blog-img-10

Keterangan : Unicef Indonesia dan Pramuka Jakarta Dukung Penuh Bulan Imunisasi Anak Nasional

Posted by : Administrator

Unicef Indonesia dan Pramuka Jakarta Dukung Penuh Bulan Imunisasi Anak Nasional

UNICEF Indonesia dan Pramuka Jakarta mendukung penuh Pemerintah Provinsi DKI Jakarta untuk mensukseskan Bulan Imunisasi Anak Nasional. Kolaborasi Dinas Kesehatan Provinsi DKI Jakarta dengan Pramuka Jakarta melengkapi berbagai kegiatan kolaborasi lintas sektor yang telah dilakukan oleh mitra kerja untuk memastikan 715.786 anak usia 9-59 bulan mendapatkan imunisasi tambahan Campak Rubella dan imunisasi penting lainnya selama Bulan Imunisasi Anak Nasional (BIAN) yang telah dimulai sejak 1 Agustus 2022. Ani juga menyampaikan bahwa momentum BIAN ini merupakan momentum untuk pulih lebih cepat dan bangkit lebih kuat sebagaimana tema Hari Kemerdekaan Republik Indonesia ke-77.

“Bulan Imunisasi Anak Nasional, diperlukan sebagai upaya untuk menutup kesenjangan imunitas yang terjadi selama Pandemi COVID-19”, ujar drg. Ani Ruspitawati, MM, Wakil Kepala Dinas Kesehatan Provinsi DKI Jakarta dalam sambutannya.

Sampai dengan hari ke-19 pada bulan Agustus, Provinsi DKI telah mencatat sebanyak 47,8% anak telah mendapatkan imunisasi tambahan Campak Rubella.

“Kita perlu mengejar dengan cepat, untuk memastikan 100% anak mendapatkan imunisasi tambahan yang diperlukan, dengan dukungan berbagai pihak saya optimis hal itu dapat dilakukan,” lanjut drg Ani Ruspitawati.

Sebagai informasi, Imunisasi merupakan intervensi kesehatan yang paling sederhana dan efektif serta telah terbukti memberikan banyak manfaat kepada anak-anak. Dengan mendapatkan imunisasi, anak-anak akan terhindar dari berbagai penyakit yang dapat di cegah seperti campak, polio, pertusis, difteri, dan lain sebagainya.

Berdasarkan data yang di publikasikan oleh UNICEF dan WHO, sepanjang tahun 2021, 25 juta balita di seluruh dunia tidak mendapatkan satu atau lebih dosis vaksin DPT3 yang berguna untuk melawan penyakit Difteri, Tetanus dan Pertusis.

“Situasi ini perlu di tangani bersama-sama dengan rangkaian tindakan kolektif dan kolaboratif untuk mengejar ketertinggalan imunisasi global terburuk selama tiga dekade”, ungkap Armunanto, Health Specialist UNICEF Indonesia.

Pramuka Jakarta sebagai salah satu lintas sektor, siap mendukung Bulan Imunisasi Anak Nasional dengan menerjukan langsung anggota Saka Bakti Husada di setiap Kecamatan.

“Di setiap Kota di DKI Jakarta, kami turunkan 30 anggota untuk menjadi pasukan tambahan dalam menggerakan masyarakat dan melakukan edukasi mengenai pentingnya imunisasi,” ujar Ratiyono, Wakil Ketua Kwartir Daerah (Kwarda) Pengabdian Masyarakat Gerakan Pramuka Provinsi DKI Jakarta.

Ratiyono juga menyampaikan bahwa momentum ini merupakan momentum tepat sesuai dengan Bulan Bakti pramuka pada bulan Agustus 2022. Kegiatan ini menjadi pengabdian pramuka dengan tema “Mengabdi Tanpa Batas untuk Membangun Ketangguhan Bangsa”. Ia berharap bahwa kehadiran Pramuka Saka Bakti Husada dapat membantu mensukseskan BIAN di Wilayah DKI Jakarta.[hms]

Kembali

Dinas Kesehatan Provinsi DKI Jakarta

Jl. Kesehatan No 10
Petojo Selatan, Kecamatan Gambir, Kota Jakarta Pusat,
DKI Jakarta 10160

    Kontak

  • +62213451338
    (Senin - Kamis 08:00 - 16.00 WIB)
    (Jum'at 08:00 - 16.30)

    +62 822-1388-8006 (Hotline)
    (Senin - Kamis 08:00 - 16.00 WIB)
    (Jum'at 08:00 - 16.30)

    dinkes@jakarta.go.id

Media Sosial

   Sitemap