blog-img-10

Keterangan : Sambut Hari Gizi Nasional ke-63, Kepala Dinas Kesehatan Provinsi DKI Jakarta Berkunjung ke Puskesmas dan Posyandu untuk Laksanakan Operasi Timbang

Posted by : Administrator

Sambut Hari Gizi Nasional ke-63, Kepala Dinas Kesehatan Provinsi DKI Jakarta Berkunjung ke Puskesmas dan Posyandu untuk Laksanakan Operasi Timbang

Jakarta, 24 Januari 2023 - Dinas Kesehatan Provinsi DKI Jakarta mendukung  pelaksanaan Hari Gizi Nasional (HGN) ke-63 Tahun 2023 dengan mengadakan serangkaian kegiatan meliputi Operasi Timbang, Pemantauan Pertumbuhan dan Perkembangan Balita di lingkungan Rumah Sakit, Puskesmas dan Posyandu secara serentak di seluruh wilayah DKI Jakarta. Puskesmas Kelurahan Rawa Badak Utara dan Posyandu Tugu Utara Koja menjadi salah satu yang menyelenggarakan Gebyar HGN, pada Selasa (24/1).

Agenda ini dihadiri oleh Kepala Dinas Kesehatan Provinsi DKI Jakarta dr. Widyastuti, MKM., Kepala Suku Dinas Kesehatan Kota Administrasi Jakarta Utara dr. Lysbeth Regina Pandjaitan beserta seluruh jajaran Dinas Kesehatan lainnya. Di lain pihak, hadir pula Ketua TP PKK Provinsi Suni Sigit, Ketua IV Bidang KKL PKK Provinsi DKI Jakarta Nuraini, Pokja IV TP PKK Provinsi, PKK Tk Kota dan jajaran pejabat di kecamatan dan kelurahan setempat.

Kegiatan ini mengangkat tema “Cegah Stunting dengan Protein Hewani” yang pelaksanaannya dimulai dari pertengahan Bulan Januari 2023. Tidak hanya itu, kegiatan perayaan HGN ini menggunakan slogan atau tagline   “Protein Hewani Setiap Makan” dan “Isi Piringku Kaya Protein Hewani”.

Menurut Kepala Dinas Kesehatan Provinsi DKI Jakarta dr. Widyastuti, MKM., peringatan HGN Tahun 2023 merupakan momentum penting dalam menggalang kepedulian dan meningkatkan komitmen dari berbagai pihak untuk bersama melakukan pencegahan stunting khususnya di wilayah DKI Jakarta.

Stunting dapat dicegah dengan melakukan edukasi gizi isi piringku kaya protein hewani pada ibu hamil, ibu menyusui, ibu balita, remaja dan pemberian tablet tambah darah pada remaja putri. Hal ini juga  dapat mendorong percepatan pencapaian RPJMN Tahun 2024 bidang kesehatan yaitu penurunan prevalensi stunting dan wasting,” pungkas dr. Widyastuti, MKM.,

Lebih lanjut, Widyastuti menjelaskan bahwa selama beberapa pekan kedepan, Dinas Kesehatan Provinsi DKI Jakarta akan melaksanakan Sosialisasi Campak Rubella dan Operasi Timbang bagi kader di Provinsi DKI Jakarta, melaksanakan rapat koordinasi pelaksanaan Posyandu di PAUD dan TK dengan Dinas Pendidikan dan Organisasi Profesi Guru PAUD dan Taman Kanak-Kanak. 

“Untuk memperingati HGN ini, diharapkan Kepala Suku Dinas Kesehatan di 6 wilayah Kota/Kabupaten Administrasi,  Direktur Rumah Sakit dan Kepala Puskesmas dapat melaksanakan kegiatan-kegiatan yang merupakan aksi nyata tenaga kesehatan dengan dukungan partisipasi masyarakat, lintas sektor terkait, kemitraan dengan swasta,” tambah Widyastuti.

Selain itu, akan digelar pula pelaksanaan kampanye tentang pentingnya protein hewani untuk pencegahan stunting berupa penyuluhan, sosialisasi, dan/atau kegiatan lainnya yang disesuaikan dengan anggaran, kondisi dan kebutuhan masing-masing instansi. [RH]

Kembali

Dinas Kesehatan Provinsi DKI Jakarta

Jl. Kesehatan No 10
Petojo Selatan, Kecamatan Gambir, Kota Jakarta Pusat,
DKI Jakarta 10160

    Kontak

  • +62213451338
    (Senin - Kamis 08:00 - 16.00 WIB)
    (Jum'at 08:00 - 16.30)

    +62 822-1388-8006 (Hotline)
    (Senin - Kamis 08:00 - 16.00 WIB)
    (Jum'at 08:00 - 16.30)

    dinkes@jakarta.go.id

Media Sosial

   Sitemap