blog-img-10

Keterangan : Semarakkan Puncak Peringatan HKN 2023, Dinas Kesehatan Provinsi DKI Jakarta Gelar Pengukuhan Kader Tanggap Darurat Kesehatan dan Pengumuman Pemenang Lomba serta Penyerahan Hadiah

Posted by : Administrator

Semarakkan Puncak Peringatan HKN 2023, Dinas Kesehatan Provinsi DKI Jakarta Gelar Pengukuhan Kader Tanggap Darurat Kesehatan dan Pengumuman Pemenang Lomba serta Penyerahan Hadiah

Jakarta, 17 Desember 2023- Dinas Kesehatan Provinsi DKI Jakarta menggelar Puncak Hari Kesehatan Nasional (HKN) ke-59 Tahun 2023 yang bertema "Menuju Jakarta Kota Global dengan Meningkatkan Ketahanan Kesehatan"  di lokasi car free day (CFD) Imam Bonjol Jakarta. Kegiatan ini merupakan salah satu bagian dari rangkaian peringatan Hari Kesehatan Nasional yang diselenggarakan oleh Dinas Kesehatan. Adapun yang dilakukan pada kegiatan tersebut yaitu senam bersama, gladi Kegawatdaruratan kesehatan, pengukuhan kader tanggap darurat kesehatan dan pengumuman pemenang lomba serta penyerahan hadiah lomba HKN ke-59.

Agenda ini dihadiri oleh Kepala Pusat Krisis Kesehatan Kementerian Kesehatan RI Sumarjaya, Sekretaris Daerah Provinsi DKI Jakarta Joko Agus Setyono, Asisten Kesejahteraan Rakyat Sekretaris Daerah DKI Jakarta Widyastuti dan Kepala Dinas Kesehatan Provinsi DKI Jakarta Ani Ruspitawati.

Sekretaris Daerah Provinsi DKI Jakarta, Joko Agus Setyono mengatakan bahwa ketahanan kesehatan itu sangat penting bagi Jakarta yang saat ini menuju kota global yang berdaya saing di dunia. Menurutnya, sebagai kota global Jakarta harus meningkatkan ketahanan terhadap segala ancaman dan tantangan termasuk dalam hal ini kesehatan. 

"Saya mewakili bapak gubernur dengan bangga mengumumkan peresmian sebuah inisiatif yang signifikan dan penting yaitu pengukuhan kader tanggap darurat kesehatan. Saya ucapkan selamat sekaligus mengapriesiasi kepada lebih dari 5 ribu kader tanggap darurat kesehatan yang dikukuhkan hari ini sebagai First Aid Responder untuk kejadian kegawatdaruratan di masyarakat," tutur Joko.

Lebih lanjut, Joko menambahkan bahwa Pemerintah Provinsi DKI Jakarta mengajak kepada masyarakat dan insan kesehatan untuk bersama-sama mendukung dan berusaha aktif menyukseskan program kesehatan untuk mencapai cita-cita sebagai kota global. "Mari kita bangun infrastuktur perawatan kesehatan yang tidak hanya responsif tetapi juga antisipatif, memastikan keselamatan dan kesejahteraan masyarakat.  Bersama jadikan HKN ke-59 ini sebagai momentum untuk mengingatkan kembali komitmen dan tanggung jawab kita terhadap kesehatan bangsa Indonesia, khususnya di wilayah DKI Jakarta," ujar Sekda DKI Jakarta.

Sementara itu, Kepala Dinas Kesehatan Provinsi DKI Jakarta, Ani Ruspitawati dalam laporannya mengungkapkan ada beberapa rangkaian kegiatan lomba olahraga dalam menyambut HKN 2023 antara lain yaitu Tenis Meja, Mini Soccer, dan Bulutangkis yang diikuti oleh fasilitas layanan kesehatan Rumah Sakit dan Puskesmas yang ada di seluruh wilayah DKI Jakarta.

"Dinas Kesehatan juga menyelenggarakan kompetisi untuk Gugus Kendali Mutu guna menstimulasi inovasi di seluruh jajaran Dinas Kesehatan Provinsi DKI Jakarta. Adapun pemenangnya yaitu Kategori Puskesmas dimenangkan oleh Puskesmas Pulogadung dan Kategori RSUD/RSKD/UPT juaranya adalah UP Jamkesjak," ungkap Ani.

Selanjutnya, pada 12-13 Desember 2023 Dinas Kesehatan Provinsi DKI Jakarta menggelar Pertemuan Ilmiah Tahunan (PIT) yang kelima yang berlangsung di Hotel Bidakara bersamaan dengan beberapa kegiatan lainnya seperti Seminar, Workshop, Bussiness Matching dan Lomba Line Dance serta Lomba Karaoke yang melibatkan 44 Puskesmas dan 32 Rumah Sakit yang ada di wilayah DKI Jakarta.

"Pada peringatan puncak HKN 2023 ke-59 ini, kami juga akan melaksanakan pengukuhan terhadap sekitar 5 ribu kader tanggap darurat kesehatan (First Aid Responder) secara simbolis. Hal ini merupakan suatu langkah penting dalam meningkatkan ketahanan dan kesiapsiagaan di provinsi DKI Jakarta," tandasnya.

Ani juga menjelaskan bahwa kader tanggap darurat kesehatan adalah seseorang yang telah dilatih untuk memberikan pertolongan pertama pada keadaan darurat atau kecelakaan sebelum bantuan medis tiba.

"Kader-kader ini adalah masyarakat awam yang mendapatkan pelatihan sehingga memiliki keterampilan untuk menangani situsi darurat serta memberikan perawatan sementara pada kondisi yang memerlukan perhatian medis segera," pungkas Ani.

Dinas Kesehatan Provinsi DKI Jakarta melalui Pusat Krisis dan Kegawatdaruratan Kesehatan Daerah dan tim Puskesmas Kebayoran Lama telah melatih kurang lebih 5 ribu kader kesehatan.

"Pengukuhan pada hari ini merupakan momentum kesungguhan Jakarta dalam menyediakan akses pelayanan kesehatan kepada masyarakat di dalam jejaring yang utuh mulai dari masyarakat, fasilitas ambulans, hingga fasilitas kesehatan," tutup Kepala Dinas Kesehatan.

Kembali

Dinas Kesehatan Provinsi DKI Jakarta

Jl. Kesehatan No 10
Petojo Selatan, Kecamatan Gambir, Kota Jakarta Pusat,
DKI Jakarta 10160

    Kontak

  • +62213451338
    (Senin - Kamis 08:00 - 16.00 WIB)
    (Jum'at 08:00 - 16.30)

    +62 822-1388-8006 (Hotline)
    (Senin - Kamis 08:00 - 16.00 WIB)
    (Jum'at 08:00 - 16.30)

    dinkes@jakarta.go.id

Media Sosial

   Sitemap