Jum'at 08:00 - 16.30)

    dinkes@jakarta.go.id

Media Sosial

   Sitemap