blog-img-10

Keterangan : Dinas Kesehatan Laksanakan Bimtek RS Rujukan Malaria 

Posted by : Administrator

Dinas Kesehatan Laksanakan Bimtek RS Rujukan Malaria 

"Dinas Kesehatan melaksanakan Bimbingan Teknis (Bimtek) ke Rumah Sakit Rujukan Malaria, bertempat di Rumah Sakit Pusat Infeksi (RSPI) Sulianti Saroso, Rabu (13/4). Dalam kegiatan ini dihadiri oleh Pengelola Program Malaria dari Sub Koordinator Urusan Penyakit Menular Tular Vektor dan Zoonosis (PMTVZ) Dinas Kesehatan Provinsi DKI Jakarta, Pendamping Malaria Untuk Provinsi DKI Jakarta dari WHO-Kementerian Kesehatan, Penanggungjawab Program Malaria, Surveilans dan Farmasi Suku Dinas Kesehatan Jakarta Utara, para Direksi RSPI Sulianti Saroso, Ketua Tim Malaria RSPI dan para Kepala Instalasi/perwakilan dari bagian Laboratorium, Surveilans, Farmasi dan Rekam Medis RSPI.  

Menurut perwakilan dari Sub Koordinasi PMTVZ, dr. Sinthania K. Magdalena selaku pengelola program malaria Dinas Kesehatan Provinsi, Bimtek ini dilaksanakan dalam rangka Monitoring Evaluasi Program Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Malaria pada Kabupaten/Kota di DKI Jakarta yang telah mendapatkan sertifikasi Eliminasi Malaria sejak 2014. 

“Bimtek ini dilaksanakan dalam rangka Monitoring Evaluasi Program Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Malaria pada Kabupaten/Kota di DKI Jakarta yang telah mendapatkan sertifikasi Eliminasi Malaria sejak 2014 sekaligus juga sebagai rangkaian persiapan penilaian Sertifikasi Eliminasi Malaria tingkat Provinsi,” ucap dr Sinthania K. Magdalena. 

Ke depannya, kegiatan Bimtek ini dapat dilakukan di semua Rumah Sakit Rujukan Malaria yang ada di Provinsi DKI Jakarta, sehingga Rumah Sakit tersebut dapat melakukan diagnostik dan tatalaksana yang tepat serta pencatatan pelaporan yang cepat dalam penanganan pasien dengan penyakit Malaria. 

Ada 2 strategi penting dalam pemeliharaan eliminasi Malaria, yaitu penemuan penderita/kasus dan pengendalian vektor malaria. Bimtek ini merupakan salah satu bentuk evaluasi dari penemuan penderita/kasus malaria, sekaligus juga membentuk jejaring komunikasi, kolaborasi dan kerjasama yang baik dengan semua Rumah Sakit Rujukan Malaria yang ada di Provinsi DKI Jakarta baik dari sisi surveilans, diagnostik dan tatalaksana pengobatan. [prm/hms] 

Kembali

Dinas Kesehatan Provinsi DKI Jakarta

Jl. Kesehatan No 10
Petojo Selatan, Kecamatan Gambir, Kota Jakarta Pusat,
DKI Jakarta 10160

    Kontak

  • +62213451338
    (Senin - Kamis 08:00 - 16.00 WIB)
    (Jum'at 08:00 - 16.30)

    +62 822-1388-8006 (Hotline)
    (Senin - Kamis 08:00 - 16.00 WIB)
    (Jum'at 08:00 - 16.30)

    dinkes@jakarta.go.id

Media Sosial

   Sitemap