blog-img-10

Keterangan : Dinas Kesehatan Provinsi DKI Jakarta Melalui Puskesmas Kecamatan Kebayoran Baru Raih Penghargaan Juara Pertama Jakarta Innovation Awards Tahun 2023

Posted by : Administrator

Dinas Kesehatan Provinsi DKI Jakarta Melalui Puskesmas Kecamatan Kebayoran Baru Raih Penghargaan Juara Pertama Jakarta Innovation Awards Tahun 2023

Jakarta, 25 September 2023- Dinas Kesehatan Provinsi DKI Jakarta melalui Puskesmas Kecamatan Kebayoran Baru berhasil meraih penghargaan sebagai Juara Pertama di ajang Jakarta Innovation Awards Tahun 2023 Kategori Inovasi Terbaik Perangkat Daerah Provinsi DKI Jakarta dengan Optimalisasi Kinerja UKGS dengan Sistem Kolaborasi SENYUMIN, Aplikasi Berbasis Kecerdasan Artifisial, pada Senin (25/9) di Gedung Balai Kota Provinsi DKI Jakarta.

Penghargaan Jakarta Innovation Awards Tahun 2023 ini merupakan rangkaian dari Jakarta Innovation Days (JID) Tahun 2023. Agenda ini dibuka oleh Penjabat (Pj.) Gubernur Provinsi DKI Jakarta Heru Budi Hartono dan dihadiri Sekretaris Daerah Provinsi DKI Jakarta Joko Agus Setyono, Asisten Kesejahteraan Rakyat (Askesra) Sekda Provinsi DKI Jakarta Widyastuti, Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Daerah Provinsi DKI Jakarta, Atika Nur Rahmania dan perwakilan Walikota Administratif di wilayah DKI Jakarta.

Pj. Gubernur Heru menekankan setiap inovasi yang lahir dapat diterapkan untuk membangun Jakarta. JID merupakan kegiatan tahunan yang diselenggarakan untuk menjadi ruang pengenalan inovasi, berjejaring, dan pertukaran pengetahuan (knowledge exchange) yang mendukung pembangunan Jakarta dan Indonesia. Menurutnya, JID merupakan bentuk apresiasi terhadap seluruh inovator, baik yang berasal dari masyarakat maupun pemerintah, dalam mendukung tujuan pembangunan Jakarta menjadi kota global yang berkelanjutan. 

"Pada tahun kedua pelaksanaan kegiatan ini, kami berharap inovasi yang dihasilkan dari para inovator tersebut dapat menjadi contoh praktik baik dan dapat direplikasi pada kota-kota lain di seluruh Indonesia. Nantinya, akan dinilai di Kementerian Dalam Negeri. Saran saya, inovasi itu tidak harus selalu besar, bisa saja kecil, tapi bermanfaat," ungkap Heru. 

Sementara itu, Plt. Kepala Dinas Kesehatan Provinsi DKI Jakarta, Ani Ruspitawati berterima kasih atas penghargaan yang diberikan kepada Dinas Kesehatan melalui Puskesmas Kecamatan Kebayoran baru dengan Inovasi SENYUMIN. Menurutnya, pengembangan upaya kesehatan gigi di Sekolah (UKGS) dengan sistem kolaborasi SENYUMIN menggunakan teknologi Artificial Intellegence (AI) sebagai alat bantu dalam pemeriksaan gigi anak-anak di sekolah itu sangat penting di era digital saat ini.

“Dengan pendekatan kolaborasi pihak terkait yang komprehensif, pemeriksaan gigi mandiri yang dilakukan dengan robot AI mampu mengefisiensikan waktu pelaksanaan dan menurunkan risiko penyebaran penyakit yang dapat terjadi pada saat pemeriksaan gigi di sekolah," ujar Plt. Kepala Dinas Kesehatan.

Lebih lanjut, beliau menambahkan inovasi SENYUMIN membuat waktu dan tempat skrining gigi menjadi lebih fleksibel sehingga mampu meningkatkan cakupan layanan kesehatan ke seluruh anak-anak sekolah yang menjadi sasaran pelayanan, termasuk ke dalamnya anak-anak dengan kebutuhan khusus yang selama ini sulit dilakukan pemeriksaan. 

"Dengan SENYUMIN, kami yakin pemenuhan layanan gigi yang berkualitas dan merata bagi anak-anak usia sekolah di wilayah Provinsi DKI Jakarta dapat dilaksanakan dengan lebih optimal. Ke depannya, Dinas Kesehatan beserta seluruh jajarannya akan terus berkomitmen dalam melakukan inovasi khususnya di bidang kesehatan sehingga dapat memberikan solusi bermanfaat bagi banyak pihak," pungkas Ani Ruspitawati.

JID 2023 mengangkat tema ‘Urban Innovation for Sustainable Jakarta’, tema tersebut sangat relevan dengan tantangan perkotaan di dunia, seperti mobilitas, lingkungan, dan pertumbuhan ekonomi. Kegiatan ini berlangsung selama tiga hari pada 25-27 September 2023. Sedangkan, rangkaian pre-event JID 2023 yang terdiri atas tiga kegiatan, yaitu Sosialisasi Pengarusutamaan Tujuan Pembangunan Berkelanjutan/Sustainable Development Goals (TPB/SDGs) bagi peserta didik jenjang SMP dan SMA/SMK, Dialog Perencana Lintas Generasi, dan penilaian Jakarta Innovation Awards (JIA) Tahun 2023 untuk pertama kalinya yang diikuti Organisasi Perangkat Daerah Pemprov DKI Jakarta dan masyarakat.  [RH]

Adapun pengumuman para pemenang Jakarta Innovation Awards 2023 dilakukan saat pembukaan JID 2023, dengan rincian sebagai berikut:

Daftar Pemenang Inovasi oleh Organisasi Perangkat Daerah Pemprov DKI Jakarta

1. Dinas Kesehatan (Puskesmas Kecamatan Kebayoran Baru) - Optimalisasi Kinerja UKGS dengan Sistem Kolaborasi SENYUMIN, Aplikasi Berbasis Kecerdasan Artifisial

2. Dinas Lingkungan Hidup - Si Selang Biru Jaya (Sistem Uji Emisi Langit Biru Jakarta Raya)

3. Dinas PPKUKM - Jakarta Entrepreneur (Jakpreneur)

 

Daftar Pemenang Inovasi oleh Masyarakat

1. Dewi Oktaviani/Jakarta Selatan - Posyandu Remaja Disabilitas

2. Mahariah/Kepulauan Seribu - Pulauku NOL Sampah

3. Niken Ayu Respati/Jakarta Barat - Kompor Batik Listrik

Kembali

Dinas Kesehatan Provinsi DKI Jakarta

Jl. Kesehatan No 10
Petojo Selatan, Kecamatan Gambir, Kota Jakarta Pusat,
DKI Jakarta 10160

    Kontak

  • +62213451338
    (Senin - Kamis 08:00 - 16.00 WIB)
    (Jum'at 08:00 - 16.30)

    +62 822-1388-8006 (Hotline)
    (Senin - Kamis 08:00 - 16.00 WIB)
    (Jum'at 08:00 - 16.30)

    dinkes@jakarta.go.id

Media Sosial

   Sitemap