blog-img-10

Keterangan : Lagi Ramai di Media Sosial, Alopecia Itu Apa Sih? 

Posted by : Administrator

Lagi Ramai di Media Sosial, Alopecia Itu Apa Sih? 

Dunia sedang heboh, tatkala perhelatan Academy Awards 2022 diwarnai aksi tamparan yang dilakukan bintang Will Smith kepada komedian Chris Rock. Pasalnya Chris membuat pernyataan seputar penyakit istri sang aktor Will Smith yang menjadi candaan bagi semua hadirin di Academy Awards. Diketahui, istri Will Smith, Jada Pinkett mengalami penyakit yang disebut Alopecia. Sebenarnya apa itu penyakit Alopecia? 

Lengkapnya, Alopecia Areata merupakan kebotakan atau kerontokan rambut yang disebabkan oleh penyakit Autoimun. Sistem imun kemudiaan menyerang Folikel rambut yang akhirnya membuat penderitanya mengalami kerontokan. Siapapun bisa mengalami penyakit ini dan umumnya Alopecia menyerang sel rambut yang ada di kepala. Folikel rambut yang diserang akan mengecil dan berhenti memproduksi rambut secara bertahap. Belum diketahui penyebab mengapa sistem imun merusak Folikel rambut. Namun, kemungkinan lainnya bisa menjadi pemicu seperti stres fisik/psikis hingga perubahan hormon. 

Perlu diketahui juga Healthies, faktor yang bisa meningkatkan resiko terkena Alopecia Areata seperti; 

- Ada keluarga dekat/turunan yang menderita Alopecia Areata atau autoimun lainnya 

- Ada gangguan kromosom 

- Kurang vitamin D, Tiroid, Dermatitis Atopik, Systemic Lupus Erythematosus hingga Vitiligo 

- Kurang Gizi dan stres  

 

Penyakit yang diidap oleh Jada Pinkett Smith ini bisa diidap oleh siapa pun dan segala usia. Kerontokan rambut di kepala bukan hanya menjadi fokus pada penyakit ini, namun pada rambut lainnya seperti alis, bulu mata, bulu hidung, ketiak hingga kumis dan janggut. Tanda atau gejala yang dialami adalah, kerontokan rambut tidak disertai rasa sakit. Selain itu, gejala lainnya meliputi; 

- Kebotakan berpola bulat seperti pitak yang sebelumnya ditumbuhi rambut 

- Kebotakan bisa terjadi pada bagian bawah, samping atau melingkari belakang kepala 

- Jika rambut kembali tumbuh, maka model rambut yang tumbuh akan berbeda dari sebelumnya (rambut lurus menjadi keriting) 

Alopecia juga memiliki beberapa tipe, seperti kebotakan yang menyeluruh di satu tempat semisalnya area kepala saja, dinamakan Alopecia Areata Totalis. Sedangkan jika kebotakan terjadi di seluruh tubuh yang ditumbuhi rambut, maka disebut dengan Alopecia Areata Universalis. Kuku penderita Alopecia juga mengalami perubahan seperti terlihat kemerahan hingga terasa kasar dan tipis. 

Untuk mendiagnosis Alopecia Areata, biasanya dilakukan beberapa pemeriksaan penunjang, seperti; 

- Tes darah, ini dilakukan jika pasien mengalami autoimun atau penyakit lainnya yang membuat kebotakan terjadi.  

- Biopsi, dengan mengambil sampel kulit kepalauntuk diperiksa. Ini dilakukan untuk meneliti ada tidaknya ketidaknormalan sel dan jaringan pada kulit kepala. 

Sayangnya, belum ditemukan pengobatan penyakit ini. Namun penanganan yang diberikan adalah untuk meredakan keluhan, mencegah kambuhnya keluhan, serta memberikan konseling untuk beradaptasi dengan kondisinya. Kabar baiknya, beberapa kasus Alopecia Areata ini dapat pulih sendiri. Untuk memulihkan rambut, biasanya dokter akan memberikan beberapa obat yang dapat merangsang pertumbuhan rambut. 

Berbicara mengenai pemicu timbulnya Alopecia Areata yang salah satunya adalah stres, maka perlu dihindari rasa stres tersebut dengan cara melakukan hobi yang disukai, mengobrol dengan keluarga, mendengarkan musik atau bermain game.[prm/hms]

source: berbagai sumber foto: google images

 

Kembali

Dinas Kesehatan Provinsi DKI Jakarta

Jl. Kesehatan No 10
Petojo Selatan, Kecamatan Gambir, Kota Jakarta Pusat,
DKI Jakarta 10160

    Kontak

  • +62213451338
    (Senin - Kamis 08:00 - 16.00 WIB)
    (Jum'at 08:00 - 16.30)

    +62 822-1388-8006 (Hotline)
    (Senin - Kamis 08:00 - 16.00 WIB)
    (Jum'at 08:00 - 16.30)

    dinkes@jakarta.go.id

Media Sosial

   Sitemap