blog-img-10

Keterangan : Semarakkan Hari Tuberkulosis Sedunia, Dinas Kesehatan Provinsi DKI Jakarta Luncurkan Gerakan Jakarta Bergerak Atasi Stunting dan TBC

Posted by : Administrator

Semarakkan Hari Tuberkulosis Sedunia, Dinas Kesehatan Provinsi DKI Jakarta Luncurkan Gerakan Jakarta Bergerak Atasi Stunting dan TBC

Jakarta, 21 Maret 2023 - Dinas Kesehatan Provinsi DKI Jakarta menggelar rangkaian peringatan Hari Tuberkulosis Sedunia (HTBS) tingkat Provinsi DKI Jakarta Tahun 2023 dengan mengajak seluruh lapisan masyarakat dan lintas sektor untuk bersama-sama berperan dalam Penanggulangan TBC melalui Peluncuran Gerakan Jakarta Beraksi: Jakarta Bergerak Atasi Stunting dan TBC yang diselenggarakan pada Selasa (21/3) di Rusun Albo Cakung, Jakarta Timur.

Kegiatan ini disertai dengan Penandatanganan dan Peresmian Tim Percepatan Penanggulangan TBC oleh Perangkat Daerah (PD), lintas sektor, dan mitra sebagai komitmen Pemerintah Provinsi DKI Jakarta untuk menurunkan angka prevalensi menjadi 14% tahun 2024 dan eliminasi TBC dapat tercapai di tahun 2030 sehingga dapat mewujudkan generasi emas tahun 2045. 

Asisten Administrasi dan Kesejahteraan Rakyat (Asminra) Provinsi DKI Jakarta Uus Kuswanto mengungkapkan bahwa peringatan HTBS ini menjadi momen penting untuk meningkatkan kesadaran dan kepedulian masyarakat dan meningkatkan sinergi lintas sektoral. Pemerintah Provinsi DKI Jakarta bersama seluruh stakeholder yang hadir akan terus berkomitmen menanggulangi masalah stunting dan TBC.

“Pemerintah DKI Jakarta akan terus menggencarkan upaya penanggulangan stunting dan TBC.  Mulai dari skrining dan penyuluhan kesehatan bagi anak dan remaja, calon pengantin, serta sesudah menikah hingga mempunyai anak umur 0-6 tahun. Intinya, sesuai dengan arahan Penjabat Gubernur DKI Jakarta dalam rangka menekan angka stunting dapat menurun serta terjaga kesehatan masyarakat DKI Jakarta sejak dini,” ujar Uus.

Menurut Kepala Dinas Kesehatan Provinsi DKI Jakarta Widyastuti, Dinas Kesehatan Provinsi DKI Jakarta terus berkolaborasi dengan Dinas Pendidikan, Dinas Perhubungan, Dinas Komunikasi, Informatika, dan Statistik, serta Biro Pemerintahan untuk melakukan diseminasi informasi terkait TBC melalui berbagai kanal komunikasi yang tersedia.

"Dalam momen penting ini, Dinas Kesehatan Provinsi DKI Jakarta juga meluncurkan Gerakan Gemar Makan Ikan di Posyandu serta Peluncuran Gebyar Skrining TBC yang akan berlangsung sampai dengan 3 (tiga) bulan ke depan untuk meningkatkan cakupan penemuan terduga TBC, kasus TBC, investigasi kontak, pemberian TPT dan skrining TBC - DM," pungkas Widyastuti. 

Terkait kegiatan ini, Widyastuti turut menambahkan bahwa Dinas Kesehatan beserta jajaran Perangkat Daerah lainnya menggelar penyerahan simbolis dukungan Corporate Social Responsibility (CSR) dalam penanggulangan stunting serta layanan posyandu balita, skrining kesehatan usia produktif, posyandu lansia, vaksinasi balita, vaksinasi balita dan COVID-19 untuk warga Rusun Albo Cakung dan sekitarnya. 

Lebih lanjut, Dinas Kesehatan Provinsi DKI Jakarta akan melakukan penyuluhan TBC secara serentak yang rencananya akan dilaksanakan di seluruh fasilitas kesehatan di Provinsi DKI Jakarta mulai Maret 2023 ini. Selain itu, pada bulan yang sama juga akan dilaksanakan Gebyar Skrining TBC oleh Tim Jakarta Beraksi pada 10-15 rumah atau sekitar 30-50 orang per hari per kelurahan. Aksi tersebut merupakan salah satu upaya optimalisasi penemuan terduga dan kasus TBC di DKI Jakarta. Upaya penemuan kasus aktif juga dilakukan melalui skrining TBC di Lapas/Rutan, warga sekolah, panti sosial, dan pekerja.

Tidak hanya itu, Dinas Kesehatan Provinsi DKI Jakarta juga akan menggelar kampanye “Youth Call to Action, End TBC” untuk mengajak para generasi muda bergerak bersama dalam upaya mengakhiri TBC, dengan melakukan sosialisasi TBC dan Terapi Pencegahan Tuberkulosis (TPT), termasuk memerangi stigma dan diskriminasi.

Ke depan, agenda di bulan Maret hingga Juni 2023 meliputi Lomba Penemuan Terduga dan Kasus TBC, Pemberian TPT, Skrining TBC-DM, dan Investigasi Kontak bagi Fasilitas Kesehatan dan Kader, serta Lomba Video Iklan Masyarakat/Kreatif Edukatif tentang Pemberian Terapi Pencegahan Tuberkulosis (TPT) dan Stop Stigma TBC bagi Masyarakat Umum. Adapun, pengumuman pemenang dan pemberian apresiasi akan dilaksanakan pada HUT DKI Jakarta bulan Juni 2023. [RH]

Wujudkan Indonesia Sehat dengan TOSS TBC!

Ayo Bersama Akhiri TBC, Indonesia Bisa! 

Kembali

Dinas Kesehatan Provinsi DKI Jakarta

Jl. Kesehatan No 10
Petojo Selatan, Kecamatan Gambir, Kota Jakarta Pusat,
DKI Jakarta 10160

    Kontak

  • +62213451338
    (Senin - Kamis 08:00 - 16.00 WIB)
    (Jum'at 08:00 - 16.30)

    +62 822-1388-8006 (Hotline)
    (Senin - Kamis 08:00 - 16.00 WIB)
    (Jum'at 08:00 - 16.30)

    dinkes@jakarta.go.id

Media Sosial

   Sitemap