blog-img-10

Keterangan : HTBS 2022 Dimeriahkan dengan Skrining Kesehatan dan Pengumuman Perlombaan

Posted by : Administrator

HTBS 2022 Dimeriahkan dengan Skrining Kesehatan dan Pengumuman Perlombaan

Dinas Kesehatan Provinsi DKI Jakarta menggelar peringatan puncak Hari Tuberkulosis Sedunia 2022 pada hari Kamis [31/3] yang berlokasi di Kampung Susun Akuarium, Penjaringan, Jakarta Utara, dengan pelayanan Kesehatan berupa skrining terintegrasi untuk TBC, HIV dan Penyakit Tidak Menular serta vaksinasi booster COVID-19. Ada juga AGD Goes to Community dimana dilakukan pembinaan terhadap edukasi pelayanan ambulans dan bantuan hidup dasar bagi warga kampung susun akuarium bagi para PPSU. 

“Skrining kesehatan yang dilakukan pada hari ini, diikuti oleh warga Kampung Susun Aquarium dan juga sekitarnya. Bapak/ibu pemeriksa kesehatan yang ikut hari ini merupakan para Tenaga Kesehatan gabungan dari beberapa Puskesmas yang tersebar di sekitar Kampung Susun Aquarium. Target kita bisa melakukan pemeriksaan bagi 250 orang dan ternyata melampaui target kami. Ini menjadi rasa bangga bagi kami dalam melakukan pelayanan ini,” ungkap dr. Roosvita Nur Aini, Sub Koordinator PMTVZ, Bidang P2P Dinas Kesehatan Provinsi DKI Jakarta.

Sebagai penyemarak dan penyemangat dalam kegiatan Hari Tuberkulosis Sedunia (HTBS) 2022 juga diberikan penghargaan dan pengumuman pemenang lomba seperti; 

Puskesmas dengan capaian penemuan kasus Tuberkulosis terbanyak yaitu Puskesmas Kecamatan Pulogadung. Yang dinilai berhasil menemukan kasus TBC melebihi atau mendekati angka penemuan kasus yang ditargetkan oleh Dinas Kesehatan Provinsi DKI Jakarta.  

Ada juga Rumah Sakit dengan capaian penemuan kasus Tuberkulosis terbanyak yaitu RS Pelni Petamburan yang melaporkan kasus TBC terbanyak ke dalam Sistem pencatatan dan pelaporan Tuberkulosis 

Penghargaan selanjutnya diberikan kepada Puskesmas dan Rumah Sakit yang memiliki capaian keberhasilan pengobatan yang baik. Hal ini dilihat dari jumlah pasien yang banyak namun memliki angka kesembuhan atau pengobatan lengkap yang baik yaitu Puskesmas Kecamatan Cilandak dan RSUD Cengkareng. 

Selain puskesmas dan Rumah Sakit, HTBS 2022 juga memberikan penghargaan untuk kader TBC berprestasi di DKI Jakarta, yang sepak terjangnya dalam dunia per-TBC-an sungguh luar biasa. Penghargaan kader TBC berprestasi diberikan kepada “Ibu Ike Ni’mah Tatimu” dari Kecamatan Tanjung Priok, Jakarta Utara 

Untuk lomba yang didakan sebagai rangkaian HTBS 2022 yaitu lomba Video Campaign TBC, aspek yang dilihat tidak hanya dari like terbanyak namun juga konten yang disampaikan bersifat informatif, menarik dan mudah dipahami oleh yang melihatnya. Dengan RSUD Kramat Jati, RSUD Pesanggrahan, dan RS Islam Jakarta Cempaka Putih sebagai Juara 3,2, dan 1. Serta Sarah Wijayanti sebagai Juara Favorit. 

Lomba lain yang diadakan adalah lomba “Booth Sputum Rapi dan Bersih”. Dengan aspek yang dinilai di antaranya adanya wastafel/keran untuk mencuci tangan, adanya sabun, tissue, tempat sampah dan media informatif/edukasi yang dipasang di sputum booth. Selain itu pencahayaan matahari juga dapat masuk dengan baik. Puskesmas yang menjuarai perlombaan ini secara berurut adalah Puskesmas Kecamatan Kemayoran, Puskesmas Kecamatan Menteng, dan Puskesmas Kec. Cempaka Putih. 

Selain Puskesmas, Rumah Sakit dan kader terbaik diberi penghargaan, tidak adil rasanya jika Suku Dinas Kesehatannya tidak diberikan penghargaan. Dinas Kesehatan memiliki penghargaan untuk Suku Dinas Kesehatan terbaik dalam penanggulangan TBC. Indikator yang dinilai adalah capaian pengobatan, keberhasilan pengobatan, kolaborasi TB HIV, kegiatan Investigasi Kontak dan cakupan pemberian TPT di wilayahnya. Dan dimenangkan oleh Suku Dinas Kesehatan Jakarta Timur. 

Dengan diadakannya puncak acara HTBS 2022, diharapkan dapat meningkatkan kesadaran masyarakat akan penyakit TBC serta menjadi sarana untuk mengoptimalkan penemuan dan pengobatan TBC secara komprehensif. 

 

Kembali

Dinas Kesehatan Provinsi DKI Jakarta

Jl. Kesehatan No 10
Petojo Selatan, Kecamatan Gambir, Kota Jakarta Pusat,
DKI Jakarta 10160

    Kontak

  • +62213451338
    (Senin - Kamis 08:00 - 16.00 WIB)
    (Jum'at 08:00 - 16.30)

    +62 822-1388-8006 (Hotline)
    (Senin - Kamis 08:00 - 16.00 WIB)
    (Jum'at 08:00 - 16.30)

    dinkes@jakarta.go.id

Media Sosial

   Sitemap