Box Layout

HTML Layout
Backgroud Images
Backgroud Pattern
blog-img-10

Posted by : Administrator

Rumah Sehat Untuk Jakarta, Wujud Peningkatan Pelayanan Kesehatan Bagi Warga Jakarta

Pemerintah Provinsi DKI Jakarta melalui Dinas Kesehatan melaksanakan Pencanangan Penjenamaan Rumah Sehat Untuk Jakarta dan Bulan Imunisasi Anak Nasional tingkat Provinsi DKI Jakarta, Rabu [3/8]. Kegiatan ini berlangsung di RSUD Cengkareng, Jakarta Barat. Turut hadir dalam pencanangan ini yaitu Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan, Ph.D, Dirjen Kesmas Kementerian Kesehatan RI, dr. Maria Endang Sumiwi, MPH, Kepala Dinas Kesehatan Provinsi DKI Jakarta, dr. Widyastuti, MKM dan para undangan lainnya.

Dalam sambutannya, Kepala Dinas Kesehatan, dr. Widyastuti mengungkapkan pencanangan ini sinergis dengan peta jalan Transformasi Sistem Kesehatan yang dicanangkan oleh Kementerian Kesehatan. Oleh karena itu, Dinas Kesehatan memulai proses transformasi sejak Awal Tahun 2020 dengan melaksanakan kaji banding ke beberapa Instansi Pemerintah dan Non-Pemerintah, baik dari kalangan kesehatan dan non-kesehatan.

“Rumah Sehat untuk Jakarta merupakan sebuah Penjenamaan Layanan Kesehatan milik Pemprov DKI Jakarta, yang sebelumnya 31 RSUD kita memiliki logo yang berbeda-beda menjadi 1 logo yang sama.  Penjenamaan Rumah Sehat untuk Jakarta merupakan komitmen mewujudkan Transformasi Layanan Kesehatan termasuk diantaranya Transformasi Digital,” ucap Kepala Dinas Kesehatan Provinsi DKI Jakarta, dr. Widyastuti, MKM.

Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan juga mengatakan bahwa pencanangan penjenamaan RSUD menjadi Rumah Sehat Untuk Jakarta adalah untuk mengubah mindset setiap orang agar tidak hanya datang ke rumah sakit ketika kondisi sakit.

“Rumah Sehat untuk Jakarta hadir, agar setiap orang tidak hanya datang pada saat kondisi sakit saja, namun juga dalam menjaga kualitas kesehatan. Bapak/ibu, selama ini Rumah Sakit hanya berorientasi pada pelayanan kuratif dan rehabilitatif saja, sehingga datang ke rumah sakit hanya untuk sembuh. Saya ingin, agar Rumah Sehat menjalankan pelayanan preventif dan promotif dalam menjaga dan meningkatkan kualitas kesehatan,”tutur Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan.

Lanjut Gubernur Anies Baswedan, berharap, masyarakat DKI Jakarta agar lebih sering melakukan tes kesehatan secara rutin demi menjaga kualitas kesehatan. Sebagai informasi, Pencanangan Penjenamaan Rumah Sehat Untuk Jakarta dilakukan serentak di lima wilayah lainnya termasuk Kepulauan Seribu.

 

Gubernur Anies Baswedan Ajak Orang Tua Lengkapi Imunisasi Anak di BIAN

Dalam kesempatan yang sama pula, Gubernur Anies Baswedan menghimbau kepada orang tua untuk melengkapi status imunisasi bagi anak-anak, melalui program Bulan Imunisasi Anak Nasional (BIAN). Dilansir dari Kementerian Kesehatan RI, Imunisasi berfungsi meningkatkan kekebalan seseorang secara aktif terhadap suatu penyakit, sehingga apabila suatu saat terpajan dengan penyakit tersebut tidak akan sakit atau hanya mengalami sakit ringan.

“Kami katakan kepada seluruh orang tua, imunisasi adalah upaya untuk melindungi orang yang kita cintai. Jika kita cinta kepada anak kita, lindungi anak kita. Jangan sampai anak kita ini bertumbuh berinteraksi dengan lingkungannya tanpa memiliki bekal imunisasi. Ini bukan soal Program Pemerintah, ini soal tanggung jawab kita sebagai Orang Tua, sebagai orang yang pernah melewati masa kecil yang sehat, agar generasi berikutnya tidak kalah sehat,” ucap Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan.

Diakui, Program Imunisasi sempat terhambat lantaran pandemi COVID-19S yang melanda Indonesia. Gubernur Anies Baswedan menuturkan Bulan Imunisasi Anak Nasional (BIAN) menjadi konsentrasi Pemprov DKI saat ini. Dirinya berharap para orang tua untuk membawa anak-anaknya menerima imunisasi.[prm/hms]