blog-img-10

Keterangan : Dinas Kesehatan Siapkan Dukungan Kesehatan dan Vaksinasi di Sejumlah Terminal DKI Jakarta

Posted by : Administrator

Dinas Kesehatan Siapkan Dukungan Kesehatan dan Vaksinasi di Sejumlah Terminal DKI Jakarta

Mengingat libur Natal Tahun 2022 dan Tahun Baru 2023 masih dalam masa pandemi COVID-19 diperlukan  kesiapsiagaan sektor Kesehatan sebagai upaya pencegahan dan pengendalian penyakit COVID-19. pemberian pelayanan kesehatan selama mobilisasi masyarakat menghadapi liburan meliputi pengobatan penyakit sehari-hari, penyakit akibat perjalanan, tindakan kesehatan pada kecelakaan lalu lintas, serta melakukan surveilans kesehatan untuk mengantisipasi potensi adanya kejadian luar biasa.

Oleh karena itu, Dinas Kesehatan Provinsi DKI Jakarta berkoordinasi dengan Dinas Perhubungan Provinsi DKI Jakarta, membentuk posko dukungan kesehatan terintegrasi. Adapun kesiagaan yang diberikan meliputi;

  1. Menyiapkan tenaga kesehatan lapangan yang berasal dari Puskesmas, RSUD, AGD Dinkes dan PPKP untuk pelayanan kesehatan kegawatdaruratan bencana dan rujukan.
  2. Kemudian menyiagakan tim skrining terintegrasi puskesmas untuk pemeriksaan kesehatan pengemudi dan satu orang petugas Kesling/Kesjaor Puskesmas untuk sosialisasi dan edukasi protokol kesehatan, pencatatan dan pelaporan serta memonitor ketersediaan logistik sesuai jadwal ditentukan.
  3. Mengadakan tim vaksinasi booster bagi penumpang dan pengemudi yang akan melakukan perjalanan.

“Masyarakat yang belum lengkap vaksinnya kami imbau untuk segera melengkapi vaksinasinya. Bahkan untuk warga yang telah berusia 60 tahun ke atas saat ini telah dapat menerima vaksinasi COVID-19 dosis ke-4 atau booster kedua. Sesuai dengan Surat Edaran (SE) satgas terakhir, untuk perjalanan dalam negeri tidak perlu melakukan antigen dan PCR asalkan sudah melengkapi vaksinnya,” lanjut Widyastuti.

Dukungan kesehatan ini terbagi di tujuh terminal di DKI Jakarta, yaitu Terminal Kp. Rambutan, Terminal Kalideres, Terminal Pulo Gebang, Terminal Tanjung Priok, Terminal Grogol, Terminal Muara Angke dan Terminal Lebak Bulus. Pelaksanaan posko kesehatan dimulai sejak tanggal 19 Desember hingga 4 Januari 2023, dengan jam kegiatan sesuai dengan jam operasional di masing-masing terminal.

Seluruh pelayanan ini dilaksanakan dalam satu posko terintegrasi dibawah koordinasi Dinas Kesehatan Provinsi DKI Jakarta.

Kembali

Dinas Kesehatan Provinsi DKI Jakarta

Jl. Kesehatan No 10
Petojo Selatan, Kecamatan Gambir, Kota Jakarta Pusat,
DKI Jakarta 10160

    Kontak

  • +62213451338
    (Senin - Kamis 08:00 - 16.00 WIB)
    (Jum'at 08:00 - 16.30)

    +62 822-1388-8006 (Hotline)
    (Senin - Kamis 08:00 - 16.00 WIB)
    (Jum'at 08:00 - 16.30)

    dinkes@jakarta.go.id

Media Sosial

   Sitemap