blog-img-10

Keterangan : Menuju Transformasi Layanan Kesehatan Primer di Puskesmas Expo 2022 

Posted by : Administrator

Menuju Transformasi Layanan Kesehatan Primer di Puskesmas Expo 2022 

Asosiasi Puskesmas Jakarta bersama Dinas Kesehatan Provinsi DKI Jakarta sukses menggelar kegiatan bertajuk “Puskesmas Expo 2022”, sebuah perhelatan untuk berbagi pengalaman untuk seluruh tenaga kesehatan di Indonesia. Kegiatan ini digelar di Hotel Bidakara, Grand Pancoran pada tanggal 23-25 Juni 2022 dan dilaksanakan secara hybrid dengan metode daring dan luring. Puskesmas Expo 2022 juga menjadi kegiatan kesehatan yang mendukung perhelatan Urban Health 20 dan menyambut Jakarta Hajatan ke-495.  

Kepala Dinas Kesehatan Provinsi DKI Jakarta, dr. Widyastuti, MKM mengatakan, Puskesmas Expo 2022 dapat menjadi sarana bagi seluruh Puskesmas untuk terus meningkatkan mutu pelayanan kesehatan demi mencapai kualitas kesehatan yang baik melalui Transformasi Layanan Kesehatan dan peningkatan mutu SDM. 

“Puskesmas diharapkan dapat melakukan penguatan sistem kesehatan dengan transformasi layanan primer yang berorientasi terhadap upaya preventif dan promotif yang komprehensif. Puskesmas harus mampu menjamin ketersediaan dan pemerataan jumlah, jenis dan kapasitas SDM Kesehatan serta mampu melakukan layanan kesehatan primer terintegrasi melalui pengembangan ekosistem digital healthcare,” ujar Kepala Dinas Kesehatan Provinsi DKI Jakarta, dr. Widyastuti, MKM. 

Adapun tema yang diangkat dalam Puskesmas Expo 2022 yaitu ‘Menyongsong Transformasi Layanan Kesehatan Primer yang Berketahanan dengan Penguatan Pemberdayaan Masyarakat’. Ketua Asosiasi Puskesmas Jakarta, Dicky Alsadik menambahkan Puskesmas Expo 2022 tidak hanya diikuti oleh tenaga kesehatan dari Puskesmas saja, namun juga Dinas Kesehatan, dan Institusi Kesehatan lainnya. 

“Puskesmas Expo 2022 diikuti oleh berbagai perhimpunan maupun individu, seperti Puskesmas se-Indonesia, Dinas Kesehatan se-Indonesia, Organisasi Fasilitas Pelayanan Kesehatan, Organisasi Profesi Kesehatan, Asosiasi Institusi Pendidikan Ilmu Kesehatan dan Organisasi Mahasiswa Kedokteran/Kesehatan, Institusi Pendidikan Ilmu Kesehatan, serta Mahasiswa Kedokteran dan Kesehatan. Peserta yang hadir berasal dari berbagai wilayah Indonesia, di antaranya Papua Barat, Kalimantan, Sumatera, Jawa Barat, Jawa Timur, Banten, Riau, Jambi, dan Lampung,” ucap Ketua Asosiasi Puskesmas Jakarta, Dicky Alsadik. 

Selain melaksanakan diskusi seputar transformasi layanan kesehatan, transfrmasi digital hingga inovasi puskesmas, sebagai rangkaian kegiatan Jakarta Hajatan ke-495, APJ juga mempromosikan wisata Jakata kepada para peserta Puskesmas Expo yang hadir langsung di Puskesmas Expo 2022. Dalam kegiatan yang disebut Jakarta City Tour ini, peserta mengunjungi beberapa destinasi unggulan, seperti Monumen Nasional, Kota Tua, Ancol, Pekan Raya Jakarta dan masih banyak tempat menarik lainnya.[hms] 

Kembali

Dinas Kesehatan Provinsi DKI Jakarta

Jl. Kesehatan No 10
Petojo Selatan, Kecamatan Gambir, Kota Jakarta Pusat,
DKI Jakarta 10160

    Kontak

  • +62213451338
    (Senin - Kamis 08:00 - 16.00 WIB)
    (Jum'at 08:00 - 16.30)

    +62 822-1388-8006 (Hotline)
    (Senin - Kamis 08:00 - 16.00 WIB)
    (Jum'at 08:00 - 16.30)

    dinkes@jakarta.go.id

Media Sosial

   Sitemap