blog-img-10

Keterangan : Cegah Diare Berat pada Bayi, Dinas Kesehatan Provinsi DKI Jakarta Luncurkan Kick Off Imunisasi Rotavirus di RPTRA Garuda Cilangkap

Posted by : Administrator

Cegah Diare Berat pada Bayi, Dinas Kesehatan Provinsi DKI Jakarta Luncurkan Kick Off Imunisasi Rotavirus di RPTRA Garuda Cilangkap

Jakarta, 15 Agustus 2023- Dinas Kesehatan Provinsi DKI Jakarta meluncurkan kick off imunisasi rotavirus yang digelar di Ruang Publik Terpadu Ramah Anak (RPTRA) Garuda, Cilangkap, Cipayung, Jakarta Timur, pada Selasa (15/8).

Kegiatan ini dihadiri oleh Askesra Sekda DKI Jakarta Widyastuti, Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Dinas Kesehatan Provinsi DKI Jakarta Ani Ruspitawati, Asisten Kesra Jakarta Timur Ahmad Salahudin, Plt. Kepala Suku Dinas Sosial Jakarta Timur Abdul Salam, Kepala Suku Dinas Pendidikan Jakarta Timur wilayah 2 Yanto. Kick off ditandai dengan pemberian vaksin tetes kepada salah satu bayi oleh Asisten Kesra Provinsi DKI, Widyastuti didampingi pejabat terkait lainnya.

Menurut Askesra Sekda DKI Jakarta Widyastuti, pemberian imunisasi Rotavirus tetes pada balita usia 2,3 dan empat bulan ini merupakan “Kado Kemerdekaan" dari Pemerintah Provinsi DKI Jakarta dalam upaya mencegah diare berat pada bayi.  "Seluruh bayi di Jakarta berusia di bawah enam bulan, mulai hari ini akan mendapat imunisasi Rotavirus gratis. Imunisasi ini akan dilakukan sebanyak tiga kali untuk anak usia 2,3, dan 4 bulan," ujar  Widyastuti.

Pada kesempatan yang sama, Plt. Kepala Dinas Kesehatan Provinsi DKI Jakarta Ani Ruspitawati menjelaskan diare pada bayi bisa menjadi masalah jika tidak dicegah dan ditangani dengan baik. "Diare berat dapat menyebabkan bayi mengalami dehidrasi yang bisa berakhir pada kematian. Untuk itu, kegiatan ini menjadi sangat penting untuk edukasi dan mengajak masyarakat agar semakin cerdas dalam menangani masalah kesehatan pada bayi dan balita," ucap Ani Ruspitawati.

Lebih lanjut, Ani menjelaskan bahwa tempat pelaksanaan imunisasi Rotavirus tersebar di Posyandu, Puskesmas, Rumah Sakit milik Pemerintah, Rumah Sakit swasta, Klinik, praktik mandiri dokter, praktik mandiri bidan, dan fasilitas-fasilitas pelayanan kesehatan lainnya yang memberikan layanan imunisasi.

“Target kami, Imunisasi Rotavirus tetes ini akan tuntas dalam waktu sepekan ke depan. Jumlah bayi di Jakarta saat ini ada sekitar 160 ribu. Sedangkan yang disasar vaksin Rotavirus berjumlah sekitar 66 ribu bayi. Untuk itu, kami mengajak warga di wilayah DKI Jakarta yang memiliki bayi sesuai kriteria tersebut untuk melakukan imunisasi Rotavirus. Karena imunisasi ini aman diberikan oleh bayi," pungkas Ani.

Selain pemberian vaksin Rotavirus, kick off ini juga menghadirkan layanan  posyandu Prima terintegrasi, Posbindu PTM, Vaksinasi COVID-19, Mobile Immunization RMHC, Lomba Stimulasi Deteksi dan Intervensi Dini Tumbuh Kembang (SDIDTK), pembagian goodie bag bagi 250 balita, pemberian hadiah 3 Balita terajin ke Posyandu, dan layanan kesehatan umum berupa cek kesehatan, tensi, gula darah bagi anak usia 15 tahun ke atas, serta talk show/gelar wicara tentang “Penting dan Aman Imunisasi Rotavirus di Puskesmas” yang menghadirkan narasumber dr. Piprim Basarah Yanuarso, Sp.A(K), dr. Ellen, Sp.A dan Mutiara Anisa, Msc, dan dimoderatori oleh dr. Alvin Saputra. [RH]

Yuk, sobat sehat tonton kembali keseruan kick off Imunisasi Rotavirus secara lengkap di kanal youtube Dinas Kesehatan DKI Jakarta. Jangan sampai kelewatan ya!

Sukses Jakarta untuk Indonesia!

Kembali

Dinas Kesehatan Provinsi DKI Jakarta

Jl. Kesehatan No 10
Petojo Selatan, Kecamatan Gambir, Kota Jakarta Pusat,
DKI Jakarta 10160

    Kontak

  • +62213451338
    (Senin - Kamis 08:00 - 16.00 WIB)
    (Jum'at 08:00 - 16.30)

    +62 822-1388-8006 (Hotline)
    (Senin - Kamis 08:00 - 16.00 WIB)
    (Jum'at 08:00 - 16.30)

    dinkes@jakarta.go.id

Media Sosial

   Sitemap