Box Layout

HTML Layout
Backgroud Images
Backgroud Pattern
blog-img-10

Posted by : Administrator

Dinas Kesehatan Berpartisipasi dalam Publik Health Fair

Untuk memeriahkan Hari Kesehatan Nasional tahun 2022, Dinas Kesehatan Provinsi DKI Jakarta berpartisipasi dalam kegiatan publik health fair, yang dilaksanakan oleh Kementerian Kesehatan RI. Kegiatan tersebut dilaksanakan di Bundaran HI, Minggu  [13/11] bertepatan dengan kegiatan Car Free Day Jakarta. Turut hadir dalam kegiatan tersebut, Direktorat Jenderal Pelayanan Kesehatan, Direktur Jenderal Tenaga Kesehatan dan Direktorat Jenderal Kesehatan Masyarakat Kementerian Kesehatan RI, Kepala Dinas Kesehatan Provinsi DKI Jakarta beserta jajarannya serta peserta dan undangan lainnya.

Pada acara ini, ada banyak kegiatan menarik yang bisa diikuti oleh masyarakat umum. Diantaranya senam transformasi kesehatan, penampilan spesial dari Anak Berkebutuhan Khusus, pertunjukan angklung oleh para lansia serta pemberian doorpize menarik kepada para peserta yang beruntung. Selain itu, digelar pula berbagai booth pemeriksaan kesehatan gratis untuk semua siklus hidup yang terbagi dalam 5 zona. Diantaranya zona pemeriksaan deteksi dini kesehatan jiwa, zona lansia, zona usia produktif, zona remaja serta ibu hamil, balita dan anak usia sekolah.

Tujuannya untuk mengenalkan dan meningkatkan kesadaran masyarakat mulai dari bayi hingga lansia, akan pentingnya cek kesehatan secara berkala sebagai upaya pencegahan risiko kesehatan atau menentukan pengobatan yang tepat kepada pasien.

“Melalui acara ini, kita ingin masyarakat di setiap fase kehidupannya, lebih memperhatikan apa yang harus dilakukan dan layanan kesehatan apa yang harus diterima, misalnya usia produktif harus mulai rutin skrining kesehatan hipertensi dan gula darah, karena itu beban terbesar kesehatan kita, kalau bisa deteksi diawal akan lebih baik,” terang Dirjen Endang.

Dengan melakukan deteksi dini, lanjut Dirjen Endang, peluang kesembuhan pasien menjadi lebih besar, sehingga biaya perawatan pasien dan potensi kecacatan serta kematian pada pasien bisa ditekan. Untuk itu, pada peringatan Hari Kesehatan Nasional ke-58 ini, ia mengajak seluruh lapisan masyarakat untuk rutin periksa kesehatan dan mulai membudayakan hidup bersih dan sehat. Caranya dengan membangun kebiasaan-kebiasaan baik seperti mengonsumsi makanan rendah gula, garam dan lemak, tidak merokok, rutin melakukan aktivitas fisik dan cek kesehatan secara berkala.