blog-img-10

Keterangan : Dinas Kesehatan Provinsi DKI Jakarta Perkuat Tracing dan Sosialisasi Kewaspadaan Penyakit Cacar Monyet

Posted by : Administrator

Dinas Kesehatan Provinsi DKI Jakarta Perkuat Tracing dan Sosialisasi Kewaspadaan Penyakit Cacar Monyet

Berdasarkan hasil temuan Kementerian Kesehatan RI terkait terkonfirmasi kasus pertama Monkeypox di Provinsi DKI Jakarta, Dinas Kesehatan Provinsi DKI Jakarta berkomitmen untuk terus melanjutkan tracing kontak erat terkait Penyakit Cacar Monyet. Sebelumnya pada tanggal 20 Agustus 2022 lalu, Kementerian Kesehatan Republik Indonesia telah mengumumkan temuan kasus pertama terkonfirmasi Cacar Monyet di Indonesia. Diketahui pasien tersebut mengalami keluhan kesehatan beberapa hari setelah kembali ke Indonesia pada tanggal 8 Agustus 2022 lalu, pasca melakukan perjalanan wisata ke beberapa negara di Eropa Barat. Sejauh ini hasil tracing dari Dinas Kesehatan Provinsi DKI Jakarta menemukan 3 (tiga) orang kontak erat, yang sampai saat ini ketiganya dalam kondisi baik dan tidak mempunyai keluhan kesehatan. Dinas Kesehatan Provinsi DKI Jakarta akan terus memantau perkembangan kondisi pasien dan seluruh kontak eratnya.

"Pasien cukup kooperatif dan terbuka dengan tim kami. Kondisi pasien juga sudah membaik,” ucap   Kepala Dinas Kesehatan Provinsi DKI Jakarta, dr. Widyastuti, MKM dalam wawancara di Jakarta.

Sejak awal adanya sinyal peningkatan kasus Cacar Monyet di dunia, hingga ditetapkannya Cacar Monyet sebagai penyakit yang dapat menjadi darurat kesehatan global atau Public Health Emergency of International Concern (PHEIC) oleh World Health Organization (WHO) sejak 23 Juli  2022, Dinas Kesehatan Provinsi DKI Jakarta terus mewaspadai ancaman penyakit ini dengan terus meningkatkan surveilans Cacar Monyet melalui jejaring fasilitas dan Tenaga Kesehatan di Jakarta.

“Sebelum ditemukannya kasus pertama ini, kami sudah pernah menerima laporan dan melakukan penyelidikan epidemiologi pada 11 orang terduga, yang semuanya setelah melalui pemeriksaan laboratorium diketahui negatif Cacar Monyet. Hal ini sebagai bagian dari upaya menemukan kasus sedini mungkin, agar dapat dilakukan pemutusan rantai penularan dengan segera,” lanjut Widyastuti.

Dinas Kesehatan Provinsi DKI Jakarta akan terus melakukan sosialisasi kewaspadaan Cacar Monyet kepada masyarakat dan Tenaga Kesehatan, termasuk Fasilitas Kesehatan di DKI Jakarta. Masyarakat, dihimbau tidak perlu panik namun tetap waspada dan tetap melaksanakan protokol kesehatan serta Perilaku Hidup Bersih dan Sehat.

Kembali

Dinas Kesehatan Provinsi DKI Jakarta

Jl. Kesehatan No 10
Petojo Selatan, Kecamatan Gambir, Kota Jakarta Pusat,
DKI Jakarta 10160

    Kontak

  • +62213451338
    (Senin - Kamis 08:00 - 16.00 WIB)
    (Jum'at 08:00 - 16.30)

    +62 822-1388-8006 (Hotline)
    (Senin - Kamis 08:00 - 16.00 WIB)
    (Jum'at 08:00 - 16.30)

    dinkes@jakarta.go.id

Media Sosial

   Sitemap