Box Layout

HTML Layout
Backgroud Images
Backgroud Pattern
blog-img-10

Posted by : Administrator

Hindari Cara Mengatasi Stres yang Salah

Stres merupakan reaksi yang muncul apabila ada perubahan dari lingkungan yang mengharuskan seseorang untuk menyesuaikan diri. Kondisi tersebut merupakan reaksi yang normal dialami oleh seseorang apabila berada di kondisi yang tidak nyaman, sehingga dengan demikian kita dituntut untuk dapat mengelola stres agar tidak terus berlanjut dalam waktu yang lama dan menyebabkan terganggunya kesehatan mental.

Dalam mengurangi rasa stres, terdapat banyak hal yang dapat dilakukan, seperti meningkatkan ibadah, melakukan hobi yang sesuai dengan minat dan bakat, berolahraga dan konsumsi makanan yang sehat.

 

Cara Mengatasi Stres yang Harus Dihindari

Untuk sebagian orang, cara menghilangkan stres yang mereka lakukan adalah dengan melakukan tindakan negatif yang dapat merugikan diri dan kesehatan mereka. Berikut ini adalah beberapa cara mengatasi stres yang harus dihindari, diantaranya adalah:

- Makan tidak teratur atau berlebihan.

- Konsumsi kafein secara berlebihan dan produk yang mengandung tinggi gula.

- Konsumsi alkohol dan narkoba.

- Menjauhi teman dan keluarga, sehingga masalah tidak dapat dikomunikasikan dengan baik.

- Menghabiskan waktu untuk berada di depan komputer/menonton TV/ berselancar di media sosial.

 

Beberapa hal yang harus dihindari saat stres di atas, merupakan hal penting yang harus kita ketahui. Karena hal tersebut hanya akan menyebabkan rasa stres yang lebih berat dan berkepanjangan.

Tetap terapkan Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) serta bersegera dalam menghubungi tenaga kesehatan seperti psikolog apabila membutuhkan penanganan lebih lanjut dalam mengelola rasa stres. Kini Dinas Kesehatan Provinsi DKI Jakarta memiliki fitur Layanan Kesehatan Sahabat Jiwa dan skrining kesehatan E-Jiwa. Kamu dapat mencurahkan masalah yang dihadapi dengan para praktisi kesehatan mental dan mendapatkan solusi yang tepat untukmu. Fitur ini tersedia di JakSehat dan dapat digunakan secara Gratis![hms]

 

Sumber: GERMAS & JAKSEHAT

FOTO: GOOGLE IMAGES