blog-img-10

Keterangan : Dinas Kesehatan Provinsi DKI Jakarta Menerima Kunjungan USAID Terkait Pelayanan Kesehatan Dasar yang Ada di Wilayah Perkotaan Indonesia

Posted by : Administrator

Dinas Kesehatan Provinsi DKI Jakarta Menerima Kunjungan USAID Terkait Pelayanan Kesehatan Dasar yang Ada di Wilayah Perkotaan Indonesia

Jakarta, 15 Februari 2023 - Kepala Dinas Kesehatan Provinsi DKI Jakarta Widyastuti menerima kunjungan Assistant Administrator of USAID for Global Health, Atul Gawandhe terkait pelayanan kesehatan dasar yang ada di wilayah perkotaan Indonesia, salah satunya di Puskesmas Kembangan Jakarta Barat (15/2).

Turut hadir perwakilan dari Kementerian Kesehatan RI, Dwi Meiliani, Kepala Bidang Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Dinas Kesehatan Provinsi DKI Jakarta, Dwi Oktavia Tatri Lestari Handayani, Kepala Suku Dinas Kesehatan Kota Jakarta Barat Erizon Safari, dan Kepala Puskesmas Kecamatan Kembangang Jakarta Barat, Rosvita Nur Aini.

Menurut Kepala Dinas Kesehatan Provinsi DKI Jakarta Widyastuti, “Kami telah mengembangkan banyak hal positif bersama USAID di Puskesmas Kecamatan Kembangan dan kecamatan lainnya di seluruh DKI Jakarta. Kami juga bekerja sama dengan rumah sakit di sekitar Puskesmas untuk menggalakkan program untuk mengatasi TBC,” ungkap Widyastuti.

Dinas Kesehatan Provinsi DKI Jakarta juga mendukung penguatan dalam rangka menurunkan angka kesakitan dan kematian ibu dan anak, salah satu programnya yaitu melalui Momentum Private Health Delivery (MPHD) yang kegiatannya berupa peningkatan kapasitas kompetensi tenaga kesehatan melalui berbagai webinar maupun sosialisasi berbagai pendampingan terutama di private sector.

“Kami sangat mengapresiasi kerja sama dengan USAID ini. Karena strategi yang dirancang sangat tepat dan tentunya sejalan dengan program nasional dimana masalah kesehatan bukan hanya menjadi tanggung jawab pemerintah tapi juga keterlibatan private sector menjadi sangat penting,” pungkas Widyastuti.

Di lain pihak, Assistant Administrator of USAID for Global Health Atul Gawandhe mengungkapkan bahwa USAID mendukung Indonesia untuk mencegah krisis kesehatan publik yang dapat merugikan perekonomian bangsa dan juga merugikan masyarakat secara umum.

“Kami membantu Indonesia mengatasi TBC dan HIV/AIDS serta mengatasi ancaman pandemi yang muncul seperti flu burung dan COVID-19. Kegiatan kami membantu lebih banyak ibu agar dapat melahirkan bayi yang sehat dan memperluas akses air minum, higiene, dan sanitasi bagi masyarakat yang paling memerlukan,” ujar Atul. 

Pada kesempatan yang sama, Perwakilan Kementerian Kesehatan RI Dwi Meiliani memberikan apresiasi, “Kami berterima kasih kepada Dinas Kesehatan Provinsi DKI Jakarta yang bersama Kemkes RI menyukseskan tujuan kita bersama dalam agenda kesehatan. Tidak lupa juga, kami ucapkan terima kasih kepada USAID yang telah mendukung dan turut berkolaborasi bersama dalam berbagai program-program Kemkes RI,” pungkas Dwi.

Lebih lanjut, Dwi menambahkan bahwa kunjungan ini tentunya sangat positif bagi Kementerian Kesehatan RI dan Dinas Kesehatan Provinsi DKI Jakarta beserta jajaran di bawahnya. “Semoga kerja sama ini bisa berjalan dengan baik. Ke depannya, kami berharap (kerja sama) ini bisa menjawab berbagai masalah kesehatan yang ada di Indonesia tidak hanya di Jakarta,” tutup Dwi. [RH]

Kembali

Dinas Kesehatan Provinsi DKI Jakarta

Jl. Kesehatan No 10
Petojo Selatan, Kecamatan Gambir, Kota Jakarta Pusat,
DKI Jakarta 10160

    Kontak

  • +62213451338
    (Senin - Kamis 08:00 - 16.00 WIB)
    (Jum'at 08:00 - 16.30)

    +62 822-1388-8006 (Hotline)
    (Senin - Kamis 08:00 - 16.00 WIB)
    (Jum'at 08:00 - 16.30)

    dinkes@jakarta.go.id

Media Sosial

   Sitemap