blog-img-10

Keterangan : Dinas Kesehatan Provinsi DKI Jakarta Berikan Dukungan Layanan Kesehatan untuk Sukseskan Gelaran MGMAC dan AMF sebagai rangkaian KTT ASEAN 2023 

Posted by : Administrator

Dinas Kesehatan Provinsi DKI Jakarta Berikan Dukungan Layanan Kesehatan untuk Sukseskan Gelaran MGMAC dan AMF sebagai rangkaian KTT ASEAN 2023 

Jakarta, 2 Agustus 2023- Dalam Keketuaan Indonesia pada ASEAN 2023, Jakarta menjadi tuan rumah dari sejumlah rangkaian Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) ASEAN. Untuk itu, Dinas Kesehatan Provinsi DKI Jakarta sebagai penyelenggara urusan Pemerintah DKI Jakarta di bidang kesehatan, turut berpartisipasi mendukung Gelaran Meeting of Governors and Mayors of ASEAN Capitals (MGMAC) dan ASEAN Mayors Forum (AMF) 2023 yang diselenggarakan pada 1-2 Agustus 2023, di kawasan Gelora Bung Karno, Jakarta Pusat. 

Sekretaris Daerah (Sekda) Provinsi DKI Jakarta Joko Agus Setyono mengatakan ada lima isu prioritas yang dibahas, yakni Pertumbuhan Ekonomi Inklusif, Transformasi Digital, Kota Berketahanan dan Aksi Iklim, Lokalisasi Tujuan Pembangunan Berkelanjutan, dan Mobilitas Berkelanjutan. MGMAC dan AMF dihadiri lebih dari 500 peserta, meliputi Gubernur dan Wali Kota Negara ASEAN, perwakilan asosiasi pemerintah daerah dari negara anggota ASEAN, Community Permanent Representative ASEAN, mitra kerja sama (partners), dan badan multilateral lainnya.

Lebih lanjut, Joko menjelaskan beragam persiapan telah dilakukan jajaran Pemerintah Provinsi DKI Jakarta untuk kelancaran kegiatan MGMAC dan AMF ini. Sekda Joko menyebut, sinergi lintas Organisasi Perangkat Daerah (OPD) sudah dilakukan sejak jauh-jauh hari. “Untuk kenyamanan delegasi saat bermobilitas di Jakarta, telah dilakukan pembangunan dan pemeliharaan serta beautifikasi di sepanjang jalur MGMAC-AMF. Kemudian, dari sisi hospitality, kami memastikan delegasi mendapatkan pengalaman terbaik dan keramahan dari Jakarta,” ungkapnya.

Pada kesempatan yang sama, Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Dinas Kesehatan Provinsi DKI Jakarta, Ani Ruspitawati, menyambut baik kedatangan delegasi se-ASEAN dan merasa bangga karena Jakarta dapat menjadi tuan rumah pada pertemuan ini. Dinas Kesehatan Provinsi DKI Jakarta juga turut serta memberikan dukungan layanan kesehatan bagi peserta delegasi yang hadir guna mensukseskan berjalannya rangkaian Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) ASEAN tersebut.

"Dinas Kesehatan Provinsi DKI Jakarta telah menyediakan beberapa dukungan kesehatan dalam kegiatan ini, diantaranya dukungan berupa ambulans-ambulans dari UPT Pusat Krisis dan Kegawatdaruratan Kesehatan Daerah (PK3D), dukungan mini ICU dan obat-obatan dari RSUD Pasar Minggu, fasilitas swab PCR, serta Layanan Klinik Hotel Fairmont yang standby 24 jam," pungkas Ani.

Tidak hanya itu, Ani Ruspitawati menambahkan bahwa Dinas Kesehatan selama rangkaian kegiatan tersebut  melakukan uji coba kelayakan makanan (Food Safety) yang disajikan selama kegiatan berlangsung. Selain itu, Dinas Kesehatan juga melakukan pengendalian vektor terhadap beberapa penyakit yang berisiko tinggi potensi penularannya. Di samping itu, icon dinkes yang diwakilkan oleh tim hospitality juga ikut menyambut kedatangan delegasi di Hotel Fairmont.

Seputar MGMAC dan AMF

Meeting of Mayors and Governors of ASEAN Capital (MGMAC) ini merupakan kontribusi Ibu Kota Negara ASEAN dalam membangun Komunitas ASEAN, membahas ragam perspektif, tantangan, dan praktik pembangunan di masing-masing negara anggota. Kemudian, ada pula Forum Wali Kota ASEAN atau ASEAN Mayors Forum (AMF), yakni forum yang membahas pembangunan Komunitas ASEAN dan peran pemerintah kota dalam mempercepat kemajuan dan manfaatnya bagi warga negara. 

Kedua pertemuan ini diharapkan dapat semakin menggerakkan perekonomian Indonesia yang memberikan manfaat luas bagi masyarakat, menunjukkan pembangunan Kota Jakarta, serta meningkatkan kemitraan strategis dengan kota-kota ASEAN dan negara lainnya. [RH]


Sukses Jakarta untuk Indonesia!

Kembali

Dinas Kesehatan Provinsi DKI Jakarta

Jl. Kesehatan No 10
Petojo Selatan, Kecamatan Gambir, Kota Jakarta Pusat,
DKI Jakarta 10160

    Kontak

  • +62213451338
    (Senin - Kamis 08:00 - 16.00 WIB)
    (Jum'at 08:00 - 16.30)

    +62 822-1388-8006 (Hotline)
    (Senin - Kamis 08:00 - 16.00 WIB)
    (Jum'at 08:00 - 16.30)

    dinkes@jakarta.go.id

Media Sosial

   Sitemap