blog-img-10

Keterangan : Gerakan Ibu Hamil, Turunkan AKI dan Balita Stunting

Posted by : Administrator

Gerakan Ibu Hamil, Turunkan AKI dan Balita Stunting

Sobat Sehat, teruntuk Bunda yang sedang mengandung,

Sebagai upaya untuk menurunkan angka kematian ibu maupun prevalensi balita stunting, maka pada hari Kamis [22/12], dicanangkan Gerakan Ibu Hamil, serentak dicanangkan di 34 Provinsi. Kegiatan ini sekaligus membentuk komitmen Ibu Hamil untuk melakukan cek kehamilan sebanyak 6 kali dan 2 kali di antaranya diperiksa oleh dokter, konsumsi gizi seimbang sesuai porsinya, meminum tablet tambah darah,  mengikuti kelas ibu hamil, melahirkan di fasilitas pelayanan kesehatan.

Data dari Kementerian Kesehatan,  diperkirakan AKI dan stunting belum mencapai target yang ditentukan yaitu 305 per 100.000 kelahiran hidup (KH) dari target 183 per 100.000 KH di tahun 2024. Demikian juga dengan perkiraan prevalensi Balita stunting yang saat ini 24.4%, masih jauh dari target 14% di tahun 2024. Selain menurunkan angka kematian ibu, program ini juga penting untuk mengurangi stunting. Oleh karena itu ikut gerakan bumil sehat masuk dalam program ibu hamil di Puskesmas.

Gerakan Bumil Sehat yang bertepatan dengan peringatan Hari Ibu tanggal 22 Desember 2022 ini diimplementasikan dalam mewujudkan ibu hamil yang sehat dan berpengetahuan. Ibu hami mendapatkan pelayanan kesehatan selama kehamilan sebagai salah satu upaya pencegahan kematian ibu dan stunting sejak sebelum bayi dilahirkan.

Rangkaian acara pada hari ini menjadi awal untuk pelaksanaan Gerakan Ibu Hamil Sehat di seluruh Puskesmas, Klinik, Tempat Praktik Mandiri Tenaga Kesehatan dan Rumah Sakit secara serentak pada minggu kedua setiap bulannya sebagai upaya meningkatkan akses pelayanan kesehatan ibu hamil sesuai standar.

Gerakan Bumil Sehat ini melibatkan kementerian/lembaga di tingkat pusat dan daerah, Dinas Kesehatan provinsi dan Kabupaten/Kota seluruh Indonesia, swasta, organisasi profesi, organisasi masyarakat, dan seluruh masyarakat khususnya ibu hamil di seluruh Indonesia, baik yang hadir secara luring maupun daring melalui zoom dan siaran youtube. oleh karena itu, penting bagi Bunda yang saat ini sedang mengandung, untuk selalu memeriksakan kehamilannya di Fasilitas Kesehatan. Pemeriksaan dilakukan untuk melihat kondisi kesehatan calon ibu dan janin di dalam kandungan. selain itu, pemeriksaan juga untuk mempersiapkan kehamilan, persalinan, dan masa menyusui yang sehat dan aman bagi ibu dan bayi.

 

Source: Kementerian Kesehatan RI

 

Kembali

Dinas Kesehatan Provinsi DKI Jakarta

Jl. Kesehatan No 10
Petojo Selatan, Kecamatan Gambir, Kota Jakarta Pusat,
DKI Jakarta 10160

    Kontak

  • +62213451338
    (Senin - Kamis 08:00 - 16.00 WIB)
    (Jum'at 08:00 - 16.30)

    +62 822-1388-8006 (Hotline)
    (Senin - Kamis 08:00 - 16.00 WIB)
    (Jum'at 08:00 - 16.30)

    dinkes@jakarta.go.id

Media Sosial

   Sitemap