Box Layout

HTML Layout
Backgroud Images
Backgroud Pattern
blog-img-10

Posted by : Administrator

Ternyata Imunitas Tubuh Bekerja Lebih Baik Saat Berpuasa

Berpuasa ternyata memberikan dampak positif mencegah masalah kesehatan seperti kolesterol tinggi hingga obesitas. Selain itu, tubuh dapat pula berkonsentrasi dalam proses detoksifikasi, karena sistem pencernaan yang juga “berpuasa” sehingga tubuh bisa berkonsentrasi untuk membuang racun. 

Secara medis, berpuasa (tidak makan dan tidak minum) selama beberapa jam dalam sehari dikenal sebagai Intermittent Fasting (IF). Berpuasa bisa dilakukan dalam rangka menjalankan kegiatan keagamaan seperti berpuasa Ramadhan, alasan kesehatan dan sebagainya. Penelitian menunjukkan, IF memberikan dampak yang baik bagi kesehatan. Pada orang berpuasa, terjadi peningkatan aktivitas neutrofil, monosit dan sel natural killer yang semuanya berperan dalam meningkatkan imunitas tubuh. 

Produksi sel B yang berperan untuk menghasilkan antibodi juga meningkat. Berpuasa mengurangi reaksi inflamasi dan stress oksidatif. IF juga meningkatkan proses autofagi sehingga sistem imunitas lebih efektif melawan berbagai macam mikroorganisme. 

Oleh karena itu, menerima vaksinasi bisa dilakukan sepanjang hari selama berpuasa, asalkan nutrisi harian tercukupi dan konsumsi cairan tubuh yang cukup. Jangan takut untuk vaksinasi di bulan puasa, sebab Fatwa MUI menegaskan vaksinasi tidak akan membatalkan puasa. Fatwa tersebut bisa dibaca disini. 

Pastinya, ketika sahur dan berbuka puasa, konsumsilah makanan yang bergizi dan menyehatkan. Jika kamu memiliki penyakit kronik seperti jantung, sakit ginjal dan diabetes, tetap dianjurkan untuk cek rutin ke dokter agar kondisi tubuh terkontrol. 

Untuk mengetahui jadwal Vaksinasi COVID-19 bisa langsung lihat di Instagram Dinas Kesehatan Prov. DKI Jakarta: @dinkesdki 

 

Sumber: Farag et all, The Impact of Ramadhan Fasting On Immune System Function During COVID-19 Pandemic. Integr Food Nutr Metab, 2020 

Hannan Md et al. Intermittent Fasting, A Possible Priming Tool For Host  Defense Against SARSCov-2 Infection: Crosstalk Among Calorie Restriction, autophagy and immune response, immunology letters 226, 2020. 

https://mui.or.id/produk/fatwa/30571/fatwa-nomor-13-tahun-2021-tentang-hukum-vaksinasi-COVID-19-saat-berpuasa/