blog-img-10

Keterangan : Dinkes DKI Gelar Peringatan Puncak Hari Tuberkulosis Sedunia 2022

Posted by : Administrator

Dinkes DKI Gelar Peringatan Puncak Hari Tuberkulosis Sedunia 2022

Dinas Kesehatan Provinsi DKI Jakarta melalui Sub Koordinasi PMTVZ, Bidang Pencegahan dan Pengendalian Penyakit menggelar peringatan puncak Hari Tuberkulosis Sedunia 2022. Perhelatan ini digelar Kamis [31/3] berlokasi di Kampung Susun Akuarium, Penjaringan, Jakarta Utara. Dalam kegiatan ini pula dihadiri oleh perwakilan OPD seperti Dinas Kesehatan, Dinas Pendidikan, Dinas Sosial, Dinas Tenaga Kerja, Transmigrasi dan Energi, Dinas Perhubungan, Dinas Kominfotik, Kantor wilayah  Kemenkumham DKI Jakarta, serta Balai Besar Kesehatan Paru Masyarakat Bandung. 

Dalam sambutannya, Kepala Dinas Kesehatan Provinsi DKI Jakarta menjelaskan bahwa Tuberkulosis masih terus menjadi perhatian, karena indonesia masih masuk tiga besar pengidap TB terbanyak di dunia. Beliau juga menuturkan bahwa saat ini sudah diperkenalkan aplikasi SOBAT TB sebagai media skirining cepat berbasis aplikasi, yang nantinya akan masuk ke dalam aplikasi JAKSEHAT. 

“Tuberkulosis menjadi perhatian bersama karena Indonesia masih menjadi negara dengan pengidap TB terbesar di dunia. HTBS diperingati agar menjadi pengingat bahwa di sekitar kita selain COVID-19 yang menyerang Indonesia, Tuberkulosis juga harus diwaspadai bagi setiap orang. Selain itu kita juga memperkenalkan skrining berbasis aplikasi dengan nama SOBAT TB, yang nantinya akan bergabung ke dalam JAKSEHAT,” ucap dr. Widyastuti, MKM, Kepala Dinas Kesehatan Provinsi DKI Jakarta. 

Acara dengan Tema “Investasi Untuk Eliminasi TBC, Selamatkan Bangsa” ini merupakan puncak kegiatan Peringatan Hari Tuberkulosis Sedunia 2022 yang sudah dilaksanakan sebelumnya. Selain itu pada kesempatan ini pula, turut dilakukan peluncuran GREAT (Gerakan Eliminasi dan Atasi Tuberkulosis), meliputi Optimalisasi Pemberian Terapi Pencegahan Tuberkulosis di DKI Jakarta sebagai Percepatan Eliminasi 2030 Menuju Jakarta Bebas Tuberkulosis, serta penandatanganan oleh kolaborator OPD Provinsi DKI Jakarta dan Balai Besar Kesehatan Paru Masyarakat Bandung sebagai bagian dari Optimalisasi Penemuan Kasus TBC di Provinsi DKI Jakarta. Penandatanganan ini juga disaksikan oleh Kepala Biro kesejahteraan Sosial Sekretariat Daerah Provinsi DKI Jakarta, drg. Iwan Kurniawan, M.Si. Dalam sambutanya pula, beliau menginginkan kerjasama setiap perangkat daerah dan organisasi lainnya untuk bersama-sama memberantas Tuberkulosis di DKI Jakarta.  

“Seperti yang sudah dijelaskan Ibu Kepala Dinas Kesehatan Provinsi DKI Jakarta (dr. Widyastuti, MKM) bahwa memang untuk memberantas TBC tidak hanya dilakukan oleh Dinas Kesehatan, tapi juga oleh teman-teman dari OPD lainnya. Memang semakin kesini, semua bapak/ibu semakin peduli mengenai kesehatan. Akan tetapi, jika semua SKPD bersatu akan mampu memberantas lebih cepat masalah TBC di DKI Jakarta,” papar drg. Iwan Kurniawan, M.Si. 

Acara puncak Hari Tuberkulosis Sedunia 2022 ini juga diisi dengan pemeriksaan Skrining Tuberkulosis dan vaksinasi booster bagi masyarakat Kampung Akuarium dan sekitarnya serta pengumuman pemenang lomba dari beberapa kategori.[prm/hms] 

Kembali

Dinas Kesehatan Provinsi DKI Jakarta

Jl. Kesehatan No 10
Petojo Selatan, Kecamatan Gambir, Kota Jakarta Pusat,
DKI Jakarta 10160

    Kontak

  • +62213451338
    (Senin - Kamis 08:00 - 16.00 WIB)
    (Jum'at 08:00 - 16.30)

    +62 822-1388-8006 (Hotline)
    (Senin - Kamis 08:00 - 16.00 WIB)
    (Jum'at 08:00 - 16.30)

    dinkes@jakarta.go.id

Media Sosial

   Sitemap