blog-img-10

Keterangan : Menghindari Gangguan Pencernaan Selama Lebaran

Posted by : Administrator

Menghindari Gangguan Pencernaan Selama Lebaran

Lebaran adalah waktu yang ditunggu-tunggu oleh banyak orang, karena di samping momen bersilaturahmi, juga terdapat banyak hidangan lezat yang disajikan. Namun, tidak jarang perut kita menjadi tidak nyaman atau bahkan terganggu pencernaannya akibat makanan yang berlebihan atau makanan yang kurang sehat.

Gangguan pencernaan adalah sekelompok kondisi yang terjadi ketika sistem pencernaan tidak berfungsi sebagaimana mestinya. Secara umum, gangguan pencernaan terbagi menjadi dua, yaitu gangguan pencernaan organik dan fungsional.

Gangguan pencernaan organik terjadi ketika ada kelainan struktural pada sistem pencernaan, yang mencegahnya bekerja dengan baik. Sementara gangguan pencernaan fungsional terjadi ketika saluran pencernaan tampak normal secara struktural tetapi masih tidak berfungsi dengan baik.

Makanan lezat selama Lebaran dapat menimbulkan gangguan pencernaan, seperti diare dan kembung. Beberapa cara untuk menghindari gangguan pencernaan selama Lebaran di antaranya:

  1. Hindari makan terlalu banyak

Cobalah untuk tidak makan terlalu berlebihan. Sebab, terlalu banyak makanan bisa membuat pencernaan menjadi lambat, mengakibatkan gangguan pencernaan seperti kembung atau diare. Untuk itu, konsumsilah makanan dalam porsi kecil dan makan dengan perlahan agar pencernaan lebih mudah menyerap makanan.

  1. Jangan minum air dingin saat makan

Hindari minum air dingin saat makan ya sobat sehat. Sebab, saat kita minum air dingin bersamaan dengan makanan, suhu dingin air tersebut dapat mempengaruhi suhu di dalam lambung dan memperlambat kerja enzim pencernaan, sehingga memperlambat proses pencernaan. Hal ini dapat membuat makanan menginap terlalu lama di dalam lambung dan dapat memicu gejala seperti perut kembung, mual, dan rasa tidak nyaman di perut.

  1. Pilih makanan yang tepat

Makanan yang tepat adalah makanan yang mengandung serat yang cukup, rendah lemak dan rendah gula, mudah dicerna, dan mengandung nutrisi yang cukup untuk menjaga kesehatan tubuh secara keseluruhan. Pilih makanan yang lebih mudah dicerna oleh pencernaan seperti sayuran, buah-buahan, dan protein yang rendah lemak.

  1. Hindari makanan yang digoreng

Makanan yang digoreng dapat mengganggu pencernaan karena proses penggorengan dapat mengubah sifat kimia dan nutrisi dalam makanan. Ketika makanan digoreng, minyak goreng yang dipakai akan mencapai suhu yang sangat tinggi, sehingga dapat mengubah struktur nutrisi dalam makanan.

Jika kita tetap ingin mengonsumsi makanan yang digoreng, sebaiknya kita memilih jenis minyak yang lebih sehat seperti minyak zaitun, dan membatasi konsumsinya agar tidak berlebihan.

  1. Minum air putih yang cukup

Minumlah air putih yang cukup untuk membantu mengeluarkan racun dari tubuh dan memperlancar pencernaan. Pastikan minum cukup air putih selama Lebaran, setidaknya 8 gelas sehari untuk membantu pencernaan dan mencegah dehidrasi.

  1. Jangan makan terlalu cepat 

Makan terlalu cepat dapat mengganggu pencernaan karena saat kita makan dengan cepat, kita cenderung menghirup banyak udara, sehingga udara masuk ke perut bersama dengan makanan. Ini dapat menyebabkan perut kembung, gas, dan rasa tidak nyaman di perut. 

Makanlah secara perlahan-lahan dan kunyah makanan dengan baik sehingga membantu mengurangi kemungkinan terjadinya gangguan pencernaan.

Beristirahatlah dengan cukup 

Istirahat yang cukup dapat menghindari gangguan pencernaan karena proses pencernaan terjadi secara optimal saat tubuh dalam kondisi tenang dan rileks. Ketika kita berada dalam kondisi stres atau kelelahan, sistem pencernaan dapat terganggu dan mengalami masalah pencernaan seperti sakit perut, kembung, atau diare. Hindari begadang atau kurang tidur, karena hal ini dapat memperlambat proses pencernaan.

 

Semoga artikel ini bermanfaat bagi sobat sehat dalam menjaga kesehatan selama Lebaran. Jangan lupa untuk selalu memperhatikan protokol kesehatan dan mengikuti saran dari dokter atau tenaga medis untuk mengetahui lebih jauh terkait kondisi kesehatan kita. [RH]

 

Referensi

WebMD - Surviving the Holidays: https://www.webmd.com/diet/features/surviving-the-holidays

Healthline - How to Avoid Digestive Problems During Ramadan: https://www.healthline.com/health/avoid-digestive-problems-ramadan

https://www.klikdokter.com/info-sehat/pencernaan/tips-menghindari-gangguan-pencernaan-saat-idul-fitri

https://www.halodoc.com/kesehatan/gangguan-pencernaan

Foto: freepik.com

Kembali

Dinas Kesehatan Provinsi DKI Jakarta

Jl. Kesehatan No 10
Petojo Selatan, Kecamatan Gambir, Kota Jakarta Pusat,
DKI Jakarta 10160

    Kontak

  • +62213451338
    (Senin - Kamis 08:00 - 16.00 WIB)
    (Jum'at 08:00 - 16.30)

    +62 822-1388-8006 (Hotline)
    (Senin - Kamis 08:00 - 16.00 WIB)
    (Jum'at 08:00 - 16.30)

    dinkes@jakarta.go.id

Media Sosial

   Sitemap