blog-img-10

Keterangan : Gelar Challenge Downgrade Ukuran Bajumu Berani, Dinas Kesehatan Provinsi DKI Jakarta Terus Berkomitmen Menyukseskan Pembudayaan GERMAS

Posted by : Administrator

Gelar Challenge Downgrade Ukuran Bajumu Berani, Dinas Kesehatan Provinsi DKI Jakarta Terus Berkomitmen Menyukseskan Pembudayaan GERMAS

Jakarta, 17 Maret 2023 - Dinas Kesehatan Provinsi DKI Jakarta terus berkomitmen dalam melaksanakan pemeriksaan faktor risiko Penyakit Tidak Menular (PTM) dan pengukuran kebugaran di Lingkungan Dinas Kesehatan Provinsi DKI Jakarta, Jumat (17/3). Kegiatan ini merupakan salah satu program Dinas Kesehatan Provinsi DKI Jakarta dalam rangka Pembudayaan Gerakan Masyarakat Hidup Sehat (GERMAS) melalui Gerakan Berantas Obesitas (GENTAS) yang mengusung tema “Challenge Downgrade Ukuran Bajumu. Berani!!!”. Bersamaan dengan soft launching kegiatan GENTAS, dilaksanakan juga senam kebugaran jasmani di sekitar area gedung Dinas Kesehatan.

Menurut Kepala Bidang Pencegahan dan Pengendalian Penyakit (P2P) Dinas Kesehatan Provinsi DKI Jakarta Dwi Oktavia, program ini terselenggara atas inisiasi Bidang Pencegahan dan Pengendalian Penyakit (P2P) yang berkolaborasi dengan Bidang Kesehatan Masyarakat (Kesmas) sebagai bukti Dinas Kesehatan Provinsi DKI Jakarta tidak hanya berbicara tetapi juga menjadi yang terdepan dalam Pencegahan dan Pengendalian PTM dan pengimplementasian Budaya GERMAS.

"Challenge ini akan kita buat secara terukur dan diharapkan akan banyak pesertanya. Sebagai tahap awal, kegiatan ini kita mulai dari jajaran Dinas Kesehatan terlebih dahulu, yang kemudian harapannya bisa diteruskan ke komunitas-komunitas yang ada di luar Dinas Kesehatan," ungkap Dwi Oktavia. 

Kepala Dinas Kesehatan Provinsi DKI Jakarta Widyastuti menjelaskan bahwa kegiatan ini bukan hanya sekedar tantangan untuk mengubah ukuran baju saja melainkan bagaimana memperbaiki kualitas hidup agar lebih sehat. “Terkait dengan program ini, saya berharap agar Dinas Kesehatan Provinsi DKI Jakarta terus menjaga konsistensinya dalam memberikan contoh kepada Perangkat Daerah lain agar mengedepankan pola dan gaya hidup sehat dalam kehidupan sehari-hari,”  tutur Widyastuti.

Lebih lanjut, Widyastuti menambahkan bahwa cara menurunkan ukuran baju juga tidak boleh terlalu drastis, jadi tetap harus step by step karena jika terlalu drastis bisa mengganggu kesehatan tubuh. Beliau juga memberikan tantangan bagi seluruh peserta agar setelah lebaran segera mencoba cek kembali ukuran baju masing-masing agar mengetahui apakah ada perubahan sebelum dan sesudah challenge ini. 

“Ke depannya, jika kampanye ini sukses dilaksanakan di lingkungan Dinas Kesehatan Provinsi DKI Jakarta, selanjutnya kita akan coba rencanakan Perangkat Daerah lainnya untuk mengadopsi kegiatan ini serta mengimplementasikannya ke jajarannya masing-masing," ujar Widyastuti.

Pada kesempatan yang sama, Wakil Kepala Dinas Kesehatan Provinsi DKI Jakarta Ani Ruspitawati juga senantiasa memberikan semangat kepada para peserta, "Karena waktu terus berjalan dan kita tidak bisa menoleh ke belakang, maka jangan sampai kita menyia-nyiakan waktu. Jadi mulai sekarang kita harus menjaga hidup sehat. Jangan menunggu esok ataupun hari nanti. Mari kita challenge diri kita sendiri dan menyukseskan kampanye CERDIK ini," tutup Ani.  

Yuk, sobat sehat ikutan Challenge Downgrade Ukuran Bajumu Berani. Salam CERDIK! [RH]

Kembali

Dinas Kesehatan Provinsi DKI Jakarta

Jl. Kesehatan No 10
Petojo Selatan, Kecamatan Gambir, Kota Jakarta Pusat,
DKI Jakarta 10160

    Kontak

  • +62213451338
    (Senin - Kamis 08:00 - 16.00 WIB)
    (Jum'at 08:00 - 16.30)

    +62 822-1388-8006 (Hotline)
    (Senin - Kamis 08:00 - 16.00 WIB)
    (Jum'at 08:00 - 16.30)

    dinkes@jakarta.go.id

Media Sosial

   Sitemap