blog-img-10

Keterangan : Kecamatan Cempaka Putih Deklarasikan 100% Pilar Pertama Indikator STBM

Posted by : Administrator

Kecamatan Cempaka Putih Deklarasikan 100% Pilar Pertama Indikator STBM

Jakarta, 27 Januari 2023 - Kecamatan Cempaka Putih berhasil mendeklarasikan 100% pilar pertama indikator Sanitasi Total Berbasis Masyarakat (STBM) yaitu Stop Buang Air Besar Sembarangan/Open Defecation Free (ODF) pada Jumat, (27/1) yang bertempat di Balai Rakyat RW 04 Rawasari. Kecamatan tersebut merupakan kecamatan pertama di DKI Jakarta yang telah berhasil mendeklarasikan Open Defecation Free (ODF) atau stop buang air besar sembarangan.

Direktur Penyehatan Lingkungan Kementerian Kesehatan RI, Walikota Kota Administrasi Jakarta Pusat, Kepala Suku Dinas Kesehatan Jakarta Pusat dr.Rismasari, MARS, Camat Kecamatan Cempaka Putih Fauzi turut hadir dalam agenda tersebut. Acara Deklarasi ODF ini diawali dengan kegiatan senam bersama warga masyarakat dan kader kesehatan.

Menurut Walikota Jakarta Pusat Dhany Sukma, keberhasilan Kecamatan Cempaka Putih bebas ODF berkat semangat kolaborasi yang dilakukan berbagai stakeholder dan masyarakat.

“Selamat kepada Kecamatan Cempaka Putih yang telah berhasil mendeklarasikan Open Defecation Free (ODF),” ucap Dhany.

Pada kesempatan yang sama, Direktur Penyehatan Lingkungan Kementerian Kesehatan Republik Indonesia Anas Ma'ruf juga mengajak seluruh sektor untuk menyelesaikan masalah ODF di DKI Jakarta yang merupakan ibu kota negara dan pusat bisnis nasional, sehingga menjadi barometer bebas ODF.

“Deklarasi ODF pertama di Cempaka Putih telah terlaksana di Kelurahan Cempaka Putih Timur pada 14 Agustus 2019, kemudian disusul dengan Kelurahan Rawasari dan Kelurahan Cempaka Putih Barat pada 30 Desember 2022,” pungkas Anas.

Selain itu, ada pula pembacaan deklarasi ODF yang dibacakan oleh Camat Cempaka Putih Fauzi dan diikuti oleh seluruh masyarakat Cempaka Putih beserta segenap jajaran lintas sektoral perwakilan yang hadir. Hal ini dilakukan sebagai komitmen mendukung pelaksanaan Sanitasi Total Berbasis Masyarakat (STBM) secara berkelanjutan di Wilayah Kecamatan Cempaka Putih. [RH]

Kembali

Dinas Kesehatan Provinsi DKI Jakarta

Jl. Kesehatan No 10
Petojo Selatan, Kecamatan Gambir, Kota Jakarta Pusat,
DKI Jakarta 10160

    Kontak

  • +62213451338
    (Senin - Kamis 08:00 - 16.00 WIB)
    (Jum'at 08:00 - 16.30)

    +62 822-1388-8006 (Hotline)
    (Senin - Kamis 08:00 - 16.00 WIB)
    (Jum'at 08:00 - 16.30)

    dinkes@jakarta.go.id

Media Sosial

   Sitemap