blog-img-10

Keterangan : Dinas Kesehatan Provinsi DKI Jakarta Selenggarakan Kegiatan ”Rise and Shine: Penguatan Hospitality 2025” 

Posted by : Administrator

Dinas Kesehatan Provinsi DKI Jakarta Selenggarakan Kegiatan ”Rise and Shine: Penguatan Hospitality 2025” 

Jakarta, 12 Desember 2024 – Dinas Kesehatan Provinsi DKI Jakarta selalu berkomitmen untuk mewujudkan tata kelola Sumber Daya Manusia Kesehatan (SDMK) yang tidak hanya profesional, tetapi juga berorientasi pelayanan berbasis nilai hospitality. Untuk memperkuat komitmen tersebut, Dinas Kesehatan Provinsi DKI Jakarta menggelar kegiatan “Rise and Shine: Penguatan Hospitality 2025” bertempat di Ruang Auditorium lt 2, Gedung Dinas Kesehatan Provinsi DKI Jakarta, Kamis (12/12). Kegiatan ini dihadiri oleh Perwakilan Bidang di Lingkungan Dinas Kesehatan, Perwakilan Suku Dinas Kesehatan Kota/Kab di Provinsi DKI Jakarta, Perwakilan Direktur RSUD/RSKD di Provinsi DKI Jakarta, Perwakilan UPT di Lingkungan Dinas Kesehatan, Perwakilan Puskesmas di Provinsi DKI Jakarta.

Kegiatan ini dibuka oleh Plt. Kepala Bidang Sumber Daya Manusia Kesehatan Dinas Kesehatan Ratnasari Kurniasih yang menyampaikan Jakarta sebagai Kota Global tidak cukup hanya menyediakan layanan kesehatan yang memenuhi kebutuhan dasar. Kita harus berfokus pada membangun hubungan yang bermakna melalui interaksi yang penuh etika, keramahan, dan profesionalisme.

“Penguatan hospitality menjadi landasan untuk menciptakan lingkungan kerja yang mendukung hal tersebut” ucapnya.

Menurutnya, setiap pegawai kesehatan, baik di rumah sakit maupun puskesmas, adalah garda terdepan yang mencerminkan citra pelayanan kesehatan Provinsi DKI Jakarta.

“Mereka harus memiliki standar pelayanan yang konsisten, mulai dari kemampuan komunikasi, penampilan profesional, hingga etika dalam berinteraksi dengan pasien dan rekan kerja” imbuh Plt. Kabid SDMK Ratna.

Ratna juga berharap seluruh peserta dapat menginternalisasi nilai-nilai yang disampaikan dan menerapkannya secara konsisten.

“Mari kita bersama-sama membawa perubahan positif dalam pelayanan kesehatan di DKI Jakarta, menjadikannya lebih ramah, responsif, dan professional” tutupnya.

Pada kesempatan ini, peserta juga diberikan materi yang difokuskan pada dua hal utama, yaitu kemampuan komunikasi serta aspek grooming, etik, dan etiket yang disampaikan oleh narasumber dari PT. Genta Ilmu Tunas Cipta yaitu Yonas P. Tedjo dan Priyaldi yang membawakan materi Communication Skills serta Steffy Anggraini yang menyampaikan materi Bright to Elegance.

Kemampuan komunikasi memegang peranan penting dalam memastikan bahwa setiap pesan yang disampaikan dapat diterima dengan efektif dan positif. Selain kemampuan komunikasi, aspek grooming, etik, dan etiket juga menjadi fokus utama. Tenaga kesehatan harus menjaga kebersihan diri atau self-hygiene. Penting pula untuk memperhatikan etiket layanan, seperti tidak makan atau minum di depan pasien, serta menunjukkan sikap penuh hormat dan keramahan dalam setiap situasi. [AA]

Kembali

Dinas Kesehatan Provinsi DKI Jakarta

Jl. Kesehatan No 10
Petojo Selatan, Kecamatan Gambir, Kota Jakarta Pusat,
DKI Jakarta 10160

    Kontak

  • +62213451338
    (Senin - Kamis 08:00 - 16.00 WIB)
    (Jum'at 08:00 - 16.30)

    +62 822-1388-8006 (Hotline)
    (Senin - Kamis 08:00 - 16.00 WIB)
    (Jum'at 08:00 - 16.30)

    dinkes@jakarta.go.id

Media Sosial

   Sitemap