Dinas Kesehatan DKI Jakarta Tingkatkan Kualitas Pelayanan melalui Penguatan Peran Agent of Change sebagai Coach dan Mentor Hospitality
Jakarta, 9 Desember 2025 – Dinas Kesehatan Provinsi DKI Jakarta menggelar kegiatan Penguatan Peran Agent of Change sebagai Coach dan Mentor Hospitality di Ruang Auditorium Lantai 2, Gedung Dinas Kesehatan DKI Jakarta, Jakarta Pusat, pada Selasa (9/12). Kegiatan ini bertujuan meningkatkan kedisiplinan serta kualitas pelayanan berbasis hospitality di lingkungan Dinas Kesehatan. Hadir dalam kesempatan ini Kepala Seksi Standarisasi dan Pengembangan SDMK Wulan Liasari, perwakilan dari Puslatkesda, Widyaiswara BPK RI Erlita Kresna, serta para Agent of Change dari Puskesmas dan RSUD.
Dalam sambutannya, Wulan Liasari menyampaikan bahwa penerapan hospitality dalam layanan kesehatan selama lima tahun terakhir telah menjadi wajah pelayanan di Puskesmas, RSUD, dan seluruh UKPD di bawah Dinas Kesehatan.
“Perjalanan kita sudah dimulai sejak tahun 2020, ketika kita mulai meningkatkan awareness SDM kesehatan, menyusun pedoman, hingga membentuk agent of change. Secara simultan, kualitas hospitality para pegawai terus kita tingkatkan,” ujarnya.
Wulan menegaskan bahwa hospitality hadir untuk menstandarisasi dan menyeragamkan kapasitas SDM di jajaran kesehatan, tidak hanya dari sisi rooting tetapi juga perilaku. Menurutnya, SDM kesehatan memiliki dua sisi: sisi profesi dan sisi jabatan, yang masing-masing memiliki standar terkait soft skills.
“Pada profesi ada etika profesi, sementara pada jabatan ada kompetensi manajerial dan sosio-kultural. Keduanya beririsan pada soft skills, salah satunya hospitality. Harapan kami, hospitality dapat benar-benar menjadi wajah SDM kesehatan di Dinas Kesehatan,” jelasnya.
Ia juga menjelaskan roadmap perlindungan tenaga medis dan tenaga kesehatan di mana penguatan hospitality menjadi salah satu infrastrukturnya. Perlindungan sebagai upaya preventif, hospitality sebagai upaya preventif perlindungan tenaga medis dan tenaga kesehatan di jajaran industri kesehatan.
“Kita sudah lakukan workshop penguatan soft skill kemarin dan nanti ada pendampingan dari agent of change untuk menilai perubahan perilaku. Jadi hari ini teman-teman akan diberikan pengayaan-pengayaan bagaimana cara meng-coaching kemudian bisa punya mindset yang bertumbuh, jadi teman-teman punya mindset pembelajar yang bisa ditularkan juga ke rekan-rekan kerja di UKPD” tambahnya.
Dalam kegiatan ini juga menghadirkan narasumber dari BPK RI yakni Erlita Kresna selaku Widyaiswara yang menyampaikan materi mengenai Coaching Mentoring dan Growth Mindset serta narasumber Anna Rosarini dari Stikes Hang Tuah Surabaya yang hadir secara daring dengan menyampaikan materi mengenai Mengelola Konflik dalam Handling Complaint.
Dengan pelaksanaan kegiatan ini, Dinas Kesehatan DKI Jakarta berharap penguatan peran Agent of Change dapat semakin memperkokoh budaya pelayanan yang ramah, profesional, dan berorientasi pada masyarakat di seluruh jajaran kesehatan. [AA]
