blog-img-10

Keterangan : Kepala Dinas Kesehatan Provinsi DKI Jakarta Dampingi  Pj Gubernur DKI Jakarta Tinjau Kondisi Anak Stunting di RPTRA Cilincing

Posted by : Administrator

Kepala Dinas Kesehatan Provinsi DKI Jakarta Dampingi  Pj Gubernur DKI Jakarta Tinjau Kondisi Anak Stunting di RPTRA Cilincing

Jakarta, 31 Januari 2023 - Kepala Dinas Kesehatan Provinsi DKI Jakarta mendampingi Penjabat (Pj) Gubernur DKI Jakarta Heru Budi Hartono untuk meninjau kondisi anak pengidap stunting di Ruang Publik Terpadu Ramah Anak (RPTRA) Triputra Persada Hijau, Cilincing, Jakarta Utara, Selasa (31/1). Agenda tersebut juga dihadiri oleh Walikota Kota Administrasi Jakarta Utara Ali Maulana Hakim, Kepala Suku Dinas Kesehatan Kota Administrasi Jakarta Utara Lysbeth Regina Pandjaitan beserta jajaran Dinas Kesehatan serta Lintas Sektor terkait.

Menurut Pj Gubernur DKI Jakarta Heru Budi Hartono, anak yang rawan terserang stunting di kawasan Cilincing tercatat hingga ratusan anak-anak. Namun, dengan adanya kontribusi nyata dan kolaborasi dari seluruh stakeholder sehingga menunjukkan keberhasilan yang nyata.

“Terima kasih kepada kepala Dinas Kesehatan, Walikota Administrasi Jakarta Utara dan Kader terkait. Melalui program Semper Barat Cegah Stunting Balita (SEBAR CINTA) kita bisa terus mengurangi jumlah anak yang rawan terkena stunting,” ungkap Heru.

Lebih lanjut, Pj Gubernur Heru berpesan kepada orang tua agar selalu menjaga kesehatan anak dan meningkatkan pengetahuan dalam merawat anak terkait dengan gizi makanan, serta memastikan ibu bayi untuk tetap menjaga kesehatan dirinya masing-masing.

Kepala Dinas Kesehatan Provinsi DKI Jakarta Widyastuti menegaskan bahwa jajaran Dinas Kesehatan selalu berkomitmen untuk mendukung Pemerintah Provinsi DKI Jakarta dalam menangani berbagai permasalahan di bidang kesehatan, salah satunya terkait dengan stunting di Provinsi DKI Jakarta. Ini dibuktikan melalui Puskesmas Kecamatan Cilincing khususnya Wilayah Semper Barat di Posyandu Anggrek 1 yang telah melaksanakan program SEBAR CINTA sejak bulan Juli 2022. 

“Terdapat 50 kader relawan yang bertugas menjadi pendamping keluarga balita stunted. Kegiatan rutin berjalan setiap hari selasa dengan rangkaian kegiatan pemantauan pertumbuhan, edukasi kesehatan, pemberian  Pemberian Makanan Tambahan (PMT) tinggi protein dan pembinaan kepada keluarga balita stunted. Kader relawan juga mendapatkan pembinaan pembibitan dan ternak lele oleh CSR FOI (Foodbank of Indonesia),” pungkas Widyastuti.

Selain itu, kegiatan lain yang dilaksanakan di RPTRA Triputra Persada Hijau Cilincing di antaranya pemantauan pertumbuhan bayi, PMT untuk balita posyandu dan PMT tinggi ptotein bagi balita stunting, layanan kesehatan berupa imunisasi dan konseling Gizi dan Stimulasi, Deteksi dan Intervensi Dini Tumbuh Kembang Anak (SDIDTK). Tidak ketinggalan, ada pula kegiatan Pos Pembinaan Terpadu (Posbindu) serta pelayanan vaksinasi Covid-19. [RH]

Kembali

Dinas Kesehatan Provinsi DKI Jakarta

Jl. Kesehatan No 10
Petojo Selatan, Kecamatan Gambir, Kota Jakarta Pusat,
DKI Jakarta 10160

    Kontak

  • +62213451338
    (Senin - Kamis 08:00 - 16.00 WIB)
    (Jum'at 08:00 - 16.30)

    +62 822-1388-8006 (Hotline)
    (Senin - Kamis 08:00 - 16.00 WIB)
    (Jum'at 08:00 - 16.30)

    dinkes@jakarta.go.id

Media Sosial

   Sitemap