blog-img-10

Keterangan : Dinas Kesehatan Provinsi DKI Jakarta melalui Puskesmas Kecamatan Pademangan Gelar Closing Ceremonial Klenting Puspa di Taman Impian Jaya Ancol

Posted by : Administrator

Dinas Kesehatan Provinsi DKI Jakarta melalui Puskesmas Kecamatan Pademangan Gelar Closing Ceremonial Klenting Puspa di Taman Impian Jaya Ancol

Jakarta, 16 Juni 2023 - Dinas Kesehatan Provinsi DKI Jakarta melalui Puskesmas Kecamatan Pademangan telah menggekar kegiatan “Closing Ceremonial Kolaborasi Intervensi Penurunan Stunting Puskesmas Pademangan (Klenting Puspa)" pada Jumat (16/6) di Learning Farm, Ecopark, Taman Impian Jaya Ancol. Kegiatan ini dihadiri sebanyak 150 tamu undangan yang terdiri dari Balita yang lulus Klenting Puspa Part 1, kader kesehatan dan juga lintas sektoral.

Kepala Puskesmas Kecamatan Pademangan, Octoviana Carolina mengatakan sebaran anak berisiko tengkes di Kelurahan Ancol sebanyak 50 balita, Kelurahan Pademangan Timur ada 53 balita dan Kelurahan Pademangan Barat sebanyak 59 balita. "Tujuan Klenting Puspa adalah penguatan intervensi tengkes melalui kolaborasi. Pemprov DKI tidak bisa bekerja sendiri karena terkait anggaran kita juga cukup terbatas saat pandemi, karena kita sedang pemulihan (recovery). Selain itu, sumber daya manusia juga terbatas," ujar Octoviana.

Pihaknya juga membuat program intervensi lain seperti Catatan Penting Penurunan Stunting (Cating), yaitu suatu tabel informasi/data register balita tengkes yang berisi informasi mulai dari tinggi badan, berat badan dan lain-lain. Kegunaan Cating agar Puskesmas Kecamatan Pademangan dan lintas sektor terkait di wilayah Pademangan dengan mudah memantau tumbuh-kembang anak tersebut.

Selain itu, ada juga kegiatan Makan Bersama Pademangan Turunkan Stunting (Mamang Turing), yaitu kegiatan edukasi untuk membiasakan orang tua dan anak memakan makanan dengan gizi seimbang sebanyak dua kali per pekan selama 90 hari (tiga bulan). Tidak hanya itu, Monitoring dan Evaluasi pertumbuhan melalui pengukuran berat badan, tinggi badan dengan antropometri kit dan asupan makanan balita yang sudah dilakukan pada kegiatan mamang turing. Monitoring dan evaluasi tersebut dilakukan 2 minggu sekali sampai balita tersebut lulus.

Di lain pihak, Direktur Utama PT Pembangunan Jaya Ancol Tbk Winarto mengatakan, kongkretnya program itu, antara lain adalah pemberian protein hewani berupa dua butir telur dan sekotak susu per hari, sejak Maret 2023. Total dalam sebulan, mencapai 900 butir telur serta susu jenis tinggi protein sebanyak 4.860 kotak untuk menyukseskan program itu. Sementara itu, PT Charoen Pokphand selaku pemangku kepentingan dari pihak swasta mendistribusikan telur sebanyak 500 kilogram (kg) per bulan.

Lebih lanjut, Octoviana menjelaskan bahwa hasil dari intervensi bersama antara pihak pemerintah dan pihak swasta dalam kegiatan penurunan stunting di wilayah kecamatan pademangan, yaitu jumlah balita yang beresiko stunting dari 162 balita, 36 balita di antaranya sudah mencapai panjang /tinggi badan normal sesuai usia anak.

"Harapannya untuk Klenting Puspa Part II sebaiknya lebih melibatkan stakeholder lainnya, baik dari Pemerintah, Non Govermental Organization (NGO), lembaga Swadaya Masyarakat (LSM) dan Organisasi Pemuda," tutup Kepala Puskesmas Kecamatan Pademangan. [RH]

Kembali

Dinas Kesehatan Provinsi DKI Jakarta

Jl. Kesehatan No 10
Petojo Selatan, Kecamatan Gambir, Kota Jakarta Pusat,
DKI Jakarta 10160

    Kontak

  • +62213451338
    (Senin - Kamis 08:00 - 16.00 WIB)
    (Jum'at 08:00 - 16.30)

    +62 822-1388-8006 (Hotline)
    (Senin - Kamis 08:00 - 16.00 WIB)
    (Jum'at 08:00 - 16.30)

    dinkes@jakarta.go.id

Media Sosial

   Sitemap