blog-img-10

Keterangan : Plt. Kepala Dinas Kesehatan Provinsi DKI Jakarta Hadiri Penyuluhan Pencegahan Penyalahgunaan Narkoba dan Literasi Digital bagi Pelajar DKI Jakarta

Posted by : Administrator

Plt. Kepala Dinas Kesehatan Provinsi DKI Jakarta Hadiri Penyuluhan Pencegahan Penyalahgunaan Narkoba dan Literasi Digital bagi Pelajar DKI Jakarta

Jakarta, 28 Agustus 2023 - Plt. Kepala Dinas Kesehatan Provinsi DKI Jakarta menghadiri Penyuluhan Pencegahan Penyalahgunaan Narkoba dan Literasi Digital angkatan tiga bagi pelajar DKI Jakarta di Auditorium BPSDM Kemendagri, Kalibata, Jakarta Selatan, pada Senin (28/8). Agenda ini digelar oleh Tim Penggerak Pemberdayaan dan Kesejahteraan Keluarga (TP PKK) DKI Jakarta dan Tim Penggerak Pemberdayaan dan Kesejahteraan Keluarga (TP PKK) Pusat serta didukung oleh Dinas Kesehatan Provinsi DKI Jakarta.

Kegiatan ini dibuka dengan pemukulan gong oleh Sekretaris Daerah (Sekda) Provinsi DKI Jakarta, Joko Agus Setyono dan dihadiri oleh Asisten Kesejahteraan Rakyat (Askesra) Sekda Provinsi DKI Jakarta, Widyastuti, Plt. Kepala Dinas Kesehatan Provinsi DKI Jakarta, Ani Ruspitawati serta Pj. Ketua TP PKK DKI, Mirdiyanti Heru. Sebanyak 500 peserta yang berasal dari pelajar setingkat SMA se-DKI Jakarta juga hadir mengikuti penyuluhan tersebut. Kemudian, agenda dilanjutkan dengan deklarasi anti penyalahgunaan narkoba oleh 30 perwakilan pelajar yang hadir.

Sekda Provinsi DKI Jakarta, Joko Agus Setyono mengatakan, atas nama Pemerintah Provinsi DKI Jakarta dirinya mengucapkan terima kasih dan memberikan apresiasi setinggi-tingginya atas terselenggaranya kegiatan tersebut. Beliau berharap generasi penerus akan menjadi generasi yang sehat dan berguna bagi bangsa dan negara.

"Remaja saat ini merupakan agent of change, pengetahuan yang diperoleh ini diharapkan dapat  memperkuat para peserta remaja untuk dengan tegas menolak narkoba. Oleh karena itu, melalui kegiatan penyuluhan ini besar harapan kami, para peserta memperoleh pengetahuan pemahaman dan kesadaran akan bahaya narkoba dan dampaknya," ungkap Joko. 

Pada kesempatan yang sama, Pj. Ketua TP PKK DKI, Mirdiyanti Heru menjelaskan,  penyelenggaraan kegiatan ini bertujuan sebagai sarana menanamkan jiwa positif dan membentuk remaja berkualitas yang mampu menjadi generasi penerus dan pejuang bangsa serta memahami betapa bahayanya penyalahgunaan narkoba bagi masa depan mereka. "Selain itu, kita juga ingin meningkatkan nilai-nilai pengetahuan teknologi digital para remaja agar anak-anak kalian lebih produktif dalam memanfaatkan kemajuan teknologi" ujar Mirdiyanti.

Sementara itu, Plt. Kepala Dinas Kesehatan Provinsi DKI Jakarta, Ani Ruspitawati menjelaskan, penyalahgunaan narkoba saat ini masih menjadi isu besar secara nasional dan tingkat dunia, Tahun 2022 dalam Indonesian Drug Report BNN melaporkan sekitar 3,01% penduduk perkotaan usia 15 s.d 44 tahun pernah menggunakan NAPZA dan sekitar 2,23% menggunakan NAPZA dalam 1 Tahun terakhir. Angka estimasi ini naik dari 2 tahun sebelumnya yaitu tahun 2019, sebanyak 2,50% pernah pakai dan 1.90 menggunakan NAPZA dalam setahun terakhir sehingga Dinas Kesehatan terus berupaya mendukung kegiatan penyuluhan pencegahan penyalahgunaan narkoba dengan berkolaborasi dengan Badan Narkotika Nasional.

"Kami berharap pemahaman yang akan diberikan di forum ini menjadi forum penyebaran kebaikan serta forum edukasi tentang pentingnya menjaga kesehatan bagi generasi penerus kita, salah satunya dengan penyuluhan anti penyalahgunaan narkoba dan tentunya edukasi literasi digital di sekolah. (kegiatan) ini juga dapat menambah wawasan para remaja, utamanya para pelajar terhadap bahaya penyalahgunaan narkoba agar remaja Indonesia utamanya di wilayah DKI Jakarta terbebas dari bahaya narkoba yang dapat menyerang fisik dan mental anak-anak,” pungkas Ani Ruspitawati.

Tidak hanya itu, dalam kesempatan ini, Dinas Kesehatan Provinsi DKI Jakarta juga turut mendukung penuh kepedulian terkait kesehatan remaja, salah satunya dengan menyediakan tenaga kesehatan mulai dari dokter umum, dokter gigi, perawat, petugas promosi kesehatan, petugas kesehatan kesehatan lingkungan untuk menggelar skrining kesehatan serta melakukan skrining kesehatan menggunakan Co Analyzer untuk mengukur kadar CO (karbon monoksida) melalui pernapasan yang ditujukan kepada seluruh siswa-siswi yang hadir di acara tersebut. [RH]

 

Sukses Jakarta untuk Indonesia!

Kembali

Dinas Kesehatan Provinsi DKI Jakarta

Jl. Kesehatan No 10
Petojo Selatan, Kecamatan Gambir, Kota Jakarta Pusat,
DKI Jakarta 10160

    Kontak

  • +62213451338
    (Senin - Kamis 08:00 - 16.00 WIB)
    (Jum'at 08:00 - 16.30)

    +62 822-1388-8006 (Hotline)
    (Senin - Kamis 08:00 - 16.00 WIB)
    (Jum'at 08:00 - 16.30)

    dinkes@jakarta.go.id

Media Sosial

   Sitemap