blog-img-10

Keterangan : Kesehatan Tetap Terjaga di Momen Idulfitri

Posted by : Administrator

Kesehatan Tetap Terjaga di Momen Idulfitri

Lebaran atau Idulfitri adalah momen penting bagi umat Islam di seluruh dunia sebagai perayaan kemenangan setelah menjalankan ibadah puasa selama sebulan penuh di bulan Ramadan. Lebaran jatuh pada tanggal 1 Syawal dalam kalender Hijriah atau kalender Islam.

Selama Lebaran, tradisi yang biasa dilakukan umat Islam adalah berkunjung ke rumah keluarga dan sanak saudara untuk saling memperkuat silaturahmi, bermaaf-maafan dan berbagi kebahagiaan. Selain itu, juga dilakukan berbagai tradisi seperti memberikan sedekah atau zakat kepada orang yang membutuhkan.

Idulfitri sangat dinanti-nanti oleh banyak muslim di Indonesia, namun perlu diingat bahwa kesehatan tetap menjadi prioritas utama. Seiring dengan adanya libur panjang selama lebaran, terkadang membuat kita lupa dan abai untuk memperhatikan kesehatan tubuh. Berikut adalah beberapa hal yang perlu diperhatikan untuk menjaga kesehatan selama lebaran:

1. Jagalah pola makan sehat 

Konsumsi makanan sehat dan seimbang yang kaya akan nutrisi seperti sayuran, buah-buahan, protein nabati dan hewani yang rendah lemak serta karbohidrat kompleks, serat, dan vitamin. Hindari makanan yang mengandung lemak jenuh, gula, dan garam berlebih.

2. Menjaga asupan cairan tubuh

Selama Ramadan kita sudah belajar untuk menjaga asupan cairan tubuh agar tetap terhidrasi selama berpuasa. Begitupun selama lebaran, pastikan tubuh terhidrasi dengan baik dengan mengonsumsi air putih yang cukup. Hindari minuman yang mengandung gula tambahan dan kafein berlebih.

3. Berolahraga secara teratur

Lebaran harus tetap jadi sarana kita untuk berolahraga. Lakukan olahraga ringan seperti berjalan atau bersepeda setiap hari untuk menjaga kesehatan dan kebugaran tubuh. Lakukan olahraga ringan tersebut, karena berguna membakar kalori dan menjaga kesehatan jantung.

4. Menjaga kesehatan mental

Lebaran dapat menjadi momen yang penuh dengan stres dan kecemasan. Waktu istirahat yang cukup sangat penting bagi tubuh. Selain istirahat yang cukup, menjaga kesehatan mental dengan melakukan aktivitas yang menyenangkan dan relaksasi seperti meditasi atau yoga juga bisa menjadi opsi terbaik.

5. Hindari makanan cepat saji 

Beberapa makanan cepat saji atau fastfood, gorengan, dan makanan yang mengandung bahan pengawet dan pewarna buatan tidak disarankan untuk dikonsumsi berlebih selama lebaran.

6. Menghindari kerumunan dan tetap mematuhi protokol kesehatan

Hindari kerumunan dan tetap mematuhi protokol kesehatan seperti memakai masker, mencuci tangan dengan sabun, dan menjaga jarak sosial ya sobat sehat!

 

Dengan memperhatikan hal-hal tersebut, semoga kita dapat menjaga kesehatan selama lebaran dan menikmati momen tersebut dengan lebih baik dan nyaman. 

Selamat Idulfitri 1444 Hijriah, mohon maaf lahir dan batin. [RH]

 

Referensi:

Harvard T.H. Chan School of Public Health. (2021). Healthy Eating Plate & Healthy Eating Pyramid.

Departemen Kesehatan RI. (2019). Pedoman Gizi Seimbang untuk Keluarga.

Kementerian Kesehatan RI. (2019). Panduan Hidup Sehat.

https://sehatnegeriku.kemkes.go.id/baca/umum/20190523/4130354/agar-sehat-saat-mudik-lakukan-2-hal/

Foto: freepik.com

Kembali

Dinas Kesehatan Provinsi DKI Jakarta

Jl. Kesehatan No 10
Petojo Selatan, Kecamatan Gambir, Kota Jakarta Pusat,
DKI Jakarta 10160

    Kontak

  • +62213451338
    (Senin - Kamis 08:00 - 16.00 WIB)
    (Jum'at 08:00 - 16.30)

    +62 822-1388-8006 (Hotline)
    (Senin - Kamis 08:00 - 16.00 WIB)
    (Jum'at 08:00 - 16.30)

    dinkes@jakarta.go.id

Media Sosial

   Sitemap