blog-img-10

Keterangan : Gelar Acara Puncak Pekan Imunisasi Dunia 2023, Dinas Kesehatan Provinsi DKI Jakarta Apresiasi Kota dan Sekolah Penyelenggara Imunisasi

Posted by : Administrator

Gelar Acara Puncak Pekan Imunisasi Dunia 2023, Dinas Kesehatan Provinsi DKI Jakarta Apresiasi Kota dan Sekolah Penyelenggara Imunisasi

Jakarta, 13 Mei 2023 - Dinas Kesehatan Provinsi DKI Jakarta menggelar acara puncak Pekan Imuniasi Dunia (PID) tahun 2023 pada Sabtu (13/5) di Kota Kasablanka, Jakarta Selatan dengan mengusung tema “Ayo lindungi diri, keluarga dan masyarakat dengan imunisasi lengkap” dengan tema global “The Big Catch-Up”. Acara Puncak PID tahun ini bertujuan untuk mengapresiasi Kota Administrasi Penyelenggara Imunisasi Terbaik dan Sekolah dengan Cakupan Imunisasi Anak Sekolah Terbaik sekaligus mengajak orang tua agar terus melengkapi kebutuhan imunisasi anaknya.

Pekan Imunisasi Dunia yang diperingati setiap tanggal 16-22 April diprakarsai dalam sidang World Health Assembly (WHA) pada Mei 2012 dan telah dilaksanakan oleh lebih dari 180 negara. Seiring perkembangan teknologi kesehatan, jenis-jenis vaksin juga semakin beragam untuk mengendalikan berbagai penyakit yang dapat dicegah dengan imunisasi. Jenis vaksin yang menjadi bagian program imunisasi rutin yang disediakan pemerintah juga semakin beragam, seperti Hepatitis B, BCG, Polio, Difteri, Pertusis, Tetanus, Haemofilus Influenzae Tipe B, Campak, Rubella, dan Human Papilloma Virus.

Asisten Kesejahteraan Rakyat (Askesra) Sekretaris Daerah (Setda) DKI Jakarta, Widyastuti, memberikan apresiasi setinggi-tingginya kepada Kota Administrasi Penyelenggara Imunisasi Terbaik dan Sekolah dengan Cakupan Imunisasi Anak Sekolah Terbaik. “Jakarta perlu melakukan percepatan banyak program yang mengalami ketertinggalan selama masa pandemi kemarin salah satunya di bidang program imunisasi rutin ini yang bertujuan untuk melindungi para anak kita dari penyakit-penyakit yang dapat menyebabkan kematian jika diderita oleh anak. Untuk itu, momentum pekan imunisasi dunia ini, diharapkan memberikan pemahaman bahwa imunisasi hanya untuk anak dapat diganti menjadi bahwa imunisasi dilakukan untuk melindungi diri sendiri, keluarga, dan masyarakat,” ujar Widyastuti.

Lebih lanjut, Widyastuti menambahkan bahwa masa pandemi Covid-19 telah memberikan beberapa tantangan tersendiri di Provinsi DKI Jakarta, terutama berkaitan dengan rendahnya akses terhadap pelayanan imunisasi dan pelayanan kesehatan ibu hamil. Tantangan imunisasi berkaitan dengan keraguan untuk membawa anak-anak nya mendapatkan pelayanan kesehatan karena takut tertular dengan COVID-19, kesulitan untuk mengakses pelayanan karena kebijakan selama masa pandemi dan berkurangnya jam pelayanan imunisasi. 

Pada kesempatan yang sama, Plt. Kepala Dinas Kesehatan Provinsi DKI Jakarta, Ani Ruspitawati, mengatakan penurunan cakupan imunisasi yang di Jakarta selama tahun 2020 dan 2021 menyebabkan beberapa penyakit kembali muncul dan meningkat seperti difteri, campak, TBC, dan lain-lain sebagainya. “Saat ini, Puskesmas kami telah secara aktif bermitra dengan fasilitas kesehatan di wilayahnya. Hal ini dilakukan sebagai langkah jemput bola agar anak-anak dapat melengkapi imunisasinya sebelum berusia 5 tahun. Kami juga berterima kasih untuk peran pasukan akar rumput (lapangan) RT, RW, kader, tokoh masyarakat dan tokoh agama yang senantiasa menciptakan cakupan imunisasi yang tinggi, merata, dan bermutu,” ungkap Ani. 

Dalam acara puncak PID 2023 tersebut, Dinas Kesehatan Provinsi DKI Jakarta meluncurkan Kick Off Kerjasama Penguatan Sistem Layanan Kesehatan untuk Percepatan Penurunan Angka Kematian Ibu (AKI) dan Angka Kematian Bayi (AKB) bersama Program USAID Momentum Private Healthcare Delivery (MPHD) dengan melibatkan 8 organisasi profesi dan 5 asosiasi fasilitas kesehatan di Provinsi DKI Jakarta.

Tidak hanya itu, kegiatan PID kali ini juga menyediakan Konsultasi Gratis Kesehatan dan Imunisasi bersama pakar imunisasi dari IDAI dan PAPDI Jaya, posyandu, posbindu, dan vaksinasi COVID-19 oleh Puskesmas, talkshow serta pameran booth para sponsor Mal Kota Kasablanka, RMHC, Takeda, Bank DKI, Biofarma, One Ject, dan USAID.

“Mari bersama-sama kita lengkapi imunisasi setiap anak di Jakarta agar ke depannya Indonesia memiliki generasi anak-anak emas sebagai penerus generasi kita semua. Dinas Kesehatan Provinsi DKI Jakarta akan terus berkomitmen memberikan pelayanan kesehatan yang terbaik untuk seluruh masyarakat Jakarta. Sukses Jakarta untuk Indonesia,” tutup Ani Ruspitawati. [RH]

Kembali

Dinas Kesehatan Provinsi DKI Jakarta

Jl. Kesehatan No 10
Petojo Selatan, Kecamatan Gambir, Kota Jakarta Pusat,
DKI Jakarta 10160

    Kontak

  • +62213451338
    (Senin - Kamis 08:00 - 16.00 WIB)
    (Jum'at 08:00 - 16.30)

    +62 822-1388-8006 (Hotline)
    (Senin - Kamis 08:00 - 16.00 WIB)
    (Jum'at 08:00 - 16.30)

    dinkes@jakarta.go.id

Media Sosial

   Sitemap