blog-img-10

Keterangan : Top! Provinsi DKI Jakarta Urutan Pertama Cakupan Imunisasi Tambahan

Posted by : Administrator

Top! Provinsi DKI Jakarta Urutan Pertama Cakupan Imunisasi Tambahan

Provinsi DKI Jakarta berada di urutan pertama cakupan imunisasi tambahan campak – rubela dalam Bulan Imunisasi Anak Nasional (BIAN) se-Indonesia. Hingga saat ini tercatat sebanyak 648.037 atau setara 90 persen anak dengan usia 9-59 bulan di DKI Jakarta sudah menerima vaksin tambahan campak-rubela per 31 Agustus 2022.

“Alhamdulillah, berkat bantuan semua pihak dan kekompakan tim DKI Jakarta, hari ini DKI Jakarta bisa masuk di urutan pertama cakupan imunisasi tambahan campak rubela dalam rangka eliminasi campak rubela 2023,” ucap Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) DKI Jakarta, dr. Widyastuti, MKM, dikutip dari beritajakarta.

Lanjut dr. Widyastuti, kolaborasi seluruh Organisasi Perangkat Daerah (OPD) mulai dari tingkat Provinsi hingga Kelurahan. Selain itu peran masyarakat yang sadar akan pentingnya imunisasi ini bagi anaknya juga menjadi faktor keberhasilan BIAN 2022 di DKI Jakarta.

Berbagai upaya dari dinas kesehatan juga dilakukan untuk mensukseskan Bulan Imunisasi Anak Nasional ini seperti melakukan sistem jemput bola, mendatangi penduduk hingga ke RT/RW, posyandu dan sekolah serta lokasi di ruang publik lainnya.

Menurut Widyastuti, para koordinator wilayah kecamatan dan puskesmas juga menentukan lokasi Rapid Convenience Assessment (RCA) dan melakukan penyisiran BIAN dan akan menentukan prioritas lokasi gemuk, rusun padat penduduk dan kawasan kumuh.

“Kalau masih ada warga yang antivaksin dan isu halal haram, kita tunjukkan video Ketua MUI dan Ketua DMI. Bersamaan dengan itu, kami berikan nomor telepon yang bisa dihubungi jika pasien berubah pikiran,” kata dr. Widyastuti seperti dikutip dari beritajakarta.

Dr. Widyastuti menambahkan, pihaknya juga berkolaborasi dengan berbagai elemen  menggencarkan promosi kesehatan, baik melalui pengeras suara masjid, spanduk, radio, videotron, media massa dan lain-lain.[hms]

Kembali

Dinas Kesehatan Provinsi DKI Jakarta

Jl. Kesehatan No 10
Petojo Selatan, Kecamatan Gambir, Kota Jakarta Pusat,
DKI Jakarta 10160

    Kontak

  • +62213451338
    (Senin - Kamis 08:00 - 16.00 WIB)
    (Jum'at 08:00 - 16.30)

    +62 822-1388-8006 (Hotline)
    (Senin - Kamis 08:00 - 16.00 WIB)
    (Jum'at 08:00 - 16.30)

    dinkes@jakarta.go.id

Media Sosial

   Sitemap