blog-img-10

Keterangan : Seminggu Lagi BIAN 2022 Usai, Yuk Segera Lengkapi Imunisasi Anak Kita!

Posted by : Administrator

Seminggu Lagi BIAN 2022 Usai, Yuk Segera Lengkapi Imunisasi Anak Kita!

Halo Ayah dan Bunda! Bulan Imunisasi Anak Nasional (BIAN) Tahap kedua sebentar lagi usai lho! Yuk segera lengkapi imunisasi anak di Puskesmas terdekat ya. BIAN bertujuan untuk melindungi anak-anak kita dari penyakit yang dapat dicegah melalui imunisasi. Imunisasi tambahan Campak-Rubella dikhususkan untuk anak 9-59 bulan, sedangkan Imunisasi Polio dan DPT-Hb-Hib, untuk anak berusia 12-59 bulan.

Selama dua tahun sebelumnya, terhitung 2020 hingga 2022, diakui cakupan imunisasi anak menurun akibat pandemi COVID-19. Padahal perlu diketahui bagi orang tua, imunisasi menjadi ‘tameng’ atau perlindungan terhadap penyakit menular seperti Campak, Rubella, Difteri, Polio, Pertusis, Hepatitis B, Meningitis dan Pneumonia.

Sebagai contoh, berdasarkan data dari  Indonesian Technical Advisory Group on Immunization (ITAGI), Kasus positif campak anak dengan umur 0–15 tahun di Indonesia pada 2020 sebanyak 80%, dan 2021 sebanyak 74%. Sementara itu untuk kasus positif Rubella di Indonesia untuk anak usia 0-15 tahun di 2020 sebanyak 80%, sedangkan di 2021 meningkat sebanyak 84%.

Kepala Seksi Surveilans Epidemiologi dan Imunisasi Dinas Kesehatan Provinsi DKI Jakarta, dr. Ngabila Salama, MKM., mengatakan bahwa Puskesmas Kecamatan siap melayani imunisasi anak (Campak dan Rubella) di Bulan Imunisasi Anak Nasional selama 24 jam. Dinas Kesehatan juga mencatat 443.000 anak atau 62% anak sudah menerima imunisasi Campak-Rubella.

“Kita juga membuka pos layanan imunisasi 24 Jam di 44 Puskesmas Kecamatan milik Pemprov DKI Jakarta. Semua anak baik WNA/WNI atau memiliki dan belum memiliki NIK bisa di imunisasi di Jakarta,” ucap Kepala Seksi Surveilans Epidemiologi dan Imunisasi Dinkes DKI Jakarta, dr. Ngabila Salama, MKM.

Menurut dr. Ngabila, pendaftaran imunisasi anak bisa dilakukan melalui aplikasi JAKI,dengan syarat  hanya untuk lokasi-lokasi tertentu. Lokasi tersebut antara lain Balai Kota DKI Jakarta, Taman Lapangan Banteng, Jakarta Islamic Center Koja, Mall Daan Mogot Kalideres, Mall Ciputra Grogol Petamburan, RPTRA Asoka Jatipadang Pasar Minggu, Taman Kelinci Bambu Apus Cipayung dan Kantor Wali Kota Jakarta Timur.

“Perlu diketahui bahwa vaksin sangat aman disuntikan sampai lima jenis sekaligus dalam satu waktu bersamaan pada anak. Setelah disuntikkan, juga tidak ada efek samping dan tidak perlu persiapan khusus. Jika hanya batuk pilek ringan, tetap bisa diberikan vaksin karena vaksinnya sangat aman. Tapi jika anak kita sedang mengalami demam di atas 38 derajat celcius, untuk sementara tidak bisa enerima imunisasi terlebih dahulu,” lanjut dr. Ngabila.

 

Unduh Sertifikat Imunisasi Anak

Kabar baik, saat ini semua anak yang sudah diimunisasi, secara otomatis mendapatkan sertifikat imunisasi di Aplikasi PeduliLindungi milik orang tuanya. Baik itu imunisasi tambahan Campak Rubella atau OPV, IPV, dan Pentabio. Orang tua bisa membuka Aplikasi PeduliLindungi, kemudian klik menu Vaksin dan Imunisasi. Lalu pilih menu Imunisasi anak untuk melihat riwayat imunisasi anak kita.

Imunisasi merupakan upaya untuk melindungi orang yang kita cintai. Jika kita cinta kepada anak kita, lindungi anak kita. Tunggu apalagi, segera lengkapi imunisasi anak kita di Puskesmas Kecamatan terdekat.[hms]

Kembali

Dinas Kesehatan Provinsi DKI Jakarta

Jl. Kesehatan No 10
Petojo Selatan, Kecamatan Gambir, Kota Jakarta Pusat,
DKI Jakarta 10160

    Kontak

  • +62213451338
    (Senin - Kamis 08:00 - 16.00 WIB)
    (Jum'at 08:00 - 16.30)

    +62 822-1388-8006 (Hotline)
    (Senin - Kamis 08:00 - 16.00 WIB)
    (Jum'at 08:00 - 16.30)

    dinkes@jakarta.go.id

Media Sosial

   Sitemap