blog-img-10

Keterangan : Dinas Kesehatan Raih Beragam Penghargaan di IHIA 2022

Posted by : Administrator

Dinas Kesehatan Raih Beragam Penghargaan di IHIA 2022

Indonesia Healthcare Forum (IndoHCF) kembali menggelar ajang pentas inovasi karya anak bangsa di bidang kesehatan, Indonesia Healthcare Innovation Awards (IHIA) VI - 2022. IndoHCF pertama kali menyelenggarakan ajang bergengsi ini pada tahun 2017. Acara ini merupakan bentuk apresiasi kepada instansi/pemda, individu/kelompok perorangan, akademisi dan berbagai pihak lainnya yang telah berhasil menjalankan program-program peningkatan pelayanan kesehatan.

Indonesia Healthcare Innovation Awards VI-2022 (IHIA VI-2022) memberikan penghargaan dalam lima kategori yaitu Inovasi Gerakan Masyarakat Hidup Sehat atau GERMAS, Inovasi Sistem Penanggulangan Gawat Darurat Terpadu atau SPGDT, Inovasi Mutu Pelayanan Kesehatan, Inovasi Alat Kesehatan atau ALKES, dan Inovasi IT Kesehatan.

Ketua Umum IndoHCF, Dr. dr. Supriyantoro, Sp.P, MARS, mengatakan terus berlangsungnya IHIA hingga tahun ke-6 ini menjadi bukti komitmen IndoHCF untuk turut memacu perkembangan pengembangan positif dalam inovasi dan teknologi di bidang kesehatan yang berkelanjutan guna meningkatkan kualitas pelayanan kesehatan di Indonesia.

“Dua tahun terakhir, meski dunia dihantam Pandemi COVID-19, IndoHCF tetap menyelenggarakan IHIA dengan harapan dapat memberikan kontribusi positif dalam mendukung penanggulangan pandemi COVID-19 di Indonesia,” paparnya.

Supriyantoro menyebut, terdapat kategori Inovasi Alat Kesehatan dalam penghargaan yang diberikan. Langkah ini diharapkan mendorong inovasi dan perkembangan teknologi alat kesehatan dalam negeri guna mengurangi ketergantungan produk kesehatan impor, sekaligus dapat meningkatkan daya saing produk alat kesehatan dalam negeri.

Selain itu, lanjut Supriyantoro, juga sebagai bentuk dukungan terhadap Gerakan Nasional Bangga Buatan Indonesia. Yang mana khusus alat kesehatan, Pemerintah menargetkan 60% produksi alat kesehatan dalam negeri menggunakan komponen lokal. Target tersebut didasarkan pada pertimbangan bahwa alat kesehatan di Indonesia baik yang sudah jadi maupun bahan bakunya masih di dominasi impor.

 

Dinas Kesehatan Provinsi DKI Jakarta Raih Beragam Penghargaan

Dinas Kesehatan DKI Jakarta juga turut berpartisipasi dalam kegiatan Indonesia Healthcare Innovation Awards. Dari sekian banyak kategori Dinas Kesehatan DKI Jakarta meraih beberapa penghargaan, di antaranya;

 

- AGD

Judul inovasi: Ambulans Air Siaga Integrasi Antar Pulau (ASIAP)

- Gold Award Kategori SPGDT

- Favorit Award Kategori SPGDT

 

- Puskesmas Kecamatan Kebayoran Lama

Judul inovasi: Pengelolaan Obat Kadaluwarsa di Rumah menggunakan Kotak Obat (POKKOK)

- Platinum Award Kategori Germas

 

- Puskesmas Kecamatan Kebayoran Baru

Judul Inovasi: Optimalisasi Kinerja Usaha Kesehatan Gigi Anak Sekolah dengan Senyumin, Aplikasi Berbasis Kecerdasan Artifisial di Wilayah Puskesmas Kecamatan Kebayoran Baru

- Diamond Award Kategori Mutu Pelayanan Kesehatan

 

- Puskesmas Kecamatan Kemayoran

Judul Inovasi: Pemberian Terapi Pencegahan Tuberkulosis pada Pasien Kontak Serumah dan ODHIV >95% di Puskesmas Kecamatan Kemayoran

- Gold Award Kategori Mutu Pelayanan Kesehatan

 

Dengan diraihnya penghargaan ini, dapat menjadi motivasi dalam melahirkan inovasi-inovasi baru, guna meningkatkan mutu pelayanan kesehatan bagi seluruh warga Jakarta.

 

Kembali

Dinas Kesehatan Provinsi DKI Jakarta

Jl. Kesehatan No 10
Petojo Selatan, Kecamatan Gambir, Kota Jakarta Pusat,
DKI Jakarta 10160

    Kontak

  • +62213451338
    (Senin - Kamis 08:00 - 16.00 WIB)
    (Jum'at 08:00 - 16.30)

    +62 822-1388-8006 (Hotline)
    (Senin - Kamis 08:00 - 16.00 WIB)
    (Jum'at 08:00 - 16.30)

    dinkes@jakarta.go.id

Media Sosial

   Sitemap