blog-img-10

Keterangan : Plt Kepala Dinas Kesehatan Provinsi DKI Jakarta Dampingi Pj. Gubernur DKI Jakarta Mengunjungi Korban Kebakaran Kapuk Muara untuk Memastikan Kebutuhan Pelayanan Kesehatan Terpenuhi dengan Baik

Posted by : Administrator

Plt Kepala Dinas Kesehatan Provinsi DKI Jakarta Dampingi Pj. Gubernur DKI Jakarta Mengunjungi Korban Kebakaran Kapuk Muara untuk Memastikan Kebutuhan Pelayanan Kesehatan Terpenuhi dengan Baik

Jakarta, 4 Agustus 2023- Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Dinas Kesehatan Provinsi DKI Jakarta Ani Ruspitawati mendampingi Penjabat (Pj.) Gubernur DKI Jakarta Heru Budi Hartono untuk mengunjungi lokasi pengungsian korban kebakaran Kelurahan Kapuk Muara di kantor Kelurahan Kapuk Muara, Kecamatan Penjaringan, Jakarta Utara, Jumat (4/8). 

Pemerintah Provinsi DKI Jakarta bersama beberapa pihak lainnya memberikan bantuan sekaligus memastikan kebutuhan seluruh korban kebakaran terpenuhi dengan baik. Setibanya di lokasi, Plt Kepala Dinas Kesehatan bersama Pj. Gubernur mendatangi posko kesehatan, posko pendistribusian bantuan, dapur umum, termasuk layanan psikososial di lokasi pengungsian di area tersebut.

Menurut Pj. Gubernur DKI Jakarta Heru Budi Hartono mengatakan bahwa jajarannya terus bersinergi lintas Perangkat Daerah (PD) DKI Jakarta, dalam penanganan korban kebakaran. “Mulai dari Dinas Kesehatan Provinsi DKI Jakarta bersama jajarannya yang menyiapkan kebutuhan layanan darurat di bidang kesehatan dengan menyediakan posko kesehatan. Kemudian, Dinas Sosial dan Dinas Pemberdayaan, Perlindungan Anak, dan Pengendalian Penduduk (PPAPP) DKI Jakarta yang bekerja sama untuk memberikan bantuan baik secara material maupun dukungan psikososial kepada anak-anak penyintas, hingga Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil yang membuka posko layanan administrasi kependudukan (adminduk),” ujarnya.

Plt Kepala Dinas Kesehatan Provinsi DKI Jakarta Ani Ruspitawati menjelaskan pihaknya membuka posko kesehatan di lokasi pengungsian dalam rangka mendekatkan layanan kepada para penyintas. Dinas Kesehatan mencatat jumlah pasien sebanyak 279 orang (update per tanggal 4 Agustus 2023, pukul 21.00 WIB). Sedangkan yang dirujuk ke RSUD Cengkareng sebanyak 1 orang yaitu terkait Tuberkulosis (TB).

"Kehadiran Dinas Kesehatan Provinsi DKI Jakarta di sini untuk memberikan perhatian dan empati kepada masyarakat korban kebakaran yang terjadi pada empat hari lalu. Kami juga ingin memastikan layanan kesehatan dan kondisi kesehatan pengungsi terpantau dengan baik melalui posko kesehatan yang disediakan. Kami juga mengapresiasi tindak cepat Suku Dinas Kesehatan Jakarta Utara dan Puskesmas Kecamatan se-Jakarta Utara yang bergantian menyediakan dokter dan perawat untuk berjaga di Posko Kesehatan tersebut." ungkap Plt Kepala Dinas Kesehatan.

Ani Ruspitawati menegaskan, pihaknya berupaya semaksimal mungkin untuk menyediakan pelayanan kesehatan kepada korban kebakaran yang tersebar di lokasi pengungsian, khususnya terkait kesehatan baik fisik maupun mental. "Dinas Kesehatan beserta jajaran memberikan perhatian khusus kepada balita, anak-anak dan lansia yang tergolong rentan  dengan gangguan kesehatan. Untuk itu, dukungan pelayanan kesehatan terus berlangsung hingga saat ini, seperti memberikan trauma healing, bantuan skrining kesehatan di posko kesehatan serta memberikan rujukan apabila ada pengungsi yang membutuhkan layanan tersebut," tegas Ani. 

Selain itu, dukungan ambulans-ambulans yang diberikan Unit Pelaksana Teknis (UPT) Pusat Krisis dan Kegawatdaruratan Kesehatan Daerah (PK3D) Dinas Kesehatan Provinsi DKI Jakarta juga terus bersiaga di sekitar lokasi pengungsian."Kami terus berkomitmen memberikan pelayanan kesehatan yang terbaik. Harapannya, semoga bantuan layanan kesehatan yang diberikan Dinas Kesehatan beserta jajaran dapat mencukupi kebutuhan di lokasi pengungsian dan mampu meringankan beban korban terdampak.” tutup Ani Ruspitawati. [RH]

Kembali

Dinas Kesehatan Provinsi DKI Jakarta

Jl. Kesehatan No 10
Petojo Selatan, Kecamatan Gambir, Kota Jakarta Pusat,
DKI Jakarta 10160

    Kontak

  • +62213451338
    (Senin - Kamis 08:00 - 16.00 WIB)
    (Jum'at 08:00 - 16.30)

    +62 822-1388-8006 (Hotline)
    (Senin - Kamis 08:00 - 16.00 WIB)
    (Jum'at 08:00 - 16.30)

    dinkes@jakarta.go.id

Media Sosial

   Sitemap