Box Layout

HTML Layout
Backgroud Images
Backgroud Pattern
blog-img-10

Posted by : Administrator

Momentum HKN 2022 DKI Jakarta, Bawa Pesan Ketahanan Kesehatan

“Hadirin yang kami hormati, momentum Hari Kesehatan Nasional yang ke-58 ini, membawa pesan bahwa penguatan ketahanan sistem kesehatan menjadi peran penting dalam pemulihan ekonomi di Indonesia.”

Demikian yang dihaturkan Kepala Dinas Kesehatan Provinsi DKI Jakarta, dr. Widyastuti, MKM dalam laporan kegiatan Hari Kesehatan Nasional DKI Jakarta. Menurut dr. Widyastuti, tata kelola kolaborasi dalam ekosistem kesehatan perlu dikuatkan melalui kerjasama strategis antara pemerintah, akademisi, swasta, media dan masyarakat dalam rangka mewujudkan layanan Kesehatan yang terpersonalisasi, terpercaya dan terjangkau.

Hal ini juga sejalan dengan transformasi sistem kesehatan yang telah digaungkan Kementerian Kesehatan RI maupun transformasi layanan kesehatan yang telah didedikasikan dan yang akan diimplementasikan di DKI Jakarta.

Dr. Widyastuti juga menyampaikan bahwa rangkaian Hari Kesehatan Nasional sudah dilaksanakan sejak sebulan terakhir, yang diadakan oleh Suku Dinas Kesehatan tingkat kota hingga Puskesmas di masing-masing wilayah dan puncak acaranya yang diadakan Dinas Kesehatan yang dilaksanakan pada tanggal 28-29 November 2022.

“Para peserta yang mengikuti rangkaian mulai dari jajaran Dinas Kesehatan tingkat Provinsi, Kota, Kecamatan dan Kelurahan serta kolaborator. Mulai dari penjurian tenaga kesehatan teladan, dari 14 orang yang diajukan sebanyak 10 tenaga kesehatan terpilih di tingkat nasional dan diberikan langsung oleh Menteri Kesehatan RI,” lanjut dr. Widyastuti.

Adapun rangkaian kegiatan memperingati Hari Kesehatan Nasional ke-58 di Dinas Kesehatan DKI Jakarta, yaitu;

 

- Konvensi mutu Dinas Kesehatan Provinsi DKI Jakara yang di ikuti sebanyak 21 peserta perwakilan dari Puskesmas, RSUD dan UPT yang sudah diseleksi wilayah

- Penilaian toilet sehat, implementasi Hospitality, dan makanan sehat RSUD dan PMT;

- Workshop dan Talk Show Kesehatan;

- Pekan Ilmiah Tahunan ke-4 Dinas Kesehatan Provinsi DKI Jakarta;

- Desiminasi Transformasi Layanan Kesehatan DKI Jakarta;

- Penyematan secara simbolis duta keamanan pangan sekolah

- Pameran Alat Kesehatan

- Lomba olah raga oleh UKPD dan UPT

- Pemberian Penghargaan kepada , Nakes Teladan, lomba makanan sehat RSUD dan PMT, lomba implementasi Hospitality, konvensi mutu, dan lomba toilet sehat

 

“Selama puncak acara HKN ini juga kami menyediakan layanan vaksin COVID-19 bagi Lansia dan masyarakat lain melalui mekanisme pendaftaran JAKI,” tutup dr. Widyastuti.