blog-img-10

Keterangan : Puskesmas Kemayoran Raih Penghargaan dari BPJS Kesehatan

Posted by : Administrator

Puskesmas Kemayoran Raih Penghargaan dari BPJS Kesehatan

Puskesmas Kecamatan Kemayoran meraih juara kedua dalam Penilaian FKTP Berkomitmen Oleh BPJS Tahun 2022, Rabu [19/10]. Piagam penghargaan dan hadiah diserahkan oleh Kepala BPJS Kesehatan Cabang Jakarta Pusat, dr Herman Dinata Mihardja, AAAK kepada Kepala Puskesmas Kecamatan Kemayoran dr. Debby Permatasari, Jumat [28/10] di sela-sela peresmian Pos Kesehatan Rusunawa Karang Anyar, Sawah Besar, Jakarta Pusat.

Kepala Puskesmas Kecamatan Kemayoran, dr. Debby Permatasari mengungkapkan, Setiap bulannya Puskesmas dinilai dalam capaian kapitasi berbasis kinerja sesuai peraturan BPJS Kesehatan No 7 Tahun 2019 berupa capaian kontak sehat dan sakit yang dilayani, capaian rasio rujukan non spesialis dan capaian pengendalian penyakit tidak menular terutama diabetes melitus dan hipertensi.

“Selama tahun berjalan BPJS juga menilai profil Puskesmas, profil SDM Puskesmas serta rasio rujukan secara keseluruhan (bukan hanya rujukan non spesialistik), serta bagaimana implementasi kinerja Puskesmas dalam menangani keluhan pelanggan, penggunaan aplikasi JKN mobile dalam pendaftaran ,dan bagaimana implementasi Puskesmas dalam menskrining kesehatan pesertanya,” ungkap dr. Debby Permatasari.

Untuk mendapatkan predikat sebagai fasilitas kesehatan paling berkomitmen dalam terhadap mutu pelayanan, dr. Debby menjabarkan kiat strategi yang dilakukan oleh pihaknya, seperti peningkatan kompetensi SDM Puskesmas sesuai levelnya sehingga penyakit yang diatur dalam peraturan BPJS dan Kementerian Kesehatan,  masuk kategori harus dikerjakan di Puskesmas bisa dikerjakan tanpa perlu dirujuk. Kemudian Pembentukan team kelompok bidang keahlian dan juga membentuk team respon cepat tanggap keluhan.

“Selain itu kami juga memperbanyak dan memfasilitasi semua inovasi yang diajukan SDM dari PKM, melakukan evaluasi perbulan capaian KBK bersama seluruh Kasatpel Kelurahan. Kemudian kami juga meningkatkan implementasi pelayanan sesuai dengan nilai nilai hospitality yang ditanamkan Dinas Kesehatan dan Sudinkes  Jakarta Pusat serta Koordinasi lintas sektor yang ditingkatkan semaksimal mungkin untuk mengendalikan penyakit menular dan tidak menular,” papar dr. Debby Permatasari.

Di bulan September 2022, BPJS Kesehatan tingkat Kota Jakarta Pusat memberitahukan kepada Puskesmas Kecamatan Kemayoran, bahwa berdasarkan penilaian FKTP berkomitmen dalam pelayanan JKN tahun 2022, Puskesmas Kecamatan Kemayoran dinilai terbaik dan diminta paparan mewakili Jakarta Pusat dalam paparan tingkat Jabodetabek. Setelah pemaparan tahap 1 berlangsung Puskesmas Kecamatan Kemayoran dinilai terbaik tingkat deputi kewilayahan Jabodetabek. Setelah itu 11 deputi kewilayahan mengirimkan paparan pesertanya dan peninjauan lapangan. Dari 11 deputi kewilayahan dipilih 3 besar tingkat nasional salah satunya Puskesmas kecamatan kemayoran.

“Terima kasih banyak  atas kerja keras Tim Puskesmas Kecamatan Kemayoran dan dukungan serta binaan Walikota Jakarta Pusat, Dinas Kesehatan Provinsi DKI Jakarta dan Sudinkes Kota Jakarta Pusat sehingga Puskesmas Kemayoran mendapatkan kategori terbaik kedua dalam Penilaian FKTP Berkomitmen Tingkat Nasional Kategori Puskesmas oleh BPJS,” tutup dr. Debby Permatasari.[hms]

 

 

Kembali

Dinas Kesehatan Provinsi DKI Jakarta

Jl. Kesehatan No 10
Petojo Selatan, Kecamatan Gambir, Kota Jakarta Pusat,
DKI Jakarta 10160

    Kontak

  • +62213451338
    (Senin - Kamis 08:00 - 16.00 WIB)
    (Jum'at 08:00 - 16.30)

    +62 822-1388-8006 (Hotline)
    (Senin - Kamis 08:00 - 16.00 WIB)
    (Jum'at 08:00 - 16.30)

    dinkes@jakarta.go.id

Media Sosial

   Sitemap