blog-img-10

Keterangan : Plt. Kepala Dinas Kesehatan Bersama Menkes RI mendampingi Menteri Luar Negeri Australia Kunjungi Layanan Puskesmas Kecamatan Setiabudi

Posted by : Administrator

Plt. Kepala Dinas Kesehatan Bersama Menkes RI mendampingi Menteri Luar Negeri Australia Kunjungi Layanan Puskesmas Kecamatan Setiabudi

Jakarta, 12 Juli 2023- Plt. Kepala Dinas Kesehatan Provinsi DKI Jakarta, Ani Ruspitawati bersama Menteri Kesehatan RI, Budi Gunadi Sadikin menerima kunjungan dari Menteri Luar Negeri Australia, Penny Wong di Puskesmas Kecamatan Setiabudi, Jakarta Selatan yang dilaksanakan pada Rabu (12/7). 

Kunjungan ini bertujuan untuk melihat secara langsung pelayanan kesehatan dasar di Puskesmas Kecamatan Setiabudi, salah satunya layanan imunisasi dasar rutin pada anak. Dalam pertemuan tersebut, Menkes RI dan Plt Kepala Dinas Kesehatan bersama Menlu Australia juga berbincang mengenai sistem pencatatan Imunisasi digital melalui Aplikasi Sehat IndonesiaKu (ASIK). 

Menkes RI Budi menjelaskan bahwa ASIK merupakan sebuah aplikasi mobile yang dikembangkan dan diperuntukkan untuk pencatatan berbasis individu pada layanan kesehatan primer. “Hingga saat ini, ASIK telah mengampu pencatatan untuk kegiatan imunisasi rutin, skrining penyakit tidak menular, dan pemantauan gizi bayi dan balita untuk pencegahan stunting. Per 20 Juni 2023, ASIK telah digunakan di 96.2% (9,987) Puskesmas di seluruh Indonesia untuk pencatatan imunisasi dan pencatatan skrining penyakit tidak menular," ujar Budi.

Dalam agenda tersebut, kedua menteri turut membahas kerja sama bidang kesehatan yang telah dilakukan oleh kedua negara. Menkes berterima kasih dan mengapresiasi Pemerintah Australia yang telah memberi dukungan dan bantuan yang sangat berarti kepada Pemerintah Indonesia. “Dalam kurun waktu 8 tahun terhitung sejak tahun 2019-2027, Pemerintah Australia akan memberikan bantuan total sekitar AUD 100 juta yang disalurkan melalui DFAT (Departement of Foreign Affairs and Trade). Bantuan tersebut telah digunakan untuk peningkatan berbagai layanan kesehatan mulai dari layanan primer, sekunder hingga tersier,” ungkap Menkes Budi.

Pada saat yang sama, Plt. Kepala Dinas Kesehatan, Ani Ruspitawati juga menyampaikan ucapan terima kasih dan apresiasinya kepada pemerintah Australia dan Kementerian Kesehatan RI. Beliau berharap kerja sama yang telah berjalan dapat terus meningkat dan semakin kuat untuk pembangunan kesehatan di Indonesia, termasuk secara khusus di wilayah Jakarta.

“Dinas Kesehatan Provinsi DKI Jakarta mengapresiasi semua dukungan yang telah diberikan oleh Pemerintah Australia dalam peningkatan sistem kesehatan di Jakarta, kedepan kami berharap hubungan baik ini bisa terus berlanjut,” pungkas Ani.

Di lain pihak, Menteri Luar Negeri Australia juga turut memberikan apresiasi atas kerjasama antara Indonesia dan Australia di bidang kesehatan. “Indonesia adalah mitra utama dalam kesehatan global dan regional. Saya senang mendapat kesempatan untuk melihat sistem kesehatan Indonesia secara langsung hari ini, termasuk bagaimana kita bekerja sama meningkatkan pencatatan imunisasi untuk anak-anak secara digital,” ungkap Menlu Australia.

Kembali

Dinas Kesehatan Provinsi DKI Jakarta

Jl. Kesehatan No 10
Petojo Selatan, Kecamatan Gambir, Kota Jakarta Pusat,
DKI Jakarta 10160

    Kontak

  • +62213451338
    (Senin - Kamis 08:00 - 16.00 WIB)
    (Jum'at 08:00 - 16.30)

    +62 822-1388-8006 (Hotline)
    (Senin - Kamis 08:00 - 16.00 WIB)
    (Jum'at 08:00 - 16.30)

    dinkes@jakarta.go.id

Media Sosial

   Sitemap