blog-img-10

Keterangan : Fitur Sijejak Kini Tersedia di Aplikasi PeduliLindungi

Posted by : Administrator

Fitur Sijejak Kini Tersedia di Aplikasi PeduliLindungi

Ada kabar baik lagi Healthies! Kementerian Kesehatan (Kemenkes) melalui Digital Transformation Office (DTO) secara resmi meluncurkan fitur terbaru di Aplikasi PeduliLindungi yaitu  Sijejak. Sijejak merupakan fitur pelacakan kontak erat COVID-19 jarak dekat yang dapat diakses melalui aplikasi PeduliLindungi yang kita miliki saat ini.

Chief of DTO Kemenkes, Setiaji mengatakan, sistem kerja Sijejak yaitu dengan memanfaatkan pertukaran sinyal bluetooth dari jarak kurang dari dua meter untuk mengumpulkan data kontak erat di antara para pengguna aplikasi PeduliLindungi dan menyimpannya di masing-masing ponsel maksimal selama 14 hari.

“Fitur ini membantu pengguna PeduliLindungi mendapatkan informasi lebih cepat saat dirinya terdeteksi sebagai salah satu yang melakukan kontak erat dengan orang terkonfirmasi positif COVID-19. Sehingga mereka dapat segera melakukan tes dan karantina mandiri,” ujar Chief of DTO Kemenkes, Setiaji.

Lanjutnya, ketika pengguna aplikasi ini terdeteksi sebagai orang yang terkonfirmasi positif COVID-19, maka sistem Sijejak akan otomatis meminta persetujuan untuk mengunggah data pertukaran bluetooth yang sudah tersimpan sebelumnya. Setelah terunggah di sistem, maka pihak yang terdata dan mengalami kontak erat dengan orang yang positif COVID-19 akan menerima pesan pemberitahuan langsung melalui WhatsApp, yang berisi himbauan untuk segera melakukan test COVID-19 dan karantina secara mandiri.

Tentunya, Setiaji juga menjamin atas privasi serta keamanan data yang dimiliki pengguna Sijejak tetap aman. Ia juga mengatakan Aplikasi ini juga tidak akan menyebar informasi data pribadi, baik yang tersimpan di sistem atau disebar atar pengguna.

Fitur Sijejak dapat digunakan di aplikasi PeduliLindungi versi 4.1.16 untuk pengguna Android 6.0 (Marshmallow) ke atas dan seluruh pengguna iOS dengan mengikuti cara berikut ini:

Unduh aplikasi PeduliLindungi versi terbaru
* Buat akun baru atau log in bila telah memiliki akun PeduliLindungi
* Buka menu Profil di kiri atas layar dan pilih fitur “Sijejak – Lacak Kontak Erat”
* Aktifkan Sijejak dengan mengetuk tombol pada atas layar
* Nyalakan bluetooth dan berikan akses ke perangkat sekitar agar fitur dapat berjalan dengan baik.

 

sumber: Kementerian Kesehatan RI

Kembali

Dinas Kesehatan Provinsi DKI Jakarta

Jl. Kesehatan No 10
Petojo Selatan, Kecamatan Gambir, Kota Jakarta Pusat,
DKI Jakarta 10160

    Kontak

  • +62213451338
    (Senin - Kamis 08:00 - 16.00 WIB)
    (Jum'at 08:00 - 16.30)

    +62 822-1388-8006 (Hotline)
    (Senin - Kamis 08:00 - 16.00 WIB)
    (Jum'at 08:00 - 16.30)

    dinkes@jakarta.go.id

Media Sosial

   Sitemap