Box Layout

HTML Layout
Backgroud Images
Backgroud Pattern
blog-img-10

Posted by : Administrator

Yuk Tahun Baruan di Rumah Aja, Cegah Penularan Covid-19

Tidak terasa kalender 2021 sudah kita lalui. Banyak hal yang sudah kita lewati, terutama memerangi virus Covid-19 yang masih belum usai. Meskipun sudah melakukan vaksin sebanyak dua kali, nyatanya kita semua harus tak abai terhadap virus yang satu ini. Pemerintah Provinsi melalui Dinas Kesehatan DKI Jakarta pun menyerukan untuk membatasi aktivitas kerumunan, terutama di masa libur tahun baru 2022.

 

Kepala Bidang Pencegahan dan Pengendalian Penyakit (P2P) Dinas Kesehatan Provinsi DKI Jakarta,dr. Dwi Oktavia TL, M.Epid mengimbau masyarakat melewatkan libur tahun baru tanpa harus keluar rumah bersama keluarga terdekat. Hal ini untuk mencegah penularan Covid-19, termasuk varian Omicron.

Ada banyak cara atau pun ide #antibosen merayakan tahun baru di rumah, seperti di bawah ini:

  1. 1. Menata Ulang Kamar/Rumah

Salah satu kegiatan yang nggak ngebosenin kalian ketika tahun baruan di rumah adalah dengan kembali menata ruangan kamar atau rumah. Mungkin, posisi kasur atau letak lemari perlu digeser ya, agar tidak bosen melihat konsep kamar kalian. Oh ya, kalau punya kebun, lebih asik nih, jika kalian juga mengatur tanaman, menanam bibit buah-buahan.

  1. 2. Bermain Gameboard

Hal yang satu ini sih sudah lama hype-nya ya. Game board sendiri banyak jenisnya seperti catur, monopoli hingga ular tangga. Nah, lebih menariknya, siapa yang kalah, siap-siap diolesin tepung tuh pipinya.

  1. 3. Wisata Virtual Museum

Yang satu ini diciptakan bagi kalian yang sangat amat suka pergi ke museum. Salah satu poin dari kelima poin 5M yaitu, menjauhi kerumunan. Ya, dengan hadirnya Virtual Museum ini, kalian hanya tinggal membuka gadget, masuk ke website museumnya untuk mengakses keseluruhan isi museum. Menarik ya!

  1. 4. Menonton Film Bersama Keluarga

Movie marathon, sebutan lainnya bisa menjadi pilihan lain kalian untuk menghabiskan tahun baruan bersama keluarga. Kini, sudah banyak website yang menyediakan film berkualitas HD bahkan 4K, sehingga serasa menonton bioskop ya di rumah.

  1. 5. Memasak dan Membuat Kue

Nah ini, kalian yang hobi memasak, coba deh mengulik-ulik website berbagai masakan kue atau makanan lainnya yang belum pernah dibuat. Masih suasana liburan, kalian punya waktu sebanyak mungkin untuk mencoba membuat berbagai masakan.

 

Selain itu, kalian juga bisa membuat resolusi sehat di tahun 2022 ini, terutama dalam hal kesehatan diri sendiri. Orang mampu menikmati hidup,  apabila memiliki kesehatan yang baik. Cukup ingat dan lakukan CERDIK, yaitu:

  • Cek Kesehatan Berkala

Penting untuk selalu melakukan Check up secara berkala untuk bisa mengontrol diri, menjaga tubuh agar tetap dalam kondisi fit. Ini bisa dilakukan di Puskesmas hingga RSUD di DKI Jakarta.

  • Enyahkan Asap Rokok

Kalian perokok, kini berhentilah di tahun 2022. Karena asap rokok terdapat ratusan zat berbahaya, yang dapat merenggut Kesehatan keluarga kalian. Kuatkan niat dan tekad, minta bantuan kerabat dan keluarga, atur target waktu kapan berhenti merokok, cari kesibukan lain, banyak minum air putih, jauhi lingkungan para perokok.

  • Rajin Aktivitas Fisik

Aktif bergerak tentunya baik untuk kesehatan tubuh tapi juga bagi kesehatan mental. Untuk itu, tahun ini mulai rutin berolahraga, agar tubuh tetap fit dan sehat. Mengepel, menyapu dan mencuci pakaian bisa jadi aktifitas fisik simpel.

  • Diet Seimbang

Konsumsi makanan bergizi dalam jenis dan jumlah sesuai dengan kebutuhan. Zat gizi tersebut bisa dari karbohidrat, protein, lemak, vitamin dan mineral. Biasakan juga minum air putih yang cukup.

  • Istirahat Cukup

Buat kamu yang tahun 2021-nya kurang istirahat, kini di tahun 2022 usahakan untuk tidur cukup pada malam hari 7-8 jam.

  • Kelola Stres

Tak perlu cemas kalau kalian terkena stres. Cari teman dekat yang bisa diajak mengobrol bersama sebagai teman curhat. Selain itu melakukan hobi, liburan dan melakukan lima aktivitas di atas juga mampu mengelola stres. Jangan lupa selalu berdoa tiap waktu kepada Tuhan, besar manfaatnya.

 

Ditulis oleh Apratama Tarigan