blog-img-10

Keterangan : Sahabat Jiwa Raih Juara di 6th Open Innovation IMERI

Posted by : Administrator

Sahabat Jiwa Raih Juara di 6th Open Innovation IMERI

Sobat Sehat,

Dinas Kesehatan Provinsi DKI Jakarta berhasil menyabet Juara ketiga dalam ajang 6th open innovation IMERI 2022, Minggu [16/10]. Tema yang diangkat pada tahun ini bertajuk Riset dan Inovasi Kedokteran Berbasis Promosi Kesehatan dan Deteksi Dini dalam Mendukung Transformasi Layanan Kesehatan di Indonesia. Tim Sahabat Jiwa yang terdiri dari dr. Widyastuti, MKM, dr. Dwi Oktavia, M.Epid, dr. Verry Adrian, M.Epid, Ida Kurniawati, SKM dan Hendra, S.Kom mempresentasikan “Sahabat Jiwa”, sebagai materi yang akan dipaparkan dihadapan para juri dari berbagai bidang diantaranya bidang Kesehatan, Teknologi dan Bisnis.

Dr. Verry Adrian, M. Epid., yang menjadi presentator mengungkapkan, bahwa sahabat jiwa dihadirkan sebagai alternatif layanan kesehatan jiwa berbasis digital yang bertujuan untuk meningkatkan kualitas layanan kesehatan masyarakat dengan memberikan layanan yang nyaman, aman dan gratis bagi warga Jakarta.

Sahabat Jiwa merupakan layanan Telekonsultasi Kesehatan Jiwa yang dikembangkan oleh Dinas Kesehatan dimana Pasien terlebih dahulu dapat melakukan skrining kesejatan jiwa dengan metode SRQ29, bila hasil skrining mengindikasikan yang bersangkutan untuk melakukan konsultasi dengan nakes dapat langsung mengakses layanan telekonsultasi Sahabat Jiwa. Tenaga Psikolog Klinis akan melakukan analisis lebih lanjut dan menilai apakah yang bersangkutan perlu mengakses layanan tingkat lanjut di Rumah Sakit atau Faskes lainnya.

“Sahabat Jiwa dapat diakses di aplikasi JakSehat yang terintegrasi dengan fitur-fitur lainnya, sehingga bila hasil penilaian Psikolog merekomendasikan orang tersebut untuk ke Rumah Sehat, yang bersangkutan bisa langsung mendaftar secara online di aplikasi JakSehat juga, dan misalnya dia ada kegawatdaruratan, dia juga bisa langsung memesan Ambulans langsung dari JakSehat juga. Jadi layanan Sahabat Jiwa tidak berdiri sendiri namun didukung dengan berbagai fitur layanan di JakSehat yang telah disiapkan oleh Dinas Kesehatan,” ucap dr. Verry Adrian.

The 6th open innovation IMERI 2022 dilaksanakan sejak pertengahan September 2022 yang diawali dengan pre-workshop. Kemudian di Bulan Oktober 2022 terpilih Top 20 Finalis yang kemudian mengikuti kegiatan lanjutan Mentoring hingga Pitching yang dilaksanakan pada tanggal 15 Oktober 2022.

Dr. Verry mengatakan, ”Sangat senang dan bangga karena produk yang kami hasilkan dirasakan manfaatnya oleh para Juri untuk diimplementasikan di masyarakat. Semoga layanan ini juga mendapatkan respon baik dari masyarakat agar apa yang kami cita-citakan benar-benar dirasakan oleh warga Jakarta.”

The 6th open innovation IMERI 2022 merupakan Penyelenggaraan ajang kompetisi inovasi dengan tujuan untuk mengembangkan produk riset maupun peningkatan pelayanan kesehatan, dengan mengedepankan ketahanan teknologi di Indonesia. 

 

 

Kembali

Dinas Kesehatan Provinsi DKI Jakarta

Jl. Kesehatan No 10
Petojo Selatan, Kecamatan Gambir, Kota Jakarta Pusat,
DKI Jakarta 10160

    Kontak

  • +62213451338
    (Senin - Kamis 08:00 - 16.00 WIB)
    (Jum'at 08:00 - 16.30)

    +62 822-1388-8006 (Hotline)
    (Senin - Kamis 08:00 - 16.00 WIB)
    (Jum'at 08:00 - 16.30)

    dinkes@jakarta.go.id

Media Sosial

   Sitemap