blog-img-10

Keterangan : Menteri Kesehatan Republik Indonesia Berkunjung ke RPTRA Kembangan Jakarta dalam Acara Puncak Peringatan Hari Gizi Nasional 2023

Posted by : Administrator

Menteri Kesehatan Republik Indonesia Berkunjung ke RPTRA Kembangan Jakarta dalam Acara Puncak Peringatan Hari Gizi Nasional 2023

Jakarta, 25 Januari 2023 - Menteri Kesehatan Republik Indonesia Budi Gunadi Sadikin, menghadiri acara puncak Hari Gizi Nasional (HGN) 2023 yang diselenggarakan di Ruang Publik Terpadu Anak (RPTRA) Kembangan Jakarta Barat, pada Rabu (25/1). Acara ini mengusung tema Protein Hewani Cegah Stunting dengan slogan “Protein Hewani Setiap Makan” dan “Isi Piringku Kaya Protein Hewani” dan selanjutnya diikuti dengan kegiatan Launching Isi Piringku untuk Ibu Hamil, Ibu Menyusui dan Balita.

Selain Menteri Kesehatan RI, agenda ini juga dihadiri oleh Sekretaris Jenderal Kementerian Kesehatan RI Kunta Wibawa Dasa Nugraha, Direktur Jenderal Kesehatan Masyarakat Kemkes RI Maria Endang Sumiwi, Walikota Jakarta Barat Yani Wahyu Purwoko, Perwakilan Menko PMK Republik Indonesia, Perwakilan Pemerintah Provinsi DKI Jakarta, Perwakilan Dinas Kesehatan Provinsi DKI Jakarta dan Perwakilan dari Persatuan Ahli Gizi (PERRSAGI).

Menurut Menteri Kesehatan Republik Indonesia Budi Gunadi Sadikin, cara terbaik untuk mencegah stunting itu dengan menjaga gizi ibu saat hamil. Karena salah satu faktor risiko terbesar bayi stunting disebabkan oleh gizi ibu saat hamil. Oleh sebab itu, kita perlu memperhatikan kondisi ibu hamil agar tidak kekurangan gizi dan zat besi selama masa kehamilan.

“Titik yang paling rawan stunting itu ketika enam bulan kelahiran. Karena pada saat itu, bayi sedang membutuhkan banyak makanan tambahan. Jika makanan tambahannya kurang protein hewani, maka kecenderungannya anak bisa terkena stunting akan lebih tinggi. Untuk itu, pastikan bayi telah terpenuhi makanan yang mengandung protein hewani seperti ikan dan ayam,” pungkas Menkes Budi.   

Pada kesempatan yang sama, Direktur Jenderal Kesehatan Masyarakat Kemkes RI Maria Endang Sumiwi menjelaskan bahwa kegiatan ini bertujuan menyebarluaskan informasi dan promosi kepada masyarakat tentang pentingnya gizi ibu hamil, ibu menyusui, dan balita yang kaya protein hewani sehingga masyarakat memiliki perilaku konsumsi yang kaya protein hewani dalam rangka percepatan penurunan stunting.

“Terima kasih kepada seluruh stakeholder, akademisi, dunia usaha, LSM, para ibu dan balita yang biasa datang ke Posyandu serta para kader Posyandu Kembangan Jakarta Barat yang sangat antusias mengikuti kegiatan ini. Kami berharap pemerintah, baik sektor kesehatan maupun non-kesehatan di tingkat provinsi, kabupaten/kota serta swasta dapat terus meningkatkan komitmennya dalam rangka kampanye protein hewani cegah stunting,” ujar Maria.

Tidak hanya itu, setelah pelaksanaan launching dan kegiatan posyandu selesai, acara berlanjut ke demo masak bersama Chef Tasya dari Masak TV. Sebelumnya, telah dilakukan pula temu media bersama beberapa organisasi profesi dokter, radio talkshow “Protein Hewani Cegah Stunting”, dan pertemuan koordinasi percepatan penurunan stunting melalui kampanye protein hewani.

“Semoga dengan adanya acara ini, kita dapat memulai perubahan konsumsi dan prioritasi rumah tangga untuk menomorsatukan gizi ibu hamil, gizi ibu menyusui, dan gizi ibu balita untuk memenuhi kecukupan protein hewani di dalam rumah tangga,” tutup Maria. [RH]

Kembali

Dinas Kesehatan Provinsi DKI Jakarta

Jl. Kesehatan No 10
Petojo Selatan, Kecamatan Gambir, Kota Jakarta Pusat,
DKI Jakarta 10160

    Kontak

  • +62213451338
    (Senin - Kamis 08:00 - 16.00 WIB)
    (Jum'at 08:00 - 16.30)

    +62 822-1388-8006 (Hotline)
    (Senin - Kamis 08:00 - 16.00 WIB)
    (Jum'at 08:00 - 16.30)

    dinkes@jakarta.go.id

Media Sosial

   Sitemap