blog-img-10

Keterangan : Dinas Kesehatan Provinsi DKI Jakarta Lakukan Rapat Koordinasi dan Penyusunan Rencana Kerja Bersama CHISU terkait Sistem Informasi Kesehatan

Posted by : Administrator

Dinas Kesehatan Provinsi DKI Jakarta Lakukan Rapat Koordinasi dan Penyusunan Rencana Kerja Bersama CHISU terkait Sistem Informasi Kesehatan

Jakarta, 21 Maret 2023 - Dinas Kesehatan Provinsi DKI Jakarta mengadakan pertemuan untuk kegiatan Rapat Koordinasi dan Penyusunan Rencana Kerja terkait Sistem Informasi Kesehatan (SIK) DKI Jakarta yang berlangsung pada 15-17 Maret 2023 dan 21 Maret 2023 di Lumire Hotel & Convention Center Jakarta. Kegiatan ini terselenggara melalui dukungan program USAID Country Health Information System and Data Use (CHISU) untuk pelaksanaan Program Nasional Transformasi Digital Sistem Informasi Kesehatan di Indonesia. 

Dalam pelaksanaannya, Dinas Kesehatan Provinsi DKI Jakarta bersama CHISU akan berkoordinasi dengan pemangku kepentingan lainnya, terkait program-program KIA, TB, dan Pembiayaan Kesehatan untuk memberikan gagasan yang lebih jelas kepada Suku Dinas Kabupaten/Kota, serta pemangku kepentingan terkait lainnya seputar dukungan dan pendekatan CHISU di tingkat daerah. 

Menurut Kepala Seksi Data, Informasi dan Hubungan Masyarakat Verry Adrian, pertemuan rencana kerja ini bertujuan untuk menyelaraskan rencana dan tujuan tahunan  Dinas Kesehatan Provinsi DKI Jakarta dan CHISU, mengidentifikasi Strengths, Weaknesses, Opportunities, and Threat (SWOT) yang ada terkait dengan sistem informasi kesehatan khususnya pada program TB, KIA, dan pembiayaan kesehatan di DKI Jakarta, serta menyusun rencana kegiatan daerah tahun 2023 di DKI Jakarta.

"Kami berharap penyusunan rencana kerja bersama antara Dinas Kesehatan Provinsi DKI Jakarta dan CHISU ini juga dapat memperkuat organisasi tata kelola melalui Kelompok Kerja Teknis SIK sehingga TWG dapat dibentuk di tingkat daerah," ujar Verry.

Lebih lanjut, Verry juga berharap kegiatan ini dapat memperkuat kematangan digital melalui pengukuran indeks kematangan digital tingkat makro di Dinas Kesehatan, sekaligus mendukung upaya interoperabilitas data SATUSEHAT dengan sistem SIK yang sudah ada di DKI Jakarta seperti JakSehat, ePuskesmas, KIA, TBC dan Pembiayaan Kesehatan.

Tidak hanya itu, beliau menambahkan ke depannya dengan kerja sama ini harapannya dapat menghasilkan peningkatan pengelolaan dan kualitas data kesehatan serta meningkatkan pemanfaatan dan penggunaan data di tingkat puskesmas juga Dinas Kesehatan, khususnya untuk program KIA, TB dan Pembiayaan Kesehatan.

"Untuk itu, pertemuan rencana kerja ini menjadi sangat penting guna memastikan bahwa jenis kegiatan bersama yang akan dilakukan di tingkat daerah selaras dengan tujuan strategis dan agenda prioritas Dinas Kesehatan Provinsi DKI Jakarta," tutup Verry.[RH]

Kembali

Dinas Kesehatan Provinsi DKI Jakarta

Jl. Kesehatan No 10
Petojo Selatan, Kecamatan Gambir, Kota Jakarta Pusat,
DKI Jakarta 10160

    Kontak

  • +62213451338
    (Senin - Kamis 08:00 - 16.00 WIB)
    (Jum'at 08:00 - 16.30)

    +62 822-1388-8006 (Hotline)
    (Senin - Kamis 08:00 - 16.00 WIB)
    (Jum'at 08:00 - 16.30)

    dinkes@jakarta.go.id

Media Sosial

   Sitemap