Box Layout

HTML Layout
Backgroud Images
Backgroud Pattern
blog-img-10

Posted by : Administrator

Merasakan Gejala ini? Hati-Hati Bisa Jadi Pneumonia

Sobat Sehat,

Pneumonia merupakan peradangan paru-paru yang disebabkan oleh infeksi. Peradangan ini bisa menimbulkan gejala dari ringan hingga berat sehingga ketika penderitanya mengalami Pneumonia, hal umum yang dialami seperti batuk berdahak, sesak nafas hingga demam. Perlu diketahui pula, Pneumonia memiliki nama lain yaitu paru-paru basah. Infeksi yang menjadi penyebabnya, membuat peradangan pada kantong udara atau disebut dengan alveoli, bisa di satu paru-paru atau bisa di keduanya. Peradangan ini menciptakan cairan atau nanah, sehingga penderitanya menjadi sulit bernafas.

Perlu diketahui, Pneumonia bisa juga disebabkan oleh bakteri, jamur atau virus seperti COVID-19. Selain itu, penyakit ini bisa muncul akibat penyakit paru-paru lainnya, sebut saja Tuberkulosis. Nah, sobat sehat Badan Kesehatan Dunia atau WHO merilis data di tahun 2019, yang menyatakan 740.180 anak-anak meninggal akibat Pneumonia.

 

Apa Penyebabnya?

Virus yang umum sebagai penyebab Pneumonia adalah Influenza, Respiratory Syncytial Virus (RSV), dan SARS-CoV-2. Sementara jenis bakteri yang umum menyebabkan pneumonia adalah Streptococcus Pneumonia.

Gejala yang dirasakan pun bisa bervariasi, meliputi batuk berdahak, demam, menggigil, sesak napas, nyeri dada ketika bernapas atau batuk, mual dan muntah, nafsu makan menghilang, serta tubuh yang mudah lelah.

 

Bagaimana dengan Pengobatan dan Pencegahannya?

Untuk pengobatan Pneumonia bermacam-macam, tergantung dari penyebab dan tingkat keparahannya. Jika diakibatkan oleh bakteri, maka pasiennya akan diberikan pengobatan dengan antibiotik. Selain itu, Tenaga Kesehatan juga akan memberikan obat-obatan lain sebagai Pereda gejala.

Untuk mencegah Pneumonia tentu dengan menerima vaksinasi. Pemerintah Provinsi DKI Jakarta melalui Dinas Kesehatan Provinsi DKI Jakarta mencanangkan program Pemberian Imunisasi Pneumococcal Conjugated Vaccine (PCV) di seluruh Fasilitas Kesehatan yang ada di DKI Jakarta. Tempat pelaksanaan imunisasi PCV dapat dilakukan di Posyandu, Puskesmas, Rumah Sakit pemerintah, Rumah Sakit swasta, klinik, praktik mandiri dokter, praktik mandiri bidan, dan fasilitas-fasilitas pelayanan kesehatan lainnya yang memberikan layanan imunisasi.

Selain itu, tentunya kita diminta untuk menjaga kebersihan diri atau menerapkan perilaku hidup bersih dan sehat serta menghindari kontak dengan orang sakit.